5 Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis
Jum'at, 27 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

5 Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis

1. Mengenal pelanggan lebih dekat

manfaat sosial media untuk bisnis

Kunci sukses dalam sebuah usaha adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Kalau kamu punya sosial media khusus usaha, proses pengenalan pelanggan bisa jadi lebih mudah. Cobalah gunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media (usia atau jenis kelamin). Informasi ini bisa membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakan sosial media, kamu juga harus bisa melihat tren usia pengguna masing-masing sebagai acuan dalam memilih channel promosi sampai pembuatan konten yang bisa menarik target.

 2. Mendengar keinginan pelanggan

manfaat sosial media untuk bisnis

Feedback positif maupun negatif dari pelanggan adalah salah satu hal penting yang bisa meningkatkan kualitas usaha yang kamu rintis menjadi lebih baik. Melalui sosial media, kamu bisa menerima feedback dari pelanggan lebih cepat. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar di sebuah postingan ataupun mengirimkan direct messagesecara langsung. Dengan social media, kamu juga bisa tau apa saja yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Social media juga bisa menjadi salah satu alat atau tool untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kamu miliki.

3. Merespon dengan cepat

manfaat sosial media untuk bisnis

Setelah pelanggan memberikan respon melalui social media, sebagai pengusaha yang baik, kamu wajib menanggapi dan membalas semua feedback dengan baik dan cepat. Jika zaman dulu pelanggan mengeluh melalui telepon, kini mereka bisa menyampaikan melalui social media. Namun, kebanyakan pengusaha hanya memfokuskan menjawab keluhan melalui telepon dan mengabaikan keluhan melalui sosial media. Padahal, keluhan pada social media dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan lain yang mengikuti social media usahamu. Jadi jangan pernah abaikan satu pun komentar pada social media dan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui social media.

4. Melihat persaingan pasar

manfaat sosial media untuk bisnis

Melalui social media, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor atau pesaing. Dari informasi yang didapat, kamu bisa menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran. Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, kamu bisa lebih mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target. Kamu juga bisa mulai membuat promo digital dengan membagikan referal code atau membuat kegiatan digital seperti kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.

5. Meningkatkan pengunjung website

manfaat sosial media untuk bisnis

Semakin banyak pengunjung website, semakin besar juga peluang produkmu dibeli. Dalam hal ini, social media bisa membantu meningkatkan pengunjung website dan berdampak positif terhadap website rangking pada halaman google. Jika kamu punya konten menarik dalam website, kami juga bisa mendapatkan banyak traffic ke website yang berdampak positif terhadap SEO. Jadi, untuk meningkatkan pengunjung dan traffic ke website, jangan lupa untuk memberikan link di setiap postingan social media yang kamu miliki. Tapi, perlu diperhatikan juga apa konten yang akan kamu post, jangan sampai nggak sesuai sama link yang dituju.

Manfaat sosial media untuk bisnis ini bisa membuat biaya marketting atau pemasaranmu menjadi lebih hemat. Selain itu lewat sosial media kamu juga bisa lebih cepat mengenal siapa pelangganmu. Jadi, bagaimana sudah siap mengelola akun sosial media untuk bisnismu

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar