5 Gunung Terindah di Indonesia Ini Siap Menanti Pendakianmu
Sabtu, 05 Mei 2018
ok nusantara
Bagikan

5 Gunung Terindah di Indonesia Ini Siap Menanti Pendakianmu

Indonesia yang dikelilingi Ring of Fire sepertinya sangat beruntung ya. Bagaimana tidak, Indonesia bisa dikelilingi banyak gunung indah yang menarik hati untuk dijelajahi. Kamu yang pecinta gunung pasti paham gunung mana yang menjadi primadona para pendaki. Tak hanya tentang ketinggian yang menyentuh awan, gunung-gunung ini dikenal mempunyai keunikan yang menjadikannya gunung terindah di Indonesia. Nah untuk kamu yang mau menikmati liburan panjang, tak ada salahnya lho diisi dengan kegiatan mendaki gunung. Tapi jangan sampai kamu melewatkan gunung indah berikut ini ya, agar tak menyesal dikemudian hari.

(Via search.live.com)(Via search.live.com)

1. Gunung Rinjani

Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini menjulang setinggi 3.726 meter diatas permukaan laut dan sudah menjadi primadona dikalangan pecinta alam. Tak usah ditanya kenapa. Rinjani mempunyai sejuta keindahan yang tak bisa dijabarkan. Mulai dari Segara Anak yang mempesona hingga puncak dengan pemandangan yang memanjakan mata.

(Via cabeoutdoorservice.com)(Via cabeoutdoorservice.com)

Kamu yang berencana mendaki gunung indah ini, bisa melakukannya melalui desa Senaru ataupun desa Sembalun Lawang dengan waktu tempuh rata-rata 7-10 jam berjalan kaki dengan jarak 8 kilometer. Tak perlu khawatir, lelahmu berjalan kaki akan dibayar lunas dengan panorama yang tak terlupakan.

2. Gunung Kelimutu

Pernah melihat pecahan uang Rp 5.000 rupiah tahun 1992? Kamu yang anak 90an pasti tahu gambar yang ada pada pecahan uang tersebut. Sebuah gunung indah dengan danau berwarna merah dan juga biru. Yaps, Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur,  tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende ini yang menjadi obyek gambar. Dilihat dari gambarnya saja sudah nampak begitu indah, apalagi aslinya. Gunung ini memiliki 3 buah danau kawah di puncaknya. Uniknya, ketiga danau ini memiliki warna yang berbeda-beda yaitu merah, biru dan juga putih yang selalu berubah-ubah seiring perjalanan waktu.

(Via queentnt.ilmci.com)(Via queentnt.ilmci.com)

Kamu bisa berkunjung kesana untuk menikmati keindahan danau, namun tak semua daerah bisa kamu jelajahi. Ada beberapa yang dibatasi karena berbahaya dan memiliki tanah yang labil. Jika berminat trakking kamu bisa melewati jalur dari Moni ke Kelimutu. Kamu harus melalui jarak 12 kilometer dari Moni menuju puncak. Percayalah, trakkingmu tak akan sia-sia dengan panorama yang akan kamu dapatkan nantinya.

3. Gunung Bromo

Siapa yang tak kenal gunung berapi aktif yang satu ini. Lokasinya berada di Pulau Jawa bagian Timur dan berada di 4 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

(Via penabiru.com)(Via penabiru.com)

Lautan pasir inilah yang menjadi suguhan yang akan memanjakanmu. Walaupun sedikit berdebu, namun akan terbayar saat kamu melihat suguhan alam pegunungan yang sejuk dan menakjubkan. Apalagi momen sunset dan sunrise yang terlihat sangat jelas dan indah yang akan membuatmu lupa tentang pasir dan debu yang kamu lalui tadi.

4. Gunung Jaya

Menemukan salju di daerah tropis bukanlah hal yang mustahil. Kamu bisa menemukannya di Puncak Jayawijaya jika mau mendakinya. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang mempunyai salju abadi. Tingginya yang mencapai 4.884 meter diatas permukaan laut yang memungkinkannya memiliki salju abadi. Sayangnya, salju ini semakin menyusut setiap tahunnya karena pemanasan global yang parah.

(Via triptrus.com)(Via triptrus.com)

Gunung Jaya yang terletak di Papua ini juga dikenal dengan Cartensz Pyramid yang diambil dari nama sorang petualang dari negeri Belanda, Jan Cartensz. Ia adalah orang pertama yang melihat gunung bersalju di daerah tropis melalui pengamatannya pada tahun 1623 di sebuah kapal laut. Keindahan Gunung Jaya bersalju ini tak perlu kamu ragukan lagi.

5. Gunung Semeru

Gunung ini dinobatkan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut. Terletak di Jawa bagian Timur, Gunung Semeru terkenal dengan puncaknya, Mahameru. Kalau kamu pernah menonton film dengan judul 5 Cm, gunung inilah yang penulis maksud. Gunung indah yang menjadi latar belakang petualangan Fedi Nuril dan kawan-kawannya ini memang penuh dengan keindahan yang akan membuat siapapun kagum. Di puncak Gunung Semeru ini kamu bisa menemukan kawah Jonggring Saloko.

(Via youtube.com)(Via youtube.com)

Kalau kamu berencana mendaki Semeru, sediakan waktu selama 4 hari untuk pulang pergi. Saat sampai di pos Ranu Pani, kamu akan mendapati dua buah danau yaitu danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang terletak pada ketinggian 2.200 mdpl. Selama pendakian kamu akan disuguhi hamparan bunga edelweis dan juga batu terjal yang sangat indah di Watu Rejeng. Tak hanya itu, pemandangan sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit, yang ditumbuhi hutan cemara dan pinus juga akan memanjakanmu.

Nah, tak perlu ragu untuk melangkahkan kaki kesana. Lelahnya pendakian akan terbayarkan dengan pemandangan khas di setiap gunungnya kok. Yuk piknik!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar