6 Pintu Gerbang Menuju Alam Nyi Roro Kidul
Rabu, 15 November 2017
ok nusantara
Bagikan

6 Pintu Gerbang Menuju Alam Nyi Roro Kidul

Gambar terkait

Konon, Laut Selatan sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul beserta kerajaan Gaibnya yang begitu besar memiliki beberapa pintu gerbang. Pintu ini menjadi jalan masuk menuju istana Nyai Roro Kidul. Pintu Gerbang ini banyak dicari orang karena rasa penasaran mereka, karena tersohornya cerita legenda mengenai Ratu Pantai Selatan, Kanjeng Ratu Kidul alias Nyi Roro Kidul.

Seluruh budak, jin dan pasukan Nyai Roro Kidul sangat setia dengan beliau dan semuanya bersemayam dalam istana gaib itu. Kepercayaan orang-orang Jawa dan orang-orang Indonesia akan keberadaan seluruh awak dan pasukan Nyi Roro Kidul membuat kesan mistik dan horo sangat melekat dengan kawasan pantai selatan.

Berikut ke-6 pintu gerbang yang dipercaya menjadi pintu masuk menuju Istana Nyai Roro Kidul :

  1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai ini terletak di kawasan Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sukabumi. Daerah Pelabuhan Ratu memang amat terkenal dengan mitos Nyai Roro Kidul. Deburan ombaknya yang begitu kuat, serta tofografi perpaduan antara pantai landau dan curam, dan tebing kerang yang begitu terjal menambah kesan mistis bertambah. Akan tetapi terlepas dari itu semua, kemistisan pantai pelabuhan Ratu ini justru menambah daya tarik para pengunjung. Terkadang, mereka mengunjungi pantai ini hanyalah menutupi rasa penasaran mereka untuk bertemu sang ratu kidul. Konon katanya Pantai ini menjadi salah satu pintu gerbang menuju Istana Ratu Kidul.

  1. Hotel Inna Samudera, Jawa Barat

Hotel yang didirikan oleh Presiden Soekarno di tahun 1962 ini awalnya bernama Samudera Beach Hotel. Hotel ini dulunya begitu mewah dan berbintang, menjadi tempat berakhir pekan bagi orang-orang kelas atas. Namun kesan mistis muncul setelah kamar hotel nomor 308 yang konon katanya kamar tersebut sengaja disediakan oleh pihak hotel sebagai kamar bersemayamnya Nyi Roro Kidul. Kamar ini tidak disewakan bahkan tidak diperkenankan untuk dilihat sembarangan orang. kamar ini tertata dan terawat dengan dilengkapi barang-barang yang amat disukai Nyi Roro Kidul. Seperti baju dengan nuansa hijau, kosmetik, kembang tujuh rupa, kemenyan, dupa, parfume wangi-wangian dan jajanan pasar. Menurut cerita tempat ini juga menjadi pintu gerbang menuju istana Nyi Roro Kidul. Jika ada seseorang yang bermeditasi di kamar ini maka rohnya akan terlepas dan melayang kea lam gaib menuju kerajaan gaib terbesar di pantai laut selatan.


  1. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Selain pantai pelabuhan ratu, kawasan pantai selatan juga terdapat di pantai parangtritis. Pantai Parangtritis terletak 27 km di selatan kota Yogyakarta dan begitu mudah untuk dicapai dengan transportasi umum. Pantai Parangtritis menyimpan banyak cerita legenda mengenai Nyai Roro Kidul. Sebagian orang bahkan percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan satu dari sekian banyak pintu Gerbang menuju Istana gaib Nyi Roro Kidul. Maka dari itu, orang-orang meyakini pula bahwa setiap orang yang datang berkunjung ke pantai ini harus ekstra hati-hati jangan sampai mengenakan pakaian dengan nuansa hijau. Kabarnya jika hal ini dilanggar, maka orang yang mengenakan pakaian dengan warna hijau akan ikut terseret arus ombak dan katanya dibawa oleh sang Ratu Kidul menuju istananya.

  1. Pantai Sembukan

Satu lagi pantai selain Parangtritis dan juga Pelabuhan Ratu, sebuah pantai yang menjadi fenomena mistis seputar Nyi Roro Kidul. Pantai ini dinamakan pantai Sembukan yang berada di provinsi Jawa Tengah. Pantai ini juga menjadi penghubung antara alam Nyai Roro Kidul dengan alam manusia. Menurut mitos, Pantai Sembukan merupakan pintu gerbang ke-13 dari kerajaan Ratu Kidul. Gerbang ini digunakan oleh Kanjeng Ratu Kidul untuk bertemu dengan raja-raja Kasunanan Surakarta (Paku Buwono). Karena dikeramatkannya Pantai ini, setiap tahunnya diadakan selamatan Larung Ageng. Meski terkesan mistis, namun Pantai ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ombaknya yang menggelegar dan suguhan pemandangan alamnya begitu mempesona. Tak jarang pantai ini menjadi obyek wisata dan menjadi tempat berfoto bersama keluarga dan orang terkasih.


  1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton ini berada di Jawa Tengah, tepatnya di kota Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II sekitar tahun 1744 sebagai ganti dari keraton Kartasura yang hancur lebur, porak poranda. Sejarah mencatat keraton ini memang menyimpan bukti dan juga cerita pilu nasib bangsa ini serta perjuangan para pahlawan yang banyak berguguran melawan penjajah. Dalam keraton ini juga terdapat museum yang menyimpan banyak benda-benda bersejarah perjuangan bangsa Indonesia. Di kalangan masyarakat berkembang mitos bahwa Sangga Buwana dulunya menjadi tempat bertemunya Raja-raja dengan Nyai Roro Kidul. Masyarakat juga meyakini bahwa tempat ini menjadi pintu gerbang menuju istana gaib Nyi Roro Kidul dan masih bertahan sampai sekarang.

  1. Vihara Kalyana Mitta

Vihara yang berlokasi di Jalan Pekojan 1 No. 65, Tambora Jakarta Barat ini memilikikeunikan tersendiri seputar kisah Nyai Roro Kidul. Dalam Vihara Kalyana Mitta ini terdapat tempat khusus untuk menyembah Nyi Roro Kidul. Ruangan yang berada di bawah atau altar dewa-dewi dalam vihara, dapat dilihat bahwa ada satu lukisan seorang wanita cantik dengan menggunakan baju kejawen berwarna hijau (selendang hijau) dimana lukisan itu tak lain adalah Nyi Roro Kidul. Hal ini menjadi cerita tersendiri bagi kalangan masyarakat yang mengabarkan bahwa vihara Kalyana Mitta menjadi salah satu pintu gerbang menuju istana gaib Nyi Roro Kidul.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar