6 Kota Terbesih Di Dunia
Minggu, 01 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

6 Kota Terbesih Di Dunia

Vienna, Austria

http-::imagesbyar.com:


Selain menjadi salah satu “Most liveable city in the world” karena lokasinya yang aman, Vienna juga menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Salah satu yang membuat kota terlihat berantakan adalah banyaknya lukisan-lukisan tak beraturan di jalanan. Oleh karena itu, pemerintah Vienna membuat kesepakatan dengan para seniman jalana untuk nggak menggambar ataupun menempelkan poster di sepanjang gedung di Vienna. Tapi, imbalannya, mereka mendapatkan keleluasaan berekspresi di sepanjang Danube canal. Artisitik, tapi tetap terorganisir. Nggak heran, Vienna jadi salah satu kota yang paling recommended untuk ditinggali: aman dan juga bersih!

Zurich, Switzerland

wikimedia.org


Membosankan, tapi jadi salah satu rekomendasi kota terbaik untuk tinggal. Ya, memang. Zurich terkenal sebagai kota yang cukup sepi, sunyi, damai. Buat anak muda pasti terlihat membosankan. Tapi, karena sunyi dan sepi ini Zurich menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Zurich terkenal dengan budaya negara yang sangat rapih dan tertata, hampir sama dengan Jepang. Bukan cuma pemerintahnya aja yang menggerakkan budaya kebersihan, tapi para penduduknya udah pada sadar akan pentingnya menjaga kebersihan kota, lho!

Calgary, Canada

citi.io:


Bagi sebagian orang, Amerika adalah “Melting pot” dan menjadi negara yang sangat multikultur dari berbagai imigran. Kalau Kanada adalah negara yang menerima berbagai perbedaan namun tetap memiliki jati diri negaranya dengan tingkat “sense of belongings” yang tinggi. Nggak heran, walaupun banyak imigran di Kanada, namun penduduknya sangat bertoleransi dan bekerja sama untuk menjaga negaranya, salah satunya dalam segi kebersihan. Selain kebersihan yang dijaga oleh para warga negaranya, Kanada juga memiliki udara yang bersih dan minim polusi. Jadi, bukan cuma bersih dari sampah, tapi bersih udara juga!


Oslo, Norwegia

malinikaushik.com


Mirip dengan Vienna, Oslo juga dikenal sebagai kota yang sepi dan juga bersih. Ternyata, rahasinya adalah karena banyaknya tempat sampah di berbagai sudut kota untuk menghindari penduduknya membuang sampah sembarangan. Selain itu, berbagai tempat di Oslo ternyata udah tersambung dengan sistem pembuangan sampah kota otomatis yang dapat memindahkan, menggabungkan dan membakar sampah. Nah, energi pembakaran sampah tersebut digunakan menjadi energi listrik dan menghasilkan panas.

Kobe, Japan

technobuffalo.com


Jepang bukan hanya dikenal sebagai negara yang teratur dan juga high technology, tapi, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat rapih, salah satunya di Kobe. Pasalnya, sejak kecil, anak-anak di Jepang udah diajarkan budaya kebersihan. Contohnya di beberapa SD di Jepang, setelah jam makan siang, mereka kerja bakti bersama untuk membersihkan ruang makan tersebut. Mulai dari membersihkan sampah, sampai mengepel lantai. Dari situ, sekolah di Jepang berniat untuk menerapkan nilai-nilai kebersihan, tanggung jawab dan juga sense of belongings rakyat Jepang sejak dini. Nggak heran, masyarakat Jepang udah sadar banget yang namanya pentingnya kebersihan. Meski nggak ada tempat sampah terdekat, mereka rela lho mengantongi sampah mereka sendiri sampai ketemu tempat sampah.

Satu lagi, orang-orang Jepang memiliki nasionalisme yang tinggi. Mereka menjaga kebersihan juga semata-mata demi menjaga negara kesayangannya itu.

Singapura

knightfrank.com


Singapura memang merupakan sebuah negara yang kecil, namun ternyata pemerintahnya dapat mengatur kebersihan negaranya dengan tertib dan juga baik. Di tahun 2004, pemerintah Singapura melarang warga negaranya untuk mengonsumsi permen karet di lingkungan umum. Pasalnya, permen karet jadi penyumbang sampah yang memang kecil, tapi ternyata paling banyak mengotori tempat umum. Kalau di Indonesia, permen karet menjadi benda yang paling sering ditemuin di kolong meja, bangku taman, atau bahkan di dinding tempat umum.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar