12 Tempat Wisata di Tegal
Selasa, 14 November 2017
ok nusantara
Bagikan

12 Tempat Wisata di Tegal

1. Wisata Air Panas Guci Indah Tegal

Tempat wisata ini sudah cukup terkenal di Jawa Tengah sebagai obyek wisata pemandian air panas dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan udaranya yang sejuk. Berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal tepatnya di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1050 meter dan berjarak 40 kilometer dari kota Tegal ke arah selatan. Di sini kamu bisa menikmati sensasi berendam air hangat di Guci Indah bila sedang singgah ke kota Tegal. Selain itu juga terdapat pemandian air panas terbuka pancuran 13, pancuran 7, pancuran 5, dan kolam renang.

Tempat wisata di tegal

Serunya lagi, di atas Pancuran 13 terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Jedor dengan ketinggian 15 meter.Selain pemandian air panas, ada juga wahana lain seperti water boom, out bond, wana wisata, pendakian bukit perkasa dan agrowisata perkebunan stroberi, wortel dan kol.

2. Bukit Bintang Guci

Bukit Bintang Guci

Nggak mau kalah dengan bukit bintang di kota lain, Tegal juga memiliki tempat nyaman untuk melihat keindahan kerlip bintang, kota Tegal, dan lampu-lampu rumah penduduk pada malam hari dari tempat ini. Pada siang hari kamu bisa menikmati pemandangan indah dari perbukitan dan Gunung Slamet di sebelah selatan. Jangan lupa untuk membawa jaket kalau pergi ke tempat ini ya karena suhu udara di sini bisa sampai 20 derajat celcius.

3. Rita Park

Rita Park Tegal

Kalau mau mengunjungi wahana permainan terbesar di Jawa Tengah, Rita Park tempatnya. Berada di lokasi yang strategis, yaitu di Jl. Kol. Sugiono no.55, Tegal, fasilitas yang dibangun tahun 2013 ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti adanya food court, tempat belanja, wahana permainan seperti Rumah Hantu, Kapal Kora-kora, Ontang-anting, Torpedo, Mini Coaster, Cinema 5D, Rodeo, Sky Drop, Pulau Hiu, Kuda Putar, Bianglala, dan juga area keren untuk berfoto. Patut dicoba!

4. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Danawarih dan Desa Sangkanjaya, kecamatan Balapulang dibangun pada tahun 1992 dengan panjang 273 m dan lebar 1 meter. Pemandangan di sini dijamin akan memanjakan mata kamu. Mulai dari gunung, sawah, sungai dan bendungan Kali Gung yang masih digunakan untyuk irigasi.  Mulailah perjalananmu dari Rumah Makan dan Pemancingan Bukit Sitanjung dengan menggunakan sepeda motor, maka kamu akan menemui 3 buah air terjun, dan jika sedang beruntung kamu bisa merasakan sensasi percikan air terjun saat aliran sedang deras.

5. Agrowisata Loco Antik

Agro Wisata Loco Antik

Loco Antik artinya lokomotif kereta antik. Ya, di sini kamu bisa berkeliling kebun tebu dengan kereta antik tempo dulu. Dibuat tahun 192, lokomotif tua ini bisa menarik 3 gerbong dengan kapasitas 100 penumpang. Nikmati pemandangan kebun tebu peninggalan jaman Belanda yang kini sudah dikelola oleh Pabrik Gula Pangkah milik Indonesia tentunya. Kamu juga boleh mengunjungi proses pembuatan gula pasir oleh PG Pangkah juga, 

6. Wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark

Wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark

Wahana air yang besar dan bagus ini terletak di dekat terminal Tegal. Dibuka sejak tahun 2010, tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati, seperti kolam renang olympic, kolam ombak, lapangan futsal, dan kiddy pool. Pembersihan air kolam di sini sudah mengikuti standar nasional maupun standar internasional, jadi kamu tidak perlu khawatir akan terkena virus atau bakteri. Mau coba?

7. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah Tegal

Selain memiliki tempat wisata pegunungan, Kota Tegal juga memiliki tempat wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Alam Indah. Di tempat ini selain bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa  bermain di waterboom yang tidak jauh lokasinya dari bibir pantai. Rasakan sensasi guyuran air dari wadah besar yang berbentuk guci di tengah cuaca panas pantai. Ada juga Museum Bahari yang berisi peralatan tempur seperti tank, meriam darat, pesawat udara, jangkar, torpedo dan kendaraan semacam kapal yang sudah tidak terpakai. Jangan lupa untuk mengabadikan moment indahmu di anjungan pantai dengan latar birunya laut Jawa, ya!

8. Batu Agung Balapulang

Batu Agung Balapulang

Tempat wisata selanjutnya terletak di Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun dan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Wisata ini cocok untuk kalian yang berjiwa petualang, karena untuk menuju puncak bukit ini cukup sulit dan edannya sangat ekstrim. Pengunjung tidak hanya harus melewati jalan tanah yang menanjak, tetapi harus melalui bebatuan yang sangat besar. Bahkan, ada pendakian yang sudut kemiringannya mencapai 90 derajat. Tapi tenang saja, kesulitan kalian dalam mendaki pasti akan terbayar dengan keindahan yang ada di puncak bukit Batu Agung.

9. Snorkeling di Karang Jeruk

Karang Jeruk

Kamu suka menyelam? Ini tandanya kamu harus mencoba wisata konservasi yang ada di Karang Jeruk, tepatnya di Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Tempat ini merupakan konservasi keanekaragaman hayati yang ada di laut lepas. Kamu bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving Oh iya, kamu juga bisa memancing aneka ikan di sini. Seru, kan?

10. Curug Kembar

curug kembar tegal

Sebenarnya belum ada nama khusus untuk tempat ini, hanya penduduk di sekitar menyebutnya Curug Kembar karena keberadaan dua air terjun yang berdekatan. Letaknya cukup dekat dengan Wisata Air Panas Guci Indah, yaitu di Desa Guci.

11. Curug Longan

curug longan tegal

“Longan” dalam bahasa Indonesia berarti “kolong”. Dinamakan Curug Longan karena lokasi curug ini berada di bawah jembatan yang melintang di atas aliran Sungai Gung. Bila dilihat dari atas jembatan, curug ini tidak terlihat karena diapit oleh dua bukit yang berbentuk seperti perahu terbalik. Tinggi Curug Longan ini hanya sekitar 5 meter saja, namun pemandangannya patut kamu abadikan dalam foto jika sedang berada di sini.

12. Curug Kaliputih

Curug Kaliputih

Tegal memiliki banyak curug atau air terjun, salah satunya adalah Curug Kaliputih yang berada di daerah aliran sungai Kaliputih, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Ada sekitar 4 curug yang bisa dinikmati ketika menuju Curug Kaliputih ini, misalnya adalah Curug Sigeyong. Jarak antar curugnya tidak begitu jauh, hanya untuk menuju ke lokasi terbilang sulit karena medannya yang terjal. Curug Kaliputih sendiri memiliki ketinggian 40 meter.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar