10 Tempat Wisata Di Pekalongan Paling Asyik
Selasa, 05 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

10 Tempat Wisata Di Pekalongan Paling Asyik

1. Museum Batik Pekalongan

tempat wisata di Pekalongan

Berdiri sejak tahun 1906, gedung ini berfungsi sabagai kantor administrasi keuangan pabrik gula. Sempat mengalami perubahan fungsi sebagai balai kota, kantor walikota hingga komplek pemerintah kota, gedung ini baru diresmikan tanggal 12 Juli 2006 oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Museum ini memiliki koleksi batik khas pesisir Jawa, batik sumbangan dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istri, dari wakil presiden Budiono beserta istri, batik sumbangan dari Ibu Ainun Habibie dan juga koleksi batik nusantara. Letaknya ada di sebelah Masjid Jami atau di Jalan Jatayu no. 3 Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Jawa Tengah.

2. Kampung Batik Pesindon dan Kauman

tempat wisata di Pekalongan

Kampung Batik Pesindon berada di jalur utama arah Semarang, tepatnya di Jalan Hayam Wuruk. Kampung ini diresmikan setahun setelah pengukuhan Batik oleh UNESCO. Kamu akan menjumpai 33 showroom, workshop pengrajin batik, Kantor Sekretariat, Internet Center dan tempat persinggahan buat istirahat para pengunjung. Kamu pun bisa melihat proses pembuatan batik sekaligus belajar membatik di kampung ini.

Satu lagi Kampung Batik Kauman berada di Jl. KH Wahid Hasyim, Kauman, Pekalongan. Di sini kamu masih bisa menjumpai arsitektur rumah lama dari para pengrajin batik, kampung ini pun diduga menjadi kampung pertama yang ada di Pekalongan. Seperti halnya di Kampung Batik Pesindon, di sini para perajin batik rata-rata membuka showroom dan toko menjual aneka kain batik.

3. International Batik Center (IBC)

tempat wisata di Pekalongan

International Batik Center adalah tempat yang tepat untuk berbelanja aneka batik dan kerajinan tangan seperti gantungan kunci, vas bunga, dekorasi rumah, dan lainnya. Adapun fasilitas yang ada di tempat ini adalah 700 kios AC dan non-AC, sarana ibadah, area wisata kuliner, ATM Center dan area bermain anak.

4. Pusat Grosir Setono

tempat wisata di Pekalongan

Jika sudah berada di Kota Pekalongan, tak lengkap rasanya bila tidak berburu baju batik di Pusat Grosir Setono. Berada di Jalan Dr. Sutomo yang merupakan jalur Tegal-Semarang.  Pusat Grosir Setono merupakan pusat perkulakan batik terbesar karena ada sekitar 600 kios yang menjual aneka pakaian batik dan aksesoris.

5. Wisata Bahari Pekalongan

tempat wisata di Pekalongan

Salah satu tempat wisata alam di Pekalongan adalah Wisata Bahari Pekalongan. Bukan saja sebagai tempat wisata keluarga, tempat ini juga bisa menjadi sarana edukatif untuk lebih mengenal wawasan tentang kelautan. Di sini kamu bisa mengenal beragam ikan dari ruangan Sea World Mini. Berada di Jalan WR. Supratman kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, tempat ini dilengkapi fasilitas arena bermain anak, kios-kios makanan, Sea World Mini atau aquarium, ruangan miniatur kapal, koleksi alat tangkap ikan, beberapa gazebo di taman dan tempat pemancingan.

6. Mangrove Park

tempat wisata di Pekalongan

Kawasan konservasi hutan mangrove ini berada di kelurahan Kandang Panjang, Pekalongan Utara dibangun mulai tahun 2011. Tujuan dibangunnya hutan mangrove ini adalah untuk mencegah pengikisan permukaan yag disebabkan oleh air (erosi), abrasi dan menjaga rantai makanan ekosistem laut. Kamu juga bisa menyusuri keindahan hutan bakau ini dengan menyewa perahu boat. Fasilitas yang ada di tempat ini yaitu galeri ekosistem hutan mangrove, perpustakaan, lahan pembibitan tanaman, gasebo, gardu pandang, wisata kuliner dan pemancingan ikan.

7. Monumen Juang Kota Pekalongan

tempat wisata di Pekalongan

Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Pekalongan pada tanggal 3 Oktober 1945 dalam rangka mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang. Letaknya ada di Lapangan Kebun Rojo Kota Pekalongan. Dikenal juga dengan sebutan Monumen 3 Oktober ’45.

8. Pantai Pasir Kencana

tempat wisata di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana merupakan salah satu pantai yang ada di Kota Pekalongan, pantai-pantai yang lain adalah Pantai Slamaran, Pantai Depok, Pantai Wonokerto. Datanglah ke tempat ini saat pagi hari di kala matahari belum bersinar terik atau di sore hari untuk melihat keindahan matahari tenggelam. Kamupun  harus berfoto-foto di Jembatan Cinta yang tak kalah indah.

9. Watu Ireng

tempat wisata di Pekalongan

Watu Ireng atau dalam bahasa Indonesia Batu Hitam merupakan bebatuan besar yang berbukit. Terletak di lereng Gunung Rogojembangan, Desa Lambur, kecamatan Kandangserang, Pekalongan. Keunikan dari Watu Ireng ini adalah jika kita mengentak kaki di atas batu itu maka akan keluar suara seperti gong.

Di samping menyajikan pemandangan alam yang indah, ternyata ada misteri yang berkembang di masyarakat sekitar Watu Gong. Yaitu tentang keberadaan pintu yang terhubung dengan gua yang ada di bawah batu itu, juga keberadaan gamelan Jawa di dalam gua dan hanya orang-orang tertentu yang dapat melihatnya.

10. Linggo Asri Pekalongan

tempat wisata di Pekalongan

Nikmati keindahan pesona Pekalongan dengan mengunjungi wisata alam Linggo Asri yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Fasilitas yang ada yaitu area outbound, bumi perkemahan, kolam renang dan kebun binatang mini yang berisi, Burung Merak, Ayam Mutiara dan Kijang. Terletak  di desa Linggoasri, Kajen, Pekalongan.

Itu dia tempat wisata di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Persiapkan budget yang banyak, ya supaya bisa menikmati perjalanan wisata sekaligus berbelanja batik Pekalongan

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar