3 Lomba Pawai Di Kota Tomohon Ini Unik Banget
Kamis, 07 September 2017
ok nusantara
Bagikan

3 Lomba Pawai Di Kota Tomohon Ini Unik Banget

Tiap tahun, acara menarik ini tidak pernah ketinggalan menghiasi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kota Tomohon, Manado, Sulawesi Utara. Ketika bulan Agustus datang, penduduk lokal sampai turis luar negeri berbondong-bondong memeriahkan rangkaian acara kemerdekaan di kota ini. Tak salah bila kamu yang sedang mencari destinasi baru di bulan Agustus untuk datang mencicipi suasana 17 agustus di daerah ini.

Dan bukan hanya menjadi rangkaian acara tujuh belasan biasa, tiap peserta yang berpartisipasi dinilai selama penampilan mereka. Di pengujung, peserta terbaik akan dipilih sebagai juara acara yang juga berperan sebagai lomba tujuh belasan ini. Tak heran, banyak peserta yang berlomba menampilkan performa terbaik mereka.

Kota Tomohon yang diapit 2 Gunung

Kota Tomohon berada di bawah 2 kaki gunung, Lokon dan Mahawu. Tempatnya yang berada di daratan tinggi, menjadikan Tomohon kota yang sejuk dan pas untuk mengadakan kegiatanoutdoorselama matahari masih menetap di langit. Acara memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang telah menjadi kekhasan Kota Tomohon adalah rangkaian pawai yang berlangsung seminggu sebelum 17 Agustus sampai puncaknya pada Hari-H Kemerdekaaan.

Ada dua kategori pawai yang dilaksanakan, pawai pendidikan dan pawai bunga. Pawai pendidikan sudah bertahun-tahun menjadi acara yang paling ditunggu selama bulan kemerdekaan. Sedangkan pawai bunga baru mulai populer sejak pertama kali diadakan tahun 2008.

Dua kategori Pawai Pendidikan yang diikuti anak dan remaja merupakan rangkaian acara yang mengharuskan peserta berjalan menampilkan display Marching Band sekolah. Walaupun cuacanya terik atau berubah hujan di pengujung acara, para peserta tak pernah lelah mewarnai suasana hari kemerdekaan Indonesia di kota tersebut. Beradu dengan aspal yang panas maupun hujan sudah biasa, meskipun alat yang dibawa peserta termasuk berat bila ditenteng lama. Tapi tenang saja, pihak pelaksana acara selalu mendatangkan ambulance di belakang rombongan parade.

Ok langsung saja nih intip keseruan pawai kemerdekaan di Kota Tomohon

Pawai Bocah

Pawai di Tomohon

Tak hanya para remaja dan orang dewasa yang ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia di kota Tomohon. Lihat saja peserta pawai ini. Seperti sebutannya, pawai bocah benar-benar diikuti oleh bocah dari TK sampai kelas 3 SD dengan pengawasan guru-guru. Banyak pula orangtua khususnya para ibu yang ikut berjalan bersama anaknya selama pawai bocah berlangsung. Pada pawai bocah ini, tiap TK dan SD di kota Tomohon menampilkan Drum Band atau Marching Band sekolahnya. Mereka memulai parade dari SD Santa Clara Tomohon sampai di RSU Bethesda Tomohon, kira-kira berjarak 1 km.

pawai di Tomohon

Rombongan ini akan berhenti di panggung penghormatan sebelum mencapaifinish. Disana tiap sekolah menampilkan display terbaik mereka. Biasanya kerumunan penonton ramai berkumpul di titik ini. Tentu saja untuk melihat penampilan yang paling gencar dipersiapkan peserta pawai.

Pawai Remaja

Pawai di Tomohon

Tak ada perbedaan signifikan antara pawai bocah dengan pawai remaja. Sedikit bedanya tentu saja pada rentang usia peserta. Pawai Pendidikan Remaja diikuti murid-murid kelas 4-6 SD, SMP, serta SMA. Juga, jarak pawai remaja lebih panjang. Kira-kira 2 kali jarak Pawai Bocah.Satu lagi yang menjadidaya tarik Pawai Pendidikan yang diikuti oleh remaja. Penampilan tiap Marching Band biasanya lebih rapi dan lihai. Dari pemegang alat perkusi, harmoni,colour guard, gitapati, dancheerleader,dipenuhi peserta yang terampil berkat latihan intensif sebelum hari pawai.pawai di Tomohon


Ada Marching Band dari sekolah tertentu yang selalu dinanti penonton. Itulah Marching Band dari Seminari Fransiskus Xaverius dan SMA Lokon Santo Nikolaus. Kedua peleton Marching Band ini biasanya mendapat urutan terakhir. Bukan tanpa sebab, ini agar para penonton tetap setia mengikuti jalannya pawai sampai peserta terakhir menampilkan kejutan di panggung penghormatan.Selama beberapa tahun terakhir, sekolah-sekolah menampilkan drama yang disajikan dalam bentuk display singkat di depan panggung penghormatan. Tema yang selalu berbeda di tiap tahun sukses mendatangkan antusias penonton.

Pawai Bunga (Tomohon International Flower Festival)

Tomohon International Flower Festival

Selain disebut sebagai Kota Pendidikan, Kota Tomohon juga mendapat julukan Kota Bunga. Daya tarik bunga yang tumbuh indah di daerah pegunungan, mendatangkan terobosan baru untuk melaksanakan Pawai Bunga yang bisa diikuti berbagai pihak. Bermacam kendaraan yang dihias bunga warna-warni berbaris sepanjang jalur acara. Tak lupa, selingan berupa atraksi tari Kabasaran dan alat musik tradisional bersatu meramaikan pawai bunga atau TIFF ini. Satu juga peleton putri yang berkostumavant gardeberbentuk bunga yang kian memanjakan penonton.

pawai di tomohon

Melihat antusias pendatang dalam memeriahkan TIFF, acara ini akhirnya diadakan setahun sekali sebagai salah satu bentuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Kemeriahan Pawai Bunga Tomohon bisa kamu ikuti juga di bulan Agustus ini loh. TIFF tahun ini bakal mengambil slot pada tanggal 8-12 Agustus

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar