11 Destinasi Wisata Kabupaten Ciamis jawa barat
Jum'at, 05 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

11 Destinasi Wisata Kabupaten Ciamis jawa barat


semua untuk menjelajahi pesona wisata kabupaten Ciamis di Jawa Barat. Tapi sebelumnya akan kita perkenalkan dulu selayang pandang mengenai kabupaten ini. Ciamis adalah salah satu kabupaten yang berada di posisi paling timur dari Provinsi Jawa Barat sehingga wilayahnya di sisi timur berbatasan dengan kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kabupaten Ciamis juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang paling banyak mengalami pemekaran. Di tahun 2002 kecamatan Banjar secara resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri yang kemudian dikenal sebagai kota Banjar. Sepuluh tahun berselang kawasan Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah kabupaten Pangandaran.

Terbentuknya kabupaten di sebelah selatan ini praktis membuat kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai. Pada kesempatan ini Travelingyuk akan mengajak kalian untuk mengunjungi destinasi wisata menarik di kabupaten Ciamis dan sekitarnya yang mana kita masih akan memasukkan destinasi di kabupaten Pangandaran ke dalam daftar.

1. Situ Lengkong Panjalu, Perpaduan Antara Rekreasi dan Wisata Budaya

Untuk kali pertama menjelajahi kabupaten Ciamis traveler tentu tidak akan melewatkan Situ Lengkong Panjalu, sebuah destinasi yang menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Dikatakan demikian karena traveler yang datang ke danau ini akan disuguhi dengan pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya bernama Nusa Larang.


Situ Lengkong Panjalu, via instagram
Situ Lengkong Panjalu, via instagram

Wisata budaya yang bisa ditemukan traveler di Situ Lengkong adalah adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut. Di pulau tengah danau ini juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora. Di tempat ini pula pada saat-saat tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku dimana pada saat itu benda-benda pusaka akan dibersihkan melalui upacara adat. Situ Lengkong sendiri berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

2. Ciung Wanara, Situs Peninggalan Kerajaan Galuh

Terbentuknya daerah Ciamis tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Untuk itu tidak heran jika di kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut. Salah satu yang wajib traveler kunjungi adalah Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara.


Gong perdamaian di Ciung Wanara, via instagram
Gong perdamaian di Ciung Wanara, via instagram

Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi yang terletak di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs yang bercorak Hindu-Budha ini adalah peninggalan dari Kerajaan Galuh. Sangat mudah untuk menjangkau kawasan wisata seluas 25 hektar ini karena posisinya berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran atau berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan. Selain melihat banyak sekali situs peninggalan Kerajaan Galuh, traveler yang berkunjung juga menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gong Perdamaian.

3. Curug Tujuh Cibolang, Pilihan Wisata Alam Buat Menenangkan Pikiran

Air terjun di kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis ini bernama Curug Cibolang. Namun obyek wisata alam ini juga memiliki julukan lain sebagai Curug Tujuh yang kemudian membuat banyak traveler lebih suka menyebutnya sebagai Curug Tujuh Cibolang. Penamaan ini tidak lepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya tujuh dan berada saling berdekatan.


Curug Tujuh Cibolang, via instagram
Curug Tujuh Cibolang, via instagram

Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kota kecamatan Panjalu. Ketujuh terjunan air di curug ini pun memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Inilah destinasi yang pas untuk traveler kunjungi jika merindukan suasana tenang dengan udara pegunungan yang sejuk.

4. Mega Wisata Icakan Wajib Traveler Kunjungi Saat Menginginkan Wisata Mewah di Ciamis

Tidak jauh dari pusat kta Ciamis ada obyek wisata mewah yang bakal memanjakan traveler yaitu Mega Wisata Icakan atau dikenal pula sebagai Waterpark Icakan. Taman rekreasi air ini disebut-sebut sebagai yang termegah dan terbesar di kawasan timur Jawa Barat dimana seluruh taman ini berada di lahan seluas 70 hektar.


Mega Wisata Icakan, via instagram
Mega Wisata Icakan, via instagram

Tiket masuk ke kawasan wisata mewah ini ternyata cukup murah, tidak sampai 10 ribu rupiah traveler sudah bisa menikmati keindahan Mega Wisata Icakan. Namun jika mereka mau mencicipi setiap wahana yang ada akan dikenakan biaya terpisah yang nominalnya bervariatif. Beberapa wahana seru yang bisa traveler cicipi antara lain waterboom, flying fox, sepeda air, cinema 3D&4D serta masih banyak lagi. Buktikan sendiri keseruannya degan berkunjung langsung ke alamat Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

5. Mengunjungi Kampung Kuta di Luar Pulau Bali

Mendengar nama Kuta pikiran kita pasti langsung tertuju pada pantai yang ada di Pulau Bali. Tapi Kuta yang satu ini letaknya di Pulau Jawa lebuh tepat lagi berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat ini wajib ada dalam daftar kunjunganmu saat liburan di Ciamis sebab di sinilah traveler akan menemukan kehidupan masyarakat yang masih menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya nenek moyang.


Kampung Kuta, via instagram
Kampung Kuta, via instagram

Dikenal sebagai Kampung Adat Kuta, dimana masyarakatnya memegang teguh budaya tabu terhadap sesuatu yang baru. Salah satu yang paling menonjol adalah mereka sangat getol dalam melestarikan hutan dan mempertahankan kelestarian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan. Pun demikian warga di kampung adat ini cukup terbuka dengan kunjungan wisatawan. Mereka yang berkunjung akan ditawari menginap dan membaur dengan masyarakat lokal serta mengikuti segala kegiatan yang dilakukan.

6. Jembatan Sasak Cirahong, Jembatan Susun yang Apik Dalam Jepretan Kamera

Berada di perbatasan antara kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, traveler bisa menemukan jembatan susun yang keren banget jika difoto. Jembatan tersebut bernama Cirahong atau ada pula yang menyebutnya Jambatan Sasak Cirahong. Untuk lebih mudahnya traveler yang mencari keberadaan jembatan ini bisa datang ke desa Manonjaya, Tasikmalaya.


Jembatan Cirahong, via instagram
Jembatan Cirahong, via instagram

Jembatan Cirahong adalah jembatan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda di tahun 1893. Jembatan ini unik karena bersusun dua dimana bagian atas digunakan sebagai jembatan kereta api sedangkan terowongan di bawahnya untuk kendaraan umum. Saat kereta jurusan Bandung-Surabaya melintas, traveler bisa mendapatkan gambar yang sangat keren di tempat ini.

7. Pantai Pangandaran, Destinasi Paling Hits di Ex-Wilayah Ciamis

Pantai Pangandaran pada masanya pernah menjadi salah destinasi paling hits di kabupaten Ciamis. Tapi setelah kawasan Pangandaran berdiri sendiri sebagai sebuah kabupaten maka destinasi ini secara otomatis menjadi milik dari Kabupaten Pangandaran. Pun demikian promosi wisata di pantai yang terkenal dengan fenomena sunrise dan sunset dalam satu lokasi ini masih berkaitan erat dengan Ciamis.


Pantai Pangandaran, via instagram
Pantai Pangandaran, via instagram

Pantai Pangandaran secara administratif terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dikenal memiliki fase pasang surut yang relatif lama sehingga meskipun posisinya berada di selatan Jawa namun cukup aman untuk bermain-main di perairannya. Akan tetapi pantai ini tidak luput dari kisah mistis yang mengatakan bahwa Pantai Pangandaran merupakan satu dari sekian jalan menuju gerbang kerajaan penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

8. Pantai Batu Karas, Salah Satu Spot Surfing Favorit di Jawa Barat

Saat liburan di Ciamis kalau mau menyambangi pantai-pantainya berarti traveler harus datang ke “mantan” wilayah kabupaten Ciamis yaitu Pangandaran. Di dalam kabupaten ini ada pantai yang disebut-sebut sebagai spot surfing terfavorit di provinsi Jawa Barat bersama Pantai Ujunggenteng di Sukabumi.


Pantai Batu Karas, via instagram
Pantai Batu Karas, via instagram

Pantai Batu Karas memang tidak terlalu luas namun cukup puas jika surfing disana. Setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dimana kebanyakan dari mereka datang untuk menjajal keganasan ombak di Pantai Batu Karas. Banyak juga traveler yang menjuluki pantai ini sebagai “Bali Kecil.” Di sekitar pantai ini telah tersedia banyak fasilitas pendukung mulai dari restoran hingga penginapan. Jalan menuju ke pantai ini searah dengan destinasi Green Canyon, jadi tidak sulit untuk menemukannya.

9. Pantai Batu Hiu, Pantai Dengan Karang Berbentuk Hiu

Beralih ke kecamatan Parigi terdapat sebuah pantai yang terkenal dengan karangnya yang berbentuk seperti ikan hiu sehingga dinamakan Pantai Batu Hiu. Berkunjung ke pantai ini traveler akan disuguhi dengan panorama Samudera Hindia yang ganas dengan ombak besar menghantam karang-karang serta pantai yang dikepung perbukitan hijau yang ditumbuhi tanaman pandan wangi.


Pantai Batu Hiu, via instagram
Pantai Batu Hiu, via instagram

Pantai Batu Hiu cukup menarik dikunjungi lantaran di pantai ini juga terdapat tempat penangkaran penyu dimana traveler bisa melihat dari dekat bagaimana cara pengembangbiakan dan pelestarian penyu di habitat aslinya. Satu lagi pantai batu Hiu cukup dikeramatkan oleh warga sekitar sehingga kalau mau berkunjung ke pantai ini traveler diminta untuk menjaga perkataan.

10. Pantai Karang Nini, Pantai Dengan Batu Karang Menyerupai Nenek-Nenek

Pantai terakhir juga dikenal karena memiliki karang unik. Jika Pantai Batu Hiu karangnya berbentuk ikan hiu maka Pantai Karang Nini punya karang yang menyerupai nenek-nenek. Konon karang yang menyerupai seorang nenek tersebut adalah penjelmaan dari Nini yang setia menunggu suaminya pulang hingga ia berubah menjadi batu.


Pantai Karang Nini, via instagram
Pantai Karang Nini, via instagram

Dari Ciamis, traveler harus berkendara sejauh 83 kilometer ke arah selatan atau masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangandaran untuk mengunjungi pantai yang terletak di desa Emplak, kecamatan Kalipucang ini. Pantai Karang Nini berada di balik bukit dimana di sana ada menara pandang yang bisa digunakan traveler untuk menikmati pantai dalam sudut pandang yang lebih luas.

11. Green Canyon, Kembaran Grand Canyon Yang Wajib Dikunjungi

Agenda wajib saat berada di Ciamis adalah melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika. Green Canyon sendiri adalah nama populer dari kawasan wisata Cukang Taneuh di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran.


Green Canyon, via instagram
Green Canyon, via instagram

Obyek wisata ini menawarkan traveler untuk bermain air di sungai yang berwarna hijau tosca nan jernih dimana kanan kirinya diapit tebing batu yang menjulang tinggi. Aktivitas yang bisa dipilih traveler saat berada di Green Canyon antara lain berperahu susu sungai, berenang dan body rafting.

Itulah destinasi wisata di kabupaten Ciamis yang juga melibatkan beberapa destinasi di bekas wilayahnya yaitu Kabupaten Pangandaran. Traveler Ciamis yang punya rekomendasi tempat keren di wilayahnya bisa share lewat kolom komentar. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar