10 Tempat Wisata di Kabupaten Lampung Barat
Jum'at, 10 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

10 Tempat Wisata di Kabupaten Lampung Barat

Lampung Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Lampung hasil pemekaran dari wilayah kabupaten Lampung Utara. Daerah ini didominasi oleh wilayah pegunungan yang mana merupakan bagian dari punggung Bukit Barisan. Maka sebagian wilayah daerah ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan alias TNBBS.

Ditinjau dari potensi pariwisatanya, kabupaten Lampung Barat memang layak menjadi daerah tujuan wisata yang mana setiap tahun banyak wisatawan asing maupun traveler nusantara yang berlibur ke sana. Daerah ini juga menawarkan pilihan wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, petualangan, danau, dan gunung. Berikut Travelingyuk rangkumkan 10 tempat wisata dengan view alam yang hebat di Lampung Barat.




1. Gunung Seminung, Gunung dengan Pemandangan Paling Indah di Lampung Barat

Traveler yang berkunjung ke Lampung Barat wajib hukumnya datang ke Gunung Seminung jika tidak mau menyesal. Sebab gunung ini memiliki pemandangan alam paling indah dan menjadi tujuan wisata populer di sana. Dari puncak gunungnya traveler bisa melihat hamparan alam yang indah yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Gunung Seminung [image source]

Gunung Seminung berada di sebelah barat laut ibukota kabupaten, Liwa dengan jarak sekitar 25 kilometer. Gunung ini berada di perbatasan antar provinsi, sebagian wilayahnya masuk ke dalam kecamatan Sukau, kabupaten Lampung Barat, provinsi Lampung sedangkan sebagian lainnya berada di kecamatan Ranau, di provinsi Sumatera Selatan. Di kaki gunung ini traveler bisa menjumpai danau terbesar kedua di pulau Sumatera yaitu Danau Ranau.

2. Danau Ranau, Indahnya Tak Kalah Sama Danau Toba

Jika membicarakan tentang danau di pulau Sumatera pasti nama pertama yang muncul adalah Danau Toba. Padahal di pulau ini banyak sekali danau yang tak kalah cantik, salah satunya adalah Danau Ranau di kabupaten Lampung Barat. Status Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera dan berada tepat di perbatasan antara kabupaten Lampung Barat dengan kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di provinsi Sumatera Selatan.

Danau Ranau [image source]

Cuaca di sekitar danau ini sangat sejuk. Penduduk sekitar danau dikenal sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumberdaya yang ada di dalam danau. Di tengah Danau Ranau terdapat pulau kecil bernama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sumber air panas yang sering dijadikan jujugan wisatawan saat berlibur ke Danau Ranau.

3. Bukit Mandi Angin, Spot Uji Adrenaline di Lampung Barat

Lampung Barat menyediakan pilihan wisata ekstrim untuk pecinta adrenaline. Adalah Bukit Mandi Angin yang berada di kawasan Lumbok Ranau. Bukit setinggi kurang lebih 400 meter di atas permukaan air laut ini adalah spot lepas landas bagi kegiatan olahraga terbang bebas atau lebih dikenal dengan nama paralayang.

Bukit Mandi Angin [image source]

Buat wisatawan bernyali yang melakukan solo paralayang atau pun terbang tandem akan disuguhi dengan kontur alam yang indah. Pemandangan Danau Ranau, Gunung Seminung, area persawahan yang membentang luas dan pegunungan yang menjulang adalah suguhan utama yang bisa dinikmati dari angkasa.

4. Desa Wisata Lumbok, Syahdunya Desa Wisata di Tepi Danau Ranau

Lumbok adalah nama desa yang terletak di kecamatan Sukau, kabupaten Lampung Barat. Desa ini sangat permai dengan pemandangan danau Ranau di tepiannya sehingga traveler yang berkunjung ke sana akan merasa kerasan dan damai. Lumbok telah ditetapkan sebagai desa wisata yang menawarkan ketenangan.

Desa Wisata Lumbok [image source]

Desa Wisata Lumbok berada 30 km dari Liwa, ibukota kabupaten Lampung Barat. Pilihan kegiatan unutk pengunjung yang berlibur di desa wisata ini antara lain menangkap ikan dengan cara anti mainstream yaitu menombak dan memanah, berenang di Danau Ranau, memancing belut dan aktivitas malam yang seru bersama penduduk lokal. Untuk penginapan para wisatawan akan diajak berbaur dengan warga lokal dan menginap di rumah mereka.

5. Mendaki Gunung Pesagi dan Melihat Alam Lampung Barat dari Titik Tertinggi

Traveler pecinta petualangan yang selalu tertantang menakhlukkan titik tertinggi di setiap daerah wajib hukumnya mendaki ke Gunung Pesagi. Gunung ini menjadi titik tertinggi dari kabupaten Lampung Barat dan berada di kecamatan Belalau. Area gunung ini juga telah dikembangkan sebagai objek wisata alam bernama Pekon Hujung.

Gunung Pesagi [image source]

Di dalam objek wisata Pekon Hujung traveler bisa mendaki ke puncak Gunung Pesagi dan menikmati indahnya alam Lampung Barat dati titik tertinggi. Di kawasan ini pula telah tersedia homestay tradisional dengan fasilitas memadai untuk pengunjung yang tertarik bermalam di kawasan pegunungan.

6. Wisata Alam Kubu Perahu, Menyambangi Punggung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Wilayah Lampung Barat berada di punggung Bukit Barisan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menjelajahi taman nasional ini via Lampung Barat adalah Kubu Perahu di kecamatan Balik Bukit.

Wisata Alam Kubu Perahu [image source]

Kawasan Wisata Alam Kubu Perahu sangat cocok untuk melakukan kegiatan alam semacam jungle run. Sebab wilayah ini dipenuhi dengan pepohonan besar ala hutan rimba. Di dalam TNBBS sendiri traveler bisa menjumpai sejumlah aliran sungai yang jernih dan beberapa air terjun yang keren.

7. Temukan Fenomena Alam Menarik di Danau Suoh

Selain Danau Ranau yang telah populer, Lampung Barat masih memiliki satu danau lainnya yang berpotensi besar menjadi destinasi wisata populer berikutnya yakni Danau Suoh. Danau ini bisa traveler jumpai dengan melakukan perjalanan melalui kecamatan Batu Brak maupun kecamatan Sekincau dengan waktu tempuh sekira 4 jam dari ibukota Liwa.

Desa Suoh [image source]

Danau Suoh menawarkan pengaman adventure yang tidak akan terlupakan. Akses menuju lokasi cukup menantang sehingga dihimbau para traveler kalau mau ke danau ini untuk menggunakan kendaraan yang sesuai seperti mobil offroad atau motor trail. Di kawasan Danau Suoh terdapat tiga danau yang airnya bisa berubah-ubah warna. Sedangkan tidak jauh dari kawasan danau traveler bisa melihat fenomena alam menarik dalam bentuk sumber panas bumi.

8. Sungai Way Besai, Spot Arung Jeram yang Mendebarkan

Kabupaten Lampung Barat dilewati oleh aliran sungai yang cukup besar bernama Sungai Way Besai. Potensi besar yang dimiliki sungai berjeram menantang ini pun tidak disia-siakan. Salah satu cara pemanfaatannya adalah dengan digunakannya aliran sungai tersebut sebagai spot olahraga air arung jeram.

Sungai Way Besai [image source]

Yap, liburan ke Lampung Barat traveler tidak akan kesulitan menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan adrenalin. Selain paralayang dan mendaki gunung traveler juga bisa mencicipi jenis kegiatan ekstrim lainnya berupa arung jeram. Jeram di Sungai Way Besai ini masuk kategori grade III dengan jarak tempuh 3 kilometer. Lokasinya berada di kecamatan Sumber Jaya.

9. Menemukan Ketenangan di Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin

Pepatah mengatakan bahwa hidup harus seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani. Lampung barat menyediakan banyak spot menarik untuk memanjakan kebutuhan jasmani traveler sedangkan untuk memenuhi kebutuhan rohani traveler bisa menyambangi rumah-rumah ibadah yang ada di kabupaten ini.

Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin [image source]

Salah satu tujuan wisata rohani adalah Masjid Islamic Center Baitul Maukhlisin. Masjid yang dibangun tahun 2009 ini mengadopsi arsitektur dan ornamen Timur Tengah. Material bangunannya pun berasal dari batu marmer dan andesit yang kian mempercantik bangunan utama masjid. Masjid di kabupaten Lampung Barat ini juga populer disebut dengan Masjid Bintang Emas yang merujuk pada simbol bintang di bagian atas kubah yang dilapisi emas.

10. Batu Brak, Situs Megalitikum di Lampung Barat

Kabupaten Lampung Barat memiliki situs megalitikum bernama Batu Brak. Dari laman Disbudparpora kabupaten Lampung Barat diketahui bahwa situ prasejarah ini terletak di dua wilayah yakni kecamatan Kebun Tebu dan kecamatan Gedung Surian.

Batu Brak [image source]

Berbagai macam peninggalan zaman megalitikum ini bisa dijumpai dalam bentuk menhir, dolmen serta arca. Traveler bisa berkunjung ke kawasan ini untuk melakukan berbagai kegiatan seperti studi penelitian, apresiasi seni dan budaya.

Selain tempat-tempat wisata di atas, Lampung Barat juga menyimpan kekayaan alam lainnya dalam bentuk air terjun. Ulasan khusus air terjun di kabupaten ini akan Travelingyuk bahas dalam kesempatan lainnya. Yuk, cap cus ke Lampung Barat!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar