6 Cara Fokus Belajar Nyata, Langsung Praktek Dan Nilai Bagus
Rabu, 06 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

6 Cara Fokus Belajar Nyata, Langsung Praktek Dan Nilai Bagus

Apakah kamu seorang murid sekolah, mahasiswa atau bahkan para pekerja yang sedang melanjutkan pendidikan tambahan ataupun ujian untuk memasuki tempat kerja? Masalah yang sering dihadapi oleh kita semua adalah masalah dalam kecepatan belajar.

Seringkali kita terganggu oleh aneka hal lainnya sehingga tak pernah fokus dan niat, tiba-tiba kehilangan fokus ditengah proses belajar tersebut. Ini lho, beberapa cara fokus belajar yang bisa kamu terapkan agar belajar efektif sekaligus memberikan hasil terbaik.

 1. Ciptakan tempat belajar sesuai preferensimu, baik itu sunyi ataupun penuh musik

https://www.collegiate-ac.com/student-news/drive-that-dissertation-forward-from-the-perfect-study-environment

Tempat atau suasana belajar memang memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kesuksesanmu belajar. Apabila kamu tipe orang yang lebih berkonsentrasi saat suasana sunyi, maka kamu bisa merenung diri didalam kamar, kemudian pasanglah sebuah tanda dilarang ganggu, sedang belajar di pintu kamar sebagai tanda kamu membutuhkan konsentrasi tinggi.

Tetapi, ada juga lho tipe orang yang wajib mendengarkan music atau suara-suara lain yang mendukung untuk menemani mereka saat belajar. Nah, kalau kamu tipe yang ini, maka kamu bisa menciptakan suasana ceria didalam kamarmu, misalnya menyalakan music favorit, sehingga kamu bisa fokus.

2. Kumpulkan semua material yang kamu perlukan untuk belajar terlebih dahulu

https://www.webanywhere.co.uk/blog/2016/04/top-tips-smarter-studying-home/

Cara fokus belajar satu ini memang ribet diawal, karena kamu wajib mengumpulkan, menyeleksi, dan memilah terlebih dahulu bahan-bahan belajarmu. Namun tidak masalah, seperti kata pepatah bersusah-susah terlebih dahulu kemudian bersenang kemudian, melalui cara ini kamu akan memiliki bahan belajar yang super lengkap, dan tinggal belajar saja, deh!


3. Letakkan air minum, camilan atau hal lain yang kamu butuhkan dalam jangkauan tangan

https://www.bupipedream.com/news/7161/snack-foods-sustain-students-while-studying/

Agar tak perlu mondar-mandir kesana kemari dan justru mengacaukan konsentrasi milikmu, sediakan seluruh barang-barang yang biasa kamu perlukan dan inginkan didalam jangkauan tangan atau disekitaran meja belajar. Misalnya saja mulai dari air minum, makan siang, camilan atau snack, dan aneka barang lain. Sehingga kamu tak perlu pergi kemanapun dan mencurahkan konsentrasi penuh.

4. Ambillah jeda atau istirahat misalnya 1 jam sekali

http://medstudentstories.merckmanuals.com/take-a-brain-break/

Hindari belajar terus menerus karena itu kurang baik dalam proses belajarmu. Justru orang yang belajar terus menerus secara nonstop tanpa ada istirahat memiliki konsentrasi yang jauh lebih payah dan terus menurun karena terlalu bosan. Jeda paling baik adalah 1 jam sekali. Di jeda ini, kamu bisa berguling-guling di Kasur untuk beristirahat, melakukan perenggangan dan aneka aktivitas lain.

5. Cari tau juga cara agar kamu lebih cepat mengingat dan mengerti, entah lewat gambar, suara dan lainnya

https://www.thoughtco.com/studying-night-before-test-3212056

Setiap orang memiliki respon berbeda-beda saat belajar. Ada mereka yang lebih cepat mengingat dan belajar pada saat membaca huruf atau sebuah tulisan. Ada juga mereka yang lebih cepat mengingat dengan bantuan suara atau audio, ada pula yang berupa gambar. Kamu wajib menyesuaikan cara-cara tersebut dengan diri sendiri. Kalau kamu tipe suara, maka berkonsentrasilah saat mendengarkan guru dan kurangi belajar dirumah. Kalau berupa gambar, kamu wajib memvisualisasikan setiap kali kamu belajar.

6. Jauhkan handphonemu terlebih dahulu saat waktu belajar

http://www.greaterthanwe.com/leave-your-shoes-phone-at-the-front-door/

Inilah yang paling penting. Handphone-mu bisa mengganggu konsentrasi. Jadi, jauhkan saja terlebih dahulu. Kamu bisa mencoba melihat HP pada saat waktu istirahat atau kalau sudah selesai belajar. Ok?

 Melalui penerapan 6 cara fokus belajar yang bisa dibilang sederhana ini, kamu akan menjadi lebih produktif sekaligus efektif dalam belajar. Jauhkan segala hal yang mengganggu, fokuslah dan ciptakan pemikiran bahwa semakin cepat kamu selesai belajar, maka semakin cepat pulalah kamu bisa mengerjakan hal-hal lain yang menyenangkan dan mungkin juga penuh manfaat. Selamat mencoba dan selamat belajar!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar