3 Perlengkapan Penting Yang Wajib Dimiliki Pebisnis UKM
Sabtu, 26 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

3 Perlengkapan Penting Yang Wajib Dimiliki Pebisnis UKM

3 Perlengkapan Penting yang Wajib Dimiliki Pebisnis UKM

kebutuhan-UKM.jpg

Bagi seorang pengusaha UKM tentu harus memiliki perlengkapan untuk menjalankan bisnisnya. Dengan memiliki perlengkapan tersebut maka upaya mencapai tujuan bisnis akan lebih mudah tercapai.

Pemerintah Indonesia saat ini sangat gencar meningkatkan bisnis skala kecil menengah (UKM) karena terbukti bisa membuat perekonomian kita menjadi lebih baik. Ada beberapa hal yang telah dilakukan pemerintah untuk membantu usaha kecil menengah, salah satunya adalah pemberian kredit usaha rakyat atau KUR.

Modal adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan sebuah UKM, baik itu dalam jumlah yang kecil ataupun besar. Dan salah satu cara yang seringkali dilakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan meminjam/ kredit melalui bank.

Selain modal, tentu masih ada hal yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis UKM untuk menjalankan usahanya. Beberapa kebutuhan tersebut akan diulas secara ringkas berikut ini.

1. Bantuan Pemasaran Produk

Modal memang sangat penting untuk mendirikan sebuah usaha kecil. Selain itu, ternyata pemasaran produk adalah hal lain yang sangat penting bagi sebuah UKM.

Dengan melakukan pemasaran yang tepat dan efektif, maka sebuah bisnis kecil bisa berkembang dan dikenal lebih cepat oleh masyarakat. Pemasaran saat ini sudah tentu berbeda dengan cara lama. Kemajuan teknologi sangat berperan pada proses pemasaran di jaman sekarang.

Salah satu cara yang paling efektif untuk pemasaran produk UKM adalah melalui media internet. Yang sering dilakukan adalah melalui media sosial, dan periklanan di Google. Dengan metode pemasaran melalui internet, maka modal untuk promosi akan bisa ditekan dan target market bisa dijangkau lebih banyak.

Selain itu, tentu saja pebisnis UKM harus mendapat edukasi yang tepat sasaran. Misalnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan mengenai strategi pemasaran yang terbaik untuk bisnis mereka.

2. Bantuan Mengelola Keuangan Bisnis

Berikutnya, bantuan dalam pengelolaan keuangan bisnis adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis UKM. Ketika sebuah usaha kecil sudah mulai menghasilkan, maka dibutuhkan strategi pengelolaan uang yang tepat agar dapat digunakan secara tepat.

Untuk hal ini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah merekrut seseorang yang ahli di bidang pengelolaan uang, misalnya seorang akuntan. Selain itu, pebisnis juga harus memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan untuk bisnis.

Walaupun Anda seorang pemilik sebuah usaha, ada baiknya mempelajari cara membuat laporan keuangan. Dengan begitu keuangan Anda tidak akan tumpang tindih dan teratur alokasinya.

3. Bantuan Legal / Izin / Hukum

Ok, Anda sudah punya strategi pemasaran yang baik dan pengelolaan uang yang baik. Lalu selanjutnya apa?

Jika proses berjalannya usaha sudah berjalan dengan cukup baik, maka langkah berikutnya adalah memperhatikan tentang perijinan usaha Anda. Banyak sekali pebisnis kecil tidak memperhatikan ini, bahkan terkesan tidak perduli dengan masalah perijinan.

Memang dalam hal ini peran pemerintah sangat dibutuhkan, baik itu dalam hal sosialisasi maupun pengetahuan tentang hukum ijin usaha, pajak, dan hal lain yang berhubungan dengan legalitas. Anda tentunya tidak ingin usaha Anda hancur hanya karena masalah perijinan, pajak, dan masalah legalitas usaha Anda.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar