10 TEMPAT WISATA TERBAIK SAAT BERLIBUR KE IRAN
Senin, 05 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

10 TEMPAT WISATA TERBAIK SAAT BERLIBUR KE IRAN

 Iran telah lama dikenal sebagai pusat peradaban, budaya dan arsitektur yang luar biasa. Pada zaman kuno, wilayah ini dikenal dengan sebutan Persia, salah satu kerajaan sejarah kuno terbesar di dunia yang membentang dari wilayah Afrika Utara dan Anatolia ke Timur Tengah hingga perbatasan India. Bagi Anda yang pernah mengunjungi Iran, Negara ini menawarkan pemandangan alam, keindahan, sejarah dan arsitektur yang sangat luar biasa. 


1. Teheran

Teheran

Teheran sebagai Ibukota Iran adalah Tempat Wisata Terbaik Saat Berlibur Ke Iran saat pertama kalinya berkunjung ke Iran. Terletak di dekat Kota Kuno Rayy, Teheran juga terletak dengan latar belakang Pegunungan Alborz yang indah yang merupakan tempat yang tepat untuk bermain sky atau hiking. 

Kota ini juga merupakan rumah bagi sejumlah taman seperti Park-e-Mellat dan Park-e-Shahr, Istana Golestan dan Niavaran, Menara Azadi yang terkenal, Kebun Zoologi Teheran dan juga Museum Nasional Malik Iran.Tempat lainnya yang patut untuk Anda kunjungi adalah tempat suci Imamzadeh Saleh dan Bazaar Grand yang sangat terkenal.

2. Esfahan

Esfahan

Esfahan adalah salah satu kota terpenting dalam sejarah Iran. Terletak sekitar 420 kilometer selatan Teheran, Kota ini memiliki sejumlah Istana Safavid serta berbagai masjid yang sangat indah memesona, lapangan dan arsitektur lainnya yang membuat Esfahan menjadi permata wisatanya Iran. 

Monumen monumental arsitektur Islam dan Persia seperti Masjid Sheikh Lotfollah, Shah Mossque dan Masjid Jameh di Esfahan. Jembatan Khaju, Lapangan Naqsh-e-Jahan, Chehel Sotoun, Si-o-dia pol, Hasht Behesht dan Ali Gholi Agha Hammam. Selain itu ada juga sejumlah bangunan keagamaan non Islam seperti Katedral Vank dan Kuil Api Esfahan.

3. Shiraz

Shiraz

Tempat Wisata Terbaik Saat Berlibur Ke Iran selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Shiraz yang terletak di Provinsi Kuno Fars. Tempat ini adalah kota penyair, filsuf dan pembaharu Agama. Selain itu Shiraz juga merupakan rumah bagi Arg-e-Karim, Benteng Karim Khan dan juga tempat makam para penyair terkenal seperti Hafez dan Saadi.

Kota ini juga terletak di dekat situs kuno Persepolis yang dapat dengan mudah untuk dikunjungi dengan menggunakan bus. Persepolis pernah menjadi ibu kota Kaisar Darius dan Xerxes sekitar tahun 550 SM. Namun yang tersisa sekarang tinggal kolom menjulang tinggi, sphinx dan tangga yang fantastis yang memiliki ciri khas kekaisaran Persia. 

Shiraz juga memiliki berbagai tempat wisata yang indah untuk Anda kunjungi seperti Masjid Nasir al-Mulk, Masjid Vakil, Kuil Shah-e-Cheragh, Bazaar Vakik, Taman Eram, Taman Afif Abad, Bagh-e-Jahan Nama, Rumah Qavam, Bath Vakil, Gerbang Al Qur'an dan juga Museum Pars.

4. Sari

Sari

Sari adalah sebuah kota kecil di Provinsi Mazandaran yang subur dan hijau di Laut Kaspia. Kota ini terletak diantara Pegunungan Alborz dan Pantai Kaspia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya. Kota Sari juga memiliki berbagai atraksi seperti Clock Square dan sejumlah makam bersejarah. 

Meskipun kota ini tidak terlalu penting, kota ini adalah batu loncatan yang bagus untuk mengunjungi kota-kota lainnya di Mazandaran seperti Nur yang berada di Pesisir Kaspia, Babol yang disebut sebagai Kota Bunga Orange dan juga Amol. Kawasan ini layak untuk Anda kunjungi untuk menikmati pemandanganya yang hijau dan iklimnya yang menyenangkan.

5. Yazd

Yazd

Berbeda dengan kota-kota diatas, Yazd adalah kota gurun kuno yang terletak di jantung kota Iran. Kota ini dikenal sebagai "Kota Menara Angin". Yazd juga dikenal dengan brokat tradisionalnya, tenun sutra dan arsitekturnya yang unik. 

Tempat Wisata Terbaik Saat Berlibur Ke Iran ini terletak sekitar 270 kilometer tenggara Provinsi Esfahan, Yazd dengan iklimnya yang panas dan kering terletak diantara dua padang pasir Dasht-e-Kavir dan Kavir-e-Lut. Situs penting yang harus Anda kunjungi saat di kota Yazd adalah Bagh-e-Dolat Abad, Masjid Jameh, Bogheh-ye-Sayyed Roknaddin, Khan-e-Lari, Penjara Alexander, Komplek Amir Chakmaq, Dakhmeh-ye-Zartosh dan Ateshkadeh.


6. Tabriz

Tabriz

Tempat Wisata Terbaik Saat Berlibur Ke Iran selanjutnya adalah Kota Tabriz yang terletak di wilayah barat laut Iran yang dikenal dengan Provinsi Azerbaijan.Tabriz adalah salah satu kota paling bersejarah di Iran. Kota ini juga memiliki sejumlah situs bersejarah yang indah seperti Masjid Biru Tabriz dan reruntuhan Universitas Rab-e-Rashidi yang berusia 700 tahun.

Hal lainnya yang dapat Anda kunjungi di Kota Tabriz antara lain Tabriz Bazaar, Constitution House, Museum Quran, Arg-e-Tabriz dan juga Gereja Anglikan. 

7. Kandovan

Kandovan

Kandovan sebenarnya lebih merupakan sebuah desa daripada kota. Terletak sekitar 50 kilometer selatan kota Tabriz, Provinsi Azerbaijjan Timur, Tempat ini terkenal dengan bebatuan yang di ukir pada sebuah bukit. Beberapa rumah berusia lebih dari 700 tahun dan masih digunakan hingga sekarang. 

Bangunan kuno ini beberapa diantaranya telah di cat putih untuk memberi tampilan yang lebih modern. Dihiasi dengan karpet dan kain dengan lebih dari sekitar 170 keluarga.

8. Kerman

Kerman

Kerman adalah kota perdagangan di gurun yang terletak disebelah tenggara Iran atau terletak di barat daya Gurun Kavir-e-Lut. Provinsi Kerman sangatlah kering dan gersang karena berbatasan langsung dengan padang pasir. Kota ini dibangun dengan menggunakan bata lumpur beserta bazaar kuno yang sangat bersejarah. 

Tempat Wisata Penting Di Kerman yang dapat Anda kunjungi antara lain Arg-e-Bam, Ganzali Khan Bathhouse, Makan Varu Shah Nematollah dan Taman Shazdeh.

9. Qom

Qom

Qom adalah pusat keagamaan yang bersejarah di dunia Islam Shia karena ini adalah tempat pemakaman Fatema Ma'Suma, Saudara perempuan Imam Ali Reza. Makamnya diubah menjadi tempat suci berkubah emas yang sangat indah yang banyak dikunjungi oleh ribuan peziarah setiap tahunnya.  

Qom terletak di utara tengah Iran di tepi Sungai e-Qom dan Gurun Pasir Dasht -e-Kavir atau berjarak sekitar 147 kilometer dari kota Teheran. Selain menjadi tempat berziarah, Kota ini juga signitifkan dalam Revolusi Islam 1979 karena Ayatollah Khomeini menjadi kota markasnya. Sepuluh raja dan lebih dari 400 orang suci dimakamkan di kota ini . Jadi banyak makam yang bisa Anda kunjungi.

10. Mashhad

Mashhad

Akhirnya kita berpaling ke MashhadTempat Wisata erbaik Saat Berlibur Ke Iran. Kota tersuci di Iran menurut shiah Muslim adalah tempat pemakaman dan lokasi Kuil Imajma Reza. Kota yang terletak di Provinsi Khorasan-e-Razavi di timur laut Iran di dekat Lembah Sungai Kashaf. Karena Mashhad adalah kota suci, Kuil Imajma Reza adalah pusat kehidupan kota. 

Sekitar 1,5 juta wisatawan mancanegara mengunjungi Mashhad setiap tahunnya. 23% diantaranya berasal dari Irak. Selain Kuil Mashhad Reza, Tempat Wisata Mashhad lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Mehdi Gholibek Hamam, Mausoleum Nader Shah dan Bazaar yang disebut Bazar-e-Reza.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Terbaik Saat Berlibur Ke Iran yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahanya saat berlibur bersama keluarga, pasangan atau teman di Iran. Jika Anda tertarik, persiapkanlah diri Anda dari sekarang. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar