12 Perubahan Agresif Teknologi Dulu Dan Kini
Selasa, 19 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

12 Perubahan Agresif Teknologi Dulu Dan Kini

Di abad ke-20 ini emang dianggap sebagai era modern di mana banyak teknologi baru yang diciptakan dan ditinggalkan. Sebelum menyambut teknologi canggih lainnya, yuk flash back ke teknologi zaman dahulu dan lihat perubahannya dengan yang kini.

Printer

PRINTER


Bangga udah punya printer yang sekalian bisa nge-scan dan fotokopi? Teknologi canggihmu di rumah aja udah termasuk jadul lho karena udah ada teknologi baru lagi yaitu printer 3D. Jangankan mencetak tinta di atas kertas, membuat bunga dan juga ornamen nyata aja bisa! Hebat, ya?

Telepon rumah

HP

Zaman dulu, telepon masih menggunakan tombol yang kamu geser satu per satu untuk nge-dial nomor telepon tujuan. Kalau sekarang sih, udah ada telepon nirkabel, dan bahkan kebanyakan orang udah mulai meninggalkan telepon rumah dan beralih semua komunikasi ke handphone.

Kamera

CAMERA

Zaman dulu, kamu mesti beli film foto dulu yang banyak sebelum hunting-hunting. Itu pula nggak bisa di-delete. Kalau sekarang sih, tinggal beli memory card 64GB, kamu bisa hunting sepuasnya. Kalau memori penuh, tinggal di-back up di komputer deh.


Game Boy

GAMEBOY


Masih ingat tamagochi? Atau Game Boy? Nintendo? Nah, kamu anak 90an pasti pernah mengoleksi beberapa Game Boy ini, kan. Terkenal dengan berbagai permainan yang seru, sayangnya, satu Game Boy hanya menawarkan beberapa permaianan aja. Kalau kamu udah bosan, kamu harus beli Game Boy baru. Kalau sekarang sih nggak akan pernah bosan, tinggal delete aplikasi dan install game baru lagi deh di handphone.

OHP

OHP (1)


Kamu pasti pernah ngerasain deh gimana menderitanya harus presentasi dadakan, materinya nggak bisa copas dari internet, bahkan harus beli kertas transparannya dulu di koperasi sekolah dan bahkan harus tulis tangan materinya di kertas presentasi tersebut. Mulai dari tulisan yang acak-adul sampai naik-naik ke puncak gunung. Sekarang, tinggal buka Microsoft Power Point, kamu udah bisa bikin presentasi yang canggih dan keren banget deh yang bisa langsung disambungin ke proyektor.


DVD

disk

Kalau ketinggalan film baru di bioskop, kamu pasti berburu ke abang-abang DVD atau ke Disc Tara untuk beli DVD film terbaru incaranmu. Karena nggak bisa lepas dengan DVD player beserta dengan monitornya, DVD udah mulai ditinggalkan. Nggak heran, banyak toko CD dan DVD yang udah tutup karena pada beralih ke YouTube dan bahkan download film gratis di internet.


Televisi

TV (1)

Semakin canggihnya teknologi, semakin tipis pula barangnya. Kalau dulu TV itu terkenal dengan ketebalan dengan kaki TV yang khas banget, sekarang bentuk TV udah super tipis dan bahkan bisa ditempelkan di dinding ruang tamu.

Floppy Disk

usb

Inget kan dulu zaman SD harus bawa disket atau floppy disk untuk ngumpulin tugas? Bentuknya emang tipis sih, tapi agak memakan tempat. Sekarang, udah nggak ada lagi tuh yang memakai disket dan beralih ke flash disk yang ukurannya jauh lebih kecil dengan kapasitas yang juga besar.

Gramophone 

SPEAKER

Dulu, gramofon digunakan untuk memutarkan lagu. Tapi sekarang, karena harganya gramofon beserta vinylnya yang udah mahal dan juga nggak semua musik memproduksi kaset vinyl, makanya orang-orang udah mulai beralih ke YouTube yang disambungkan ke speaker.

Walk man

ipod


Zaman dulu, dengerin lagu pakai headset emang udah jadi trend. Sayangnya, kita cuma bisa mendengarkan satu banddari satu kaset. Jadi, kalau kamu mau dengerin lagu dari band lain, kamu harus bawa cadangan kaset. Seiringnya berjalannya waktu, dulu juga sempat ada jasa untuk meng-kompilasi lagu-lagu favoritmu dalam satu kaset. Tapi sekarang, nggak perlu repot lagi. Tinggal download lagu favoritmu di internet dan save di iPod, kamu bisa dengerin lagu tersebut kapan aja dan dimana aja.

Peta

map gps

Inget nggak zaman dulu kalau lagi jalan-jalan sama keluarga ke luar kota, hal yang wajib dibeli selain camilan adalah peta kota tersebut. Meskipun cuma ke luar kota yang dekat, ibaratnya Jakarta ke Bandung, orang tuamu pasti mempersiapkan peta yang besarnya bikin susah ngebaca. Nggak heran, orang zaman dulu pinter banget yang namanya baca peta. Kalau sekarang sih, tinggal install aplikasi penunjuk jalan, handphone-mu bakalan langsung ngasih tau jalan tercepat untuk sampai ke tujuan.

Play Station

GAME

Kalau dulu kamu cuma bisa main PS di TV di ruang tamu, sekarang kamu udah bisa main PS dimana aja, yang terpenting bawa laptop dan juga stik PS-mu tersebut. Tinggal install game-nya di laptop, kamu bisa main PS kapan aja deh.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar