19 Ragam Peluang Usaha Sate
Kamis, 04 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

19 Ragam Peluang Usaha Sate

Umumnya sate terbuat dari daging ayam atau kambing yang dipanggang di arang lalu dilumuri bumbu kacang untuk menambah cita rasa yang khas. Namun kini banyak pengusaha kuliner yang sudah membuat inovasi-inovasi baru jadi sate tidak lagi hanya daging yang dipanggang yang diberi bumbu kacang. jenis-jenisnya pun juga lebih bervariasi. Berikut adalah rangkuman kami mengenai ragam peluang usaha sate.

SATE MENURUT JENISNYA

#1 Sate Ayam

Gambar terkait

Sate ayam merupakan favorit semua orang, hampir setiap kalangan pasti menyukai kuliner ini. Sesuai namanya sate ayam terbuat dari daging ayam yang ditusuk, ukuran sate ayam ini lebih kecil dibandingkan sate kambing. Namun untuk masalah penggemar, sate ayam tidak kalah dengan sate kambing. Walaupun rumah makan atau restoran sate ayam sudah menjamur namun peluang usaha sate ayam ini masih menjanjikan.

Sate ayam pada umumnya biasanya dibumbui mendadak saat ada pelanggan yang membeli, yang berakibat bumbu tidak terlalu meresap pada daging ayam. Nah anda bisa membuat inovasi seperti direndam semalaman atau diukep terlebih dahulu sehingga sate ayam anda lebih lembut dan tentunya lebih lezat.

Untuk panggangan anda bisa memakai arang kayu atau batok kelapa agar aroma dari sate khas. Untuk menambah aroma yang khas anda bisa membakar sate ayam dengan membungkusnya terlebih dahulu dengan daun pisang. Sehingga sate ayam anda lebih mempunyai ciri khas dibanding sate ayam yang lainya. Tertarik mendapatkan untung dari sate ayam ini? Segera baca analisis peluang usaha sate ayam disini.

#2 Sate Kambing

sate-kambing

Diambil dari namanya sate kambing merupakan sate yang terbuat dari potongan daging kambing yang ditusuk. Cara memasak sate kambing sama dengan sate ayam yaitu dibumbui dengan rempah atau bumbu dapur ketika dipanggang. Walaupun bumbunya tidak terlalu meresap, namun dapat diakali dengan diberi bumbu kacang yang sudah dicampur dengan kecap manis saat penyajian.

Sate kambing biasanya disandingkan dengan gulai kambing dan dimakan dengan lontong sebagai pengganti nasi. Peluang usaha sate kambing masih sangat besar walaupun pengusaha sate kambing sudah tersebar dimana-mana. Apalagi jika anda mau menerima pesanan antar atau untuk keperluan aqiqah, anda bisa meraup untung lebih banyak.

Agar sate kambing anda berbeda dari yang lainya anda bisa menambah rempah-rempah di bumbu olesan sate, atau sate anda direndam semalam agar bumbunya lebih meresap. Saat memanggang usahakan anda memakai arang atau batok kelapa agar aroma sate menjadi khas. Tertarik menjadi pengusaha sate kambing? Anda bisa baca analisis usahanya disini.

#3 Sate Kelinci

sate-kelinci

Sesuai namanya sate kelinci merupakan sate yang terbuat dari potongan daging kelinci. Saat dihidangkan, sekilas tampilan sate kelinci mirip dengan sate ayam atau kambing. Namun saat anda memakanya, anda baru bisa membedakan tekstur dan rasa daging kelinci dengan sate pada umumnya.

Tekstur daging kelinci cukup lembut tidak sekeras daging kambing, akan tetapi gurihnya tidak begitu tajam seperti daging ayam. Namun sate kelinci ini tetap mempunyai penggemar sendiri. Karena selain rasanya yang khas sate kelinci ini biasanya dibandrol dengan harga yang cukup murah.

Disampung harga dan cita rasa yang menggiurkan sate kelinci juga menyehatkan. Karena mengandung sedikit lemak membuat sate kelinci ini mempunyai kolestrol yang sedikit dan dapat mengatasi penyakit tertentu seperti darah rendah dan penyakit asma. Ingin meraup untung dari sate yang sehat ini? Pastikan anda baca analisisnya disini.

#4 Sate Usus Ayam

sate-usus-ayam

Banyak orang beranggapan bahwa usus ayam sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena usus ayam adalah bagian yang paling banyak mengandung protein dan merupakan bagian yang tidak terkontaminasi oleh bakteri. Usus ayam merupakan bagian dalam ayam yang paling gurih, sehingga seringkali dibuat berbagai varian masakan tak terkecuali sate.

Sesuai namanya, sate usus ayam terbuat dari usus ayam yang sudah dibumbui dan ditusuk. Biasanya sate usus ayam ini dijual dalam keadaan sudah matang, proses pemasakan sate usus ayam ini terbagi menjadi 2 tahap. Pertama usus ayam yang sudah dibersihkan diukep bersama rempah-rempah agar bau amisnya hilang, lalu jika sudah dibumbui sesuai selera, lalu terakhir ditusuk menjadi sate.

Modal untuk sate usus ayam ini tentunya tidak banyak karena harga ususnya sendiri lebih murah daripada daging ayamnya. Prospek usaha yang laris bukan? Anda tertarik untuk meningkatkan keuntungan dari usaha ini? Segera baca analisisnya disini.

#5 Sate Kerang

sate-kerang

Kerang merupakan salah satu bahan makanan hewani yang dikenal mempunyai berbagai nutrisi yang penting, seperti fosfor, vitamin a, potasium, dan masih banyak lagi. Selain dikenal sebagai bahan makanan yang bernutrisi, kerang juga terkenal dengan rasanya yang nikmat. Sehingga membuat aneka ragam olahan berbahan kerang bermunculan, contohnya sate kerang.

Sate kerang seringkali hadir di restoran-restoran, rumah makan, bahkan penjaja makanan di pinggir jalan. Biasanya sate kerang kerap ditemui di warung lontong balap atau lontong kupang. Sate kerang yang beredar biasanya mempunyai 2 varian rasa. Sate kerang manis dan sate kerang pedas.

Pembuatanya pun sama seperti sate pada umumnya, yang membedakan hanya dari cara penyajian. Jika sate umumnya dipanggang terlebih dahulu, sate kerang ini sudah tersedia dalam keadaan matang. Praktis sekali bukan? Tertarik untuk memulai usaha sate kerang ini? Segera baca analisisnya disini.

#6 Sate Telur Puyuh

sate telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur yang berasal dari burung puyuh, ukuran telur puyuh lebih kecil daripada telur bebek dan ayam, walupun ukuranya yang tidak sebesar telur pada umumnya, tapi telur puyuh ini mempunyai penggemar sendiri. Keuntungan dari ukuranya yang kecil adalah dapat dikreasikan menjadi sate telur puyuh.

Saat ini banyak sekali varian rasa dari sate telur puyuh, ada yang dibumbu pedas, manis, asin, atau rujak. Namun biasanya yang kerap ditemui adalah sate telur puyuh kecap. Cara membuatnya pun sangat mudah, anda tinggal merebus telur puyuh hingga benar-benar matang lalu bumbui sesuai selera dan terakhis menusuknya dengan tusuk sate.

Jangan khawatir dengan banyaknya pengusaha telur puyuh, karen penggemar dari sate telur puyuh ini pun terus bertambah. Jadi anda tertarik memulai usaha sate telur puyuh ini? Anda bisa baca analisis usahanya disini.

SATE MENURUT WILAYAHNYA

#7 Sate Maranggi

Sate-Maranggi-Purwakarta

Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat yang terbuat dari daging kambing atau sapi. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu sebelum dibuat menjadi sate dan dipanggang.

Karena proses perendaman bumbu ini membuat daging lebih gurih dan lebih terasa bumbunya, sehingga sate maranggi tidak perlu disajikan dengan saus kacang seperti sate pada umumnya. Biasanya daging direndam semalam agar bumbunya benar-benar meresap adapun bumbu rendamanya terbuat dari kecap manis dan beberapa jenis rempah.

Sate maranggi biasanya disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar untuk menciptakan paduan rasa yang berimbang antara rasa daging yang gurih, tomat yang masam, dan bawang yang pedas, sehingga membuat sate maranggi ini mempunyai cita rasa yang khas. Tertarik untuk menjadi pengusaha sate maranggi yang sukses? Segera baca analisisnya disini.

#8 Sate Padang

sate-padang

Sate Padang merupakan sate yang unik karena bumbu satenya berbeda dari bumbu sate pada umumnya, jika sate pada umumnya identik dengan saus kacang atau kecap pedas. Sate padang ini memakai bumbu kari kuning yang kental. Dengan bumbu yang berbeda membuat sate asli padang ini memiliki cita rasa khas, dan masuk jajaran kuliner favorit.

Daging yang digunakan bukanlah ayam atau kambing, melainkan daging sapi dan kerbau namun tidak semata hanya dagingnya saja yang dipergunakan, beberapa jeroan juga dimasukkan sebagai bahan. Sate padang ini memiliki citarasa pedas khas kota padang dan tentunya gurih.

Tak hanya enak, Sate Padang ini juga sangat unik. Ternyata sate padang memiliki 3 jenis yaitu sate padang khas padang panjang, sate padang khas pariaman, dan sate padang kota. Yang membedakannya adalah kuah. Sate padang panjang terkenal dengan kuah kentalnya yang berwarna kuning, untuk sate padang pariaman justru memiliki kuah yang berwarna merah, dan tentunya lebih pedas, Sementara, untuk sate Padang Kota, kuahnya lebih terlihat kecokelatan. Berminat menjadi pengusaha sate yang unik ini? Pastikan anda membaca analisisnya disini.

#9 Sate Ikan Bandeng

sate-bandeng

Ikan Bandeng terkenal akan rasanya yang gurih dan durinya yang banyak sehingga sebagian orang malas untuk mengkonsumsi ikan ini, namun seiring waktu olahan Ikan Bandeng mulai menjamur seperti otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng presto, dan masih banyak lagi. Kali ini kami akan membahas olahan bandeng unik lainya. Sate Bandeng.

Sesuai namanya sate bandeng adalah sate yang berbahan dasar dari ikan bandeng yang sudah dihaluskan. Ternyata sate bandeng merupakan makanan khas dari Kota Serang, Banten. Pembuatan sate bandeng hampir sama dengan otak-otak bandeng perbedaanya ada di tampilan dan tentu saja rasanya.

Sate bandeng khas Banten mempunyai cita rasa yang lebih gurih dan sedikit pedas, tetapi anda juga bisa menambah variasi rasa dari sate bandeng ini. Ingin meraup keuntungan dari sate bandeng ini? Anda bisa membaca analisis usahanya disini.

#10 Sate Lilit


sate-lilit

Anda pasti sudah mengetahui sate khas Bali ini. Sate lilit ini memiliki keunikan tersendiri. Jika sate yang umumnya berupa potongan-potongan daging yang ditusukkan, sate lilit lebih menyerupai gumpalan adonan yang membalut atau melilit tusuk sate. Biasanya sate lilit disajikan dengan hidangan lainya seperti pepes tuna dan sambal matah yang nikmat.


Sate lilit terbuat dari ikan laut yang dihaluskan menjadi sebuah adonan, adonan ini lalu dibumbui dan dibakar hingga mengeluarkan aroma kunyit dan serai yang dominan, sehingga  memikat para penikmat kuliner. Keunikan sate lilit lainya adalah rasa pedas yang khas dari bumbu-bumbu yang meresap sehingga tidak perlu dihidangkan bersama bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Saat ini sate lilit tidak sebatas hanya di Bali saja, sudah mulai banyak pengusaha dari daerah lain yang melirik usaha sate lilit ini. Tertarik untuk menjadi pengusaha sukses sate lilit di daerah anda? Pastikan anda membaca analisis usahanya disini.

#11 Sate Ambal

sate-ambal

Sate ambal merupakan kuliner khas dari daerah Ambal, Kebumen. Sate ambal terbuat dari daging ayam yang ditusuk lalu disajikan dengan bumbu-bumbu khas. Yang membuat sate khas Jawa Tengah ini berbeda adalah cara penyajianya, walaupun terbuat dari daging ayam sate ambal tidak disajikan dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Bumbu sate ambal ini terbuat dari tempe yang dihaluskan yang kemudian dimasak dengan perpaduan rempah-rempah sehingga menjadikan sate ambal ini lebih khas dan lezat. Sekilas bumbu sate ambal tampak seperti kuah masakan padang, karena lebih encer dan berwarna kuning tua.

Jika anda berdomisili di luar Jawa Tengah, maka prospek usaha sate ambal ini sangat menjanjikan. Karena di daerah selain jawa tengah masih belum banyak yang menjual sate ambal. Tertarik untuk menjadi pengusaha sate ambal? Pastikan anda baca analisinya disini.

SATE UNIK

#12 Sate Jamur

sate-jamurjpg

Jika awalnya jamur hanya diolah menjadi keripik atau campuran masakan sehari-hari saja, kini aneka olahannya sangat beragam seperti nugget jamur, bakso jamur, dan tidak ketinggalan sate jamur. Sate jamur merupakan salah satu kuliner yang paling diminati. Selain rasanya yang enak, sate jamur juga lebih sehat jika dibandingkan sate ayam atau kambing yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi.

Biasanya sate jamur yang ditawarkan di pasaran, menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya. Jenis jamur tiram dipilih para pelaku usaha karena tekstur rasanya sangat mirip dengan daging ayam. Disamping itu harganya juga relatif lebih murah dan mudah ditemukan di berbagai daerah.

Sate jamur ini juga bebas kolestrol dan dapat menjadi alternatif bagi semua kalangan yang ingin menikmati sate tanpa khawatir tingginya kolestrol atau banyaknya lemak jahat. Sangat menjanjikan bukan? Jadi segera lihat analisis usahanya disini.

#13 Sate Tahu

sate-tahu

Bosan dengan varian sate daging? Anda bisa mencoba inovasi baru sate unik yang berbahan dasar tahu ini. Sate tahu memiliki rasa yang enak dan gurih sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk makan nasi, atau juga cemilan yang sehat.

Karena berbahan dasar tahu dipastikan sate ini bebas kolestrol dan lemak sehingga semua kalangan dapat mengkonsumsinya. Sate tahu merupakan salah satu kuliner yang unik karena masih jarang rumah makan atau pengusaha kuliner yang menyediakan menu ini.

Padahal jika anda mengolahnya dengan bumbu yang pas maka dapat dipastikan, anda akan meraup untung yang sangat banyak. Membuat sate tahu tentunya tidak memerlukan modal yang terlalu banyak karena harga tahu cukup terjangkau. Modal sedikit dan untung yang besar, sebuah prospek yang cerah bukan?. Jadi segera pastikan anda melihat analisis usaha sate tahu disini.

#14 Sate Seafood

sate-seafood

 Peluang dari usaha sate seafood ini masih cukup potensial   karena peminat seafood cukup banyak dan masih belum banyak orang yang menekuni usaha ini sehingga tingkat persainganya belum terlalu banyak. Sate seafood biasanya terdiri dari berbagai jenis makanan yang terbuat dari laut, seperti udang, bakso ikan, bakso salmon, tuna, cumi-cumi, udang, dan masih banyak lagi.

Cara pembuatanya pun sama seperti sate-sate pada umumnya bahan-bahan yang akan dibuat sate dipotong kecil-kecil lalu ditusuk. Untuk bumbunya sendiri anda bisa mengkreasikanya sesuai selera. Agar tampilan lebih menarik anda bisa mengkombinasikanya dengan sayur seperti paprika, kol hijau, bawang bombay, dan lain-lain, sehingga sate seafood anda lebih sehat dan lezat dan tentunya lebih banyak peminatnya.

Untuk meraup untung lebih banyak anda juga bisa berjualan jenis sate yang sudah umum contohnya sate ayam dan sate kambing atau anda bisa menambah varian menu seafood lainya sehingga keuntungan. Tertarik untuk menjadi pengusaha sate seafood yang sukses? Segera baca analisis usahanya disini.

#15 Sate Buah Coklat

sate-buah-coklat

Tingginya peminat coklat saat ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk berkreasi dengan coklat ini. Tak terkeceuali sate buah coklat. Sate buah coklat merupakan inovasi unik yang akan memanjakan para pecinta coklat dan buah, dengan sensasi yang segar dan manis, yang dapat membuat banyak orang ketagihan. Kudapan satu ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Pembuatan sate buah coklatnya sendiri sangat mudah. Anda tinggal meyiapkan buah yang akan ditusuk menjadi sate, usahakan anda menggunakan buah dengan warna yang menarik agar saat dipadukan dengan coklat tampilanya terlihat cantik.

Olahan sate buah coklat ini hampir disukai berbagai kalangan terutama di kalangan anak-anak. Modal dari sate buah coklat ini juga tidak terlalu besar karena harga buah tentunya lebih murah daripada harga daging. Sangat menjanjikan bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera pastikan anda membaca analisis usahanya disini.

#16 Sate Pisang Coklat

img-1493901272.jpg

Variasi olahan dari pisang memang tidak ada habisnya, contohnya sate pisang coklat ini. Sesuai namanya sate pisang coklat merupakan sate yang terbuat dari pisang yang sudah dipotong-potong, lalu dicelupkan ke coklat yang sudah dicairkan.

Anda bisa memvariasikan sate pisang coklat ini seperti diberi meses, menyediakan coklat beraneka rasa, atau anda dapat menggorengnya terlebih dahulu lalu mencelupkanya kedalam coklat, dan masih banyak lagi varian-varian yang bisa anda praktekkan.

Nilai plus dari sate pisang coklat ini adalah pembuatanya yang sangat mudah, dan juga cocok dikonsumsi untuk berbagai kalangan, modal untuk usaha sate pisang coklat ini pun tidak terlalu banyak. Jadi tertarik untuk memulai usaha sate pisang coklat ini? Segera lihat analisis usahanya disini.

#17 Sate Ikan

sate-ikan

Ingin mencoba usaha sate dari bahan yang berbeda, tapi anda masih bingung ingin memakai bahan apa? Anda bisa mencoba membuka usaha sate ikan yang saat ini sedang digandrungi. Sate ikan terbuat dari macam-macam jenis ikan seperti ikan kakap, ikan patin, ikan gurami, ikan mujaer, dan jenis ikan lainya yang dapat anda kreasikan.

Nilai plus dari sate ikan ini adalah bebas lemak jahat dan rendahnya kolestrol, sehingga berbagai kalangan dapat mengkonsumsi sate ikan ini. Anda juga bisa membuat inovasi baru seperti sate ikan crispy atau sate ikan tanpa tulang. Renyahnya ikan yang digoreng dengan paduan bumbu yang pas akan membuat sate ikan anda akan digandrungi oleh pecinta kuliner.

Tak terkecuali sate ikan tanpa tulang atau filet ini, seringkali ketika orang makan ikan mengeluhkan tersedak duri atau tulang tapi itu tidak berlaku ketika mereka mengkonsumsi sate ikan anda. Bisnis yang sangat menguntungkan bukan? Tertarik untuk meraup keuntungan lebih dari bisnis sate ikan ini? Segera baca analisis usahanya disini.

#18 Sate Bebek

sate-bebek

Sate bebek bisa menjadi prospek usaha yang menjanjikan karena masih belum banyak orang yang melirik usaha ini, tapi tentu peminat sate bebek ini tidak kalah dengan sate ayam dan sate kambing. Daging bebek terkenal dengan aroma yang anyir dan amis sehingga tidak sembarangan dalam mengolahnya, anda bisa mengatasi bau anyir dari bebek ini dengan cara merendamnya dengan rempah-rempah.

Jika anda ingin sate bebek anda berbeda, anda bisa menggilingnya terlebih dahulu. Karena sate bebek ini masih jarang ditemui membuat persaingan usaha ini menjadi lebih sedikit, sehingga keuntungan anda bisa bertambah banyak. Untuk bumbunya  sendiri tidak ada bedanya dengan sate biasa, atau mungkin anda ingin mencoba varian bumbu sate lainya sebagai varian menu.

Sebelum memanggang sate bebek, anda bisa melumuri sate bebek dengan jeruk nipis atau lemon agar bau anyir benar-benar hilang dan sate terasa lebih segar. Tertarik untuk menjadi pengusaha sate bebek yang sukses? Anda bisa membaca analisisnya disini.

#19 Sate Lele

sate-lele

Umumnya ikan lele dimasak dengan cara digoreng, disambel, atau dijadikan sayur. Seiring berkembangnya dunia kuliner, kini ikan lele dapat dibuat menjadi sate. Membuat sate lele sama mudahnya dengan sate pada umumnya, baik dari cara pengolahan daging lele maupun dari bumbunya.

Sate lele ini juga bebas kolestrol, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Untuk menambah keuntungan, anda bisa menambah varian bumbu sate lele ini, seperti bumbu rujak, pedas, dan masih banyak lagi. Sehingga konsumen akan tertarik dengan varian menu anda.

Prospek usaha sate lele ini sangatlah cerah, karena masih banyak orang yang belum memasukkan sate lele ini kedalam menunya. Sehingga kesempatan anda meraih untung lebih besar. Tertarik menjadi pengusaha sate lele yang sukses? Segera baca analisis usahanya disini.

Ada Peluang Usaha Sate Lain?

Jika anda mempunyai ide usaha sate yang belum kami bahas dalam artikel ini, anda bisa menyebutkan di komentar.

Terima kasih sudah membaca artikel peluang usaha sate kami. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan menginspirasi anda dalam membuka usaha.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar