10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Jum'at, 21 April 2017
ok nusantara
Bagikan

10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

Hasil gambar untuk 10 makanan khas pariaman

Makanan khas Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang sudah terkenal hampir diseluruh Indonesia dan makanan banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Masakan Padang adalah salah satu jenis makanan yang bisa anda temui di hampir seluruh kota di Indonesia terutama di Rumah Makan Padang. Rumakan Makan ini banyak menyajikan berbagai menu khas sumatera Barat dengan rasa lezat dan nikmat yang sangat coco di lidah masyarakat Indonesia.


Makanan Khas Sumatera Barat makanan khas sumatera barat rendang makanan khas sumatera barat dan cara pembuatannya makanan khas sumatera barat dan resepnya makanan khas sumatera barat beserta resepnya makanan khas sumatera barat beserta penjelasannya makanan khas sumatera barat dan ciri khasnya

Pecinta masakan Padang tidak hanya masyarakat Sumatera Barat saja, tapi hampir seluruh Indonesia kenal dan suka dengan masakan yang kaya akan rempah ini. Untuk anda yang suka masakan khas sumatera Barat tidak perlu Jauh-jauh pergi kepadang karena hampir di setiap kota ada Rumah makan Padang, Tapi tidak ada salahnya jika anda sedang berlibur di Kota Padang untuk berburu kuliner di kota Gadang yang kaya akan berbagai kuliner untuk melengkapi kegiatan wisata anda.

Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

1. Palai Rinuak

palai rinuak maninjau palai rinuak mp3 resep palai rinuak resep palai rinuak maninjau cara membuat palai rinuak cara buat palai rinuak cara memasak palai rinuak

Palai rinuak adalah masakan khas dari daerah Maninjau Agam Sumatra Barat, Palai rinuak terbuat dari ikan rinuak yang diberikan campuran bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus, palai yang berarti pepes dalam bahasa minang dan rinuak adalah sejenis ikan yang berukuran sebesar korek api yang banyak terdapat di danau maninjau.

Rasa ikan rinuak sangatlah gurih dan kita tidak akan menemuinya selain di Maninjau, namun ikan rinuak dapat kita ganti dengan ikan teri apabila kita susah mencarinya. Bagi anda penggemar masakan ikan harus mencoba masakan palai rinuak ini dijamin tidak akan menyesal dengan ke khas an rasa palai rinuak ini.

Sebenarnya olahan rinuak sangat banyak, mulai digoreng biasa, goreng balado, dipalai (dipepes), dibuat jadi godok-godok (gorengan), digulai, dan masih banyak macam olahan rinuak lainnya. Panganan rinuak tersebut hanya bisa dinikmati di Maninjau Provinsi Sumatera Barat.

2. Dendeng balado

Dendeng balado dendeng balado basah dendeng balado basah padang dendeng balado khas padang dendeng balado cabe hijau dendeng balado resep dendeng balado

Dendeng balado merupakan irisan daging sapi yang tipis, lebar, dan kering kemudian disiram sambal cabai merah. Untuk membuatnya, daging dijemur lalu digoreng garing. Sementara sambalnya dibuat dari perpaduan cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis harum hingga menghasilkan jejak minyak kemerahan.

Masakan yang satu ini merupakan salah satu masakan khas padang yang sudah populer, hampir setiap rumah makan padang pasti akan terdapat resep masakan yang satu ini karena ini merupakan salah satu ciri khasnya. Memang akan terasa ada yang kurang jika di Rumah makan padang tidak tersedia dendeng balado yang renyah dan gurih ini.

3. Sate Padang

Sate Padang  sate padang ajo ramon sate padang mak syukur sate padang enak

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate padang hanya dibakar saat dipesan jadi rasanya masih hangat dan mantap, sate padang di bakar menggunakan arang dari tempurung kelapa. Menikamti sate padang akan tambah nikmat jika masih dalam keadaan hangat, biasanya ditambah dengan keripik balado khas Minang. Sebagai pecinta Kuliner anda wajib mencoba kuliner khas padang ini di jamin pasti tidak akan menyesal.

4. Sala Lauak

Sala Lauak sala lauak dari nasi sala lauak pariaman resep sala lauak adalah sala lauak sumbar

Sala lauak adalah Gorengan berbentuk bulat terbuat dari bahan baku ikan asin yang dihaluskan dan dicampur bersama adonan tepung beras yang dibumbui bawang putih dan di tambah penyedap rasa. Sala jenis ini memiliki tekstur bagian luar yang sedikit keras dan bagian dalam yang lebih lunak akan langsung terasa saat anda pertama kali menggigitnya.

Sala lauak umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap ketika sarapan pagi. Hidangan utama yang biasanya disajikan bersama sala lauak antara lain adalah ketupat gulai. Cita rasanya yang unik, membuat kuliner ini menjadi menu sarapan khas Kota Pariaman. Saat anda berwisata di kota padang jangan sampai lupa untuk menikmati kuliner ini.

5. Rendang

rendang adalah makanan khas dari rendang asli rendang adalah makanan khas dari daerah rendang ala padang rendang asli minang rendang

Hampir semua orang tidak mungkin tidak kenal dengan yang namanya rendang, makanan asal Provinsi Sumatera Barat ini adalah salah satu masakan khas nusantara yang sangat lezat dan dapat disimpan lama di banding masakan daging lainnya. 

Kenapa  Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya, dan tidak banyak kuah serta enak dimakan dengan nasi. Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. 

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

6. Katan Durian

Katan Durian  ketan durian resep ketan durian ketan durian

Makanan yang tidak kalah menarik untuk dicoba saat berwisata ke Sumatera Barat yaitu Katan Durian. Siapa yang tidak tahu dengan buah durian, buah yang berduri tajam dengan isi yang sangat lezat menggoda seluruh orang untuk mencobanya.

Bagi masyarakat Sumatera Barat menikmati durian belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ketan. Katan merupakan olahan beras ketan yang dikukus hingga matang. Dalam proses pengukusan beras ketan ditambahkan irisan daun pandan agar wangi.

Dalam penyajiannya bersama durian, katan ditaburi kelapa parut yang telah ditambahkan garam halus secukupnya untuk mendapatkan rasa gurih. Buah durian yang telah dikupas disajikan diatas piring dengan katan dan kelapa parut.

7. Lamang

Lamang Tapai lamang tapai padang lamang tapai

lamang atau lemang mungkin anda bisa temui juga lemang daerah lain di Indonesia, tapi yang membedakan denga lamang sumatera barat cara memasak dan campurannya, Untuk di Sumatera Barat cara memasak lemang yang terbuat dari beras ketan yang di campur dengan santan dan dimasukan dalam bambu muda.

Makanan dengan Bahan utamanya beras ketan putih untuk menjadi enak dan gurih di tambah santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Di padang untuk menikmati lamang tidak akan lengkap rasanya bila tidak  ditemani tapai. Tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

Makanan yang khas dengan penyajian yang unik namun rasa yang lezat dan gurih, sekarang anda bisa menikmati lamang padang dengan berbagai macam varian diantaranya : Lamang katan dan lamang pisang mudah ditemukan di pasar tradisional.

8. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang kalio dagiang padang kalio dagiang resep resep kalio dagiang padang bumbu kalio dagiang cara membuat kalio dagiang

Kalio dagiang, Tak lengkap rasanya apabila sudah di sumatera Barat jika tanpa menyantap masakan khas yang satu ini. Kalio Dagiang memiliki rasa dan tekstur yang benar-benar memuaskan lidah para pecinta kuliner Indonesia. Kelezatan masakan ini tak bisa ditandingi oleh makanan Padang lainnya dan juga memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang cukup tinggi.

Kalio Dagiang adalah sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak bersama dengan berbagai rempah-rempah dan cabai, daging direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan sudah menyerap rasa dan aroma dari berbagai bumbu akan terasa amat lezat di lidah yang akan membuat anda ketagihan.

9. Soto Padang

soto padang jakarta selatan soto padang jakarta pusat soto padang jakarta timur soto padang mangkuto jakarta soto padang roda jaya

Soto merupaka salah satu hidangan khas Indonesia yang bisa ditemui di seluruh penjuru tanah air. Dari daerah Sumatera, Soto Padang bisa dianggap sebagai salah satu jenis soto paling populer dengan cita rasa yang sangat lezat. Masakan ini bahkan sudah disajikan ke berbagai restoran internasional dengan rasa dan metode memasak yang sudah dimodifikasi.

Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian dalam saja, sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang pas namun tetap terasa empuk jika di gigit. soto padang ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai menu utama anda.


10. Gulai Itiak

Gulai Itiak gulai itiak lado hijau bukittinggi gulai itiak padang gulai itiak koto gadang gulai itiak lado mudo

Bebek atau itik adalah salah satu bahan masakan yang menjadi primadona di berbagai negara. tidak terkecuali di Indonesia terutama di sumatera barat. Di Sumatera Barat Gulai Itiak merupakan masakan daging bebek yang diiris tipis-tipis lalu dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe kriting hijau, laos, kunyit, dan jahe.

Masakan ini akan terasa pedas, namun memiliki warna kehijauan ketika disajikan, dengan anda mencoba masakan bebek gulai itiak khas Sumatera Barat ini di jamin anda pasti nambah lagi jika memakannya, khususnya bagi penyuka makanan pedas.

Sebetulnya masih banyak sekali masakan khas sumatera barat, namun kali ini cukup 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal. semoga artikel ini bisa membuat anda lebih mengenal kuliner khas sumatera barat yang memang sudah sangat populer di Indonesia.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar