10 Keunikan Hewan Yang Jarang Diketahui
Jum'at, 27 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

10 Keunikan Hewan Yang Jarang Diketahui

1. Panda tidak memiliki tempat khusus untuk tidur

keunikan hewan yang jarang diketahui

Kalau kamu adalah orang yang suka makan dan sangat mudah tertidur di mana saja, berarti kamu memiliki kemiripan dengan panda. Panda memiliki kebiasaan tidur yang cukup unik, tidak seperti anjing maupun kucing yang selalu mencari tempat nyaman untuk tidur, panda ternyata bisa tertidur di manapun dan dalam posisi apapun mereka berada. Kalau di dunia manusia, kebiasaan ini disebut dengan “pelor” atau nempel molor.

2. Platipus berenang dengan mata tertutup!

keunikan binatang

Hewan karnivora yang satu ini selalu mencari makan di dasar air. Saat menyelam, telinga dan mata platipus memiliki reflek untuk tertutup secara otomatis, dan dia hanya mengandalkan moncongnya untuk menentukan arah sekaligus mencari posisi mangsa. Unik, ya!

3. Jerapah jantan meminum urin betinanya

keunikan hewan yang belum diketahui

Jerapah memiliki ritual kawin yang cukup aneh. Sebelum kawin, jerapah jantan akan berusaha memikat sang betina dengan cara meminum urine jerapah si betina. Untung hal ini hanya berlaku untuk jerapah, ya!

4. Wombat memiliki kotoran berbentuk kubus

keunikan hewan yang belum diketahui

Binatang yang berasal dari Australia ini dapat mengeluarkan kotoran berbentuk kubus seperti dadu. Hal ini karena tulang yang ada di rektum mereka mampu membentuk dan memotong-motong feses yang dikeluarkannya dari dalam tubuh. Hmm, penasaran dengan bentuk aslinya?

5. Kupu-kupu dapat meminum darah!

keunikan hewan yang belum diketahui

Kupu kupu tidak dapat membuat luka tusukan seperti halnya nyamuk. Namun, jika ada darah di sekitarnya, mereka akan meminumnya. Hal ini dikarenakan darah memiliki zat besi dan gula yang dapat membantu keberlangsungan hidup mereka. Hmm, menarik juga, ya!

6. Sloth tidak bisa menggigil kedinginan

keunikan hewan yang belum diketahui

Hewan yang mendapat predikat termalas di dunia ini ternyata memiliki masa otot yang begitu kecil, sehingga apabila suhu disekitarnya tiba-tiba berubah menjadi dingin, Sloth tidak akan bisa menggigil. Sebaliknya, mereka akan menggulung badannya untuk mempertahankan suhu tubuhnya saat udara dingin.

7. Kalkun dapat bertelur tanpa pasangan

keunikan hewan yang belum diketahui

Kalkun betina dapat melakukan parthenogenesis, yaitu reproduksi aseksual, di mana telur-telur dari kalkun betina yang tidak dikawinkan bisa tumbuh tanpa pembuahan. Uniknya lagi, semua kalkun yang lahir dengan metode ini adalah kalkun bejenis kelamin jantan. Sungguh keajaiban dari Tuhan!

8. Axolotls mampu menumbuhkan tubuh yang hilang dengan yang baru!

keunikan hewan yang belum diketahui

Axolotls atau di Indonesia biasa kita sebut sebagai salamander memiliki kemampuan meregenerasi bagian tubuh yang putus atau hilang akibat predator, sehingga salamander tidak pernah kehilangan bagian tubuhnya. Sama halnya dengan kemampuan autotomi yang dapat dilakukan oleh cicak, di mana mereka akan memutuskan ekornya saat merasa terancam. Keren, ya!

9. Emus tidak bisa berjalan mundur

keunikan hewan yang belum diketahui

Burung besar yang menjadi ikon negara Australia ini memiliki kaki yang begitu panjang dan bersendi atau lutut menghadap ke arah belakang. Hal inilah yang menyebabkannya tidak dapat berjalan mundur seperti hewan lain.

10. Ayam merupakan kerabat terdekat dari Dynosaurus!

keunikan hewan yang belum diketahui

Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai teori yang menyatakan bahwa burung adalah kerabat jauh dari dinosaurus. Namun, menariknya kini ilmuwan di BMGenomics mengumumkan bahwa ayam adalah keturunan terdekat dari dinosaurus berbulu.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar