11 Bukti Makanan Pedas Itu Sehat
Rabu, 03 Januari 2018
ok nusantara
Bagikan

11 Bukti Makanan Pedas Itu Sehat

Sebagai orang Indonesia makan tanpa sambal pasti seperti sayur tanpa garam. Sambal dan makanan pedas lainnya sering disalahartikan sebagai makanan yang tidak sehat dan membuat kesehatan pencernaan terganggu.

Padahal rasa pedas ini sudah sejak berabad – abad dimanfaatkan sebagai obat. Tapi tentu saja mengonsumsi makanan pedas ini harus bijaksana. Jangan berlebihan karena kalau berlebihan bisa menyebabkan hal – hal yang tidak baik bagi tubuh.

Berikut ini adalah bukti bahwa makanan pedas itu sangat baik untuk kesehatan.

Menurunkan berat badan

cabai menurunkan berat badan

Lagi mati – matian nurunin berat badan? Coba deh perbanyak makan cabai, banyak ahli yang menyatakan cabai terbukti bisa menurunkan berat badan. Capsaicin yang terkandung dalam cabai ternyata membantu mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

Tapi tetap ya makan pedasnya jangan berlebihan karena yang ada nanti akhirnya kamu diare. Lebih baik kamu makan pedas dalam jumlah sedikit karena banyak peneliti yang menyebutkan dengan cara begini berat badan bisa terjaga.

Cabai sebagai salah satu bahan makanan pedas mengandung banyak Vitamin C

fakta cabai

Kalau soal yang ini pasti sudah pernah dengar kan kalau cabai itu bisa menyembuhkan sariawan. Cabai memang mengandung banyak Vitamin C bukan hanya jadi obat sariawan, si kecil cabai ini juga bisa menjaga kesehatan mulut dan pencernaan tubuh.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih beragam suplemen di Alfacart dan dapatkan cashback sampai dengan Rp 40.000 jika berbelanja melalui ShopBack.

Banyak penelitian yang menyebutkan makanan pedas bisa menjadi antikanker

makanan pedas

Selain kaya akan Vitamin C ternyata cabai juga dipercaya bisa menjadi antikanker. Banyak penelitian yang telah menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas bisa mengurangi risiko kanker.

Zat capsaicin yang banyak ditemukan di cabai ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain memperlambat, zat ini juga ditemukan dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Ingin awet muda banyak – banyaklah mengkonsumsi cabai hijau

makanan pedas awet muda

Cabai hijau yang punya rasa tidak terlalu pedas ini ternyata memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti teh hijau. Selain sebagai antioksidan Vitamin C juga banyak ditemukan di cabai hijau.

Jadi kalau kamu kurang suka pedas, bisa mencoba cabai hijau dan merasakan berbagai manfaatnya. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus rajin merawat tubuh. Temukan beragam skincare di Blibli dan dapatkan cashback sampai dengan 8% jika berbelanja melalui ShopBack.

Makan pedas bisa membuat jantung lebih sehat

makanan pedas sehat

Selain senam jantung makan pedas ternyata bisa menyehatkan jantung juga loh. Cabai terbukti bisa mencegah pembekuan darah. Selain itu, capsaicin juga sangat efektif melawan inflamasi atau pembengkakan yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Sedang flu? Makanan pedas bisa meredakan hidung tersumbat karena flu

 

makan cabai sembuhkan flu

Lagi – lagi capsaicin bisa membantu menghilangkan gejala flu yang mengganggu seperti hidung tersumbat atau demam. Intinya makanan pedas bisa terbukti membantu membuka jalan napas bahkan bisa juga mengurangi sinusitis atau gejala flu lainnya.

Makanan dengan rasa pedas juga bisa melancarkan sirkulasi darah

makanan pedas sehat untuk tubuh

Percaya nggak kalau makanan pedas bisa melancarkan sirkulasi darah? Bukan hanya sirkulasi darah saja, makanan pedas juga bisa menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian mengatakan cabai dapat membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan Vitamin A dan C yang tinggi.

Paprika ternyata punya banyak kandungan yang lebih menyehatkan daripada cabai

paprika lebih baik dari cabai

Walaupun rasanya tidak terlalu pedas tapi ternyata paprika mempunyai banyak zat yang lebih baik dari cabai. Paprika merah mengandung Vitamin C, 9 kali lebih banyak daripada cabai biasa.

Pilih paprika merah daripada paprika hijau karena paprika memiliki 9 kali lebih besar kadar betakaroten. Betakaroten adalah salah satu zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Akan mengalami hari yang berat? Cobalah makan makanan pedas

cabai sehat

Buat kamu yang akan mengalami hari berat misalnya ujian akhir atau maraton meeting cobalah mengonsumsi makanan pedas sebelumnya. Makanan pedas ini bisa menjaga mood dengan baik karena bisa meningkatkan level endorfin dan serotonin.

Kedua hormon ini bisa menghilangkan rasa nyeri dan memberikan perasaan nyaman. Selain ini kedua hormon ini berguna untuk melawan stress dan depresi. Setelah melewati hari panjang cobalah meluangkan waktu untuk menonton film yang bisa membuatmu rileks.

Buat kamu yang malas ngantri beli tiket bioskop di Bookmyshow aja, hemat dan tanpa repot. Beli tiket nonton di Bookmyshow melalui ShopBack kamu bisa mendapatkan cashback 40%.

Cabai ternyata bisa memperpanjang umur

makanan spedas sehat untuk tubuh

Seperti studi yang telah diterbitkan dalam BMJ, makanan pedas berhubungan dengan penurunan risiko kematian. Studi yang dilakukan di Cina ini menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi makanan pedas minimal tiga kali dalam seminggu ternyata memiliki penurunan risiko kematian hingga 14%.

Walaupun studi mengenai hal ini masih berlanjut nggak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi makanan pedas dengan porsi cukup.

Cabai bisa membunuh bakteri penyebab sakit maag

makanan pedas baik untuk maag

Pasti sering dengar kalau sakit maag harus menghindari makanan pedas. Ternyata nggak juga loh, cabai bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus.

Capsaicin juga bisa membantu bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Tapi ingat ya jangan sampai kebanyakan makan pedas nanti malah diare.

Banyak kan manfaat dari makanan pedas yang bisa membuatmu lebih sehat. Mulai lah mengonsumsi makanan pedas secara rutin dengan porsi yang tidak berlebihan. Buat yang nggak suka makan pedas, kamu bisa menggantinya dengan paprika

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar