6 Tips Untuk Ibu Rumah Yang Ingin Memiliki Tabungan Pribadi
Rabu, 11 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

6 Tips Untuk Ibu Rumah Yang Ingin Memiliki Tabungan Pribadi

Belanja sesuai dengan daftar kebutuhan

tips untuk ibu rumah tangga

Cara menabung ibu rumah tangga yang pertama yaitu dengan mematuhi daftar belanjaan yang sudah diatur setiap bulannya. Jangan mudah tergoda untuk membeli kebutuhan yang tidak terlalu penting. Salah satu solusinya adalah dengan tidak mengajak anak saat belanja bulanan. Atau, kalau memang tidak bisa meninggalkan anak di rumah, ajaklah sang anak namun buatlah perjanjian terlebih dahulu di rumah sebelum pergi ke supermarket atau pasar agar anak tidak meminta mainan atau jajan saat belanja.

Belanja di pasar

tips untuk ibu rumah tangga agar berhemat

Jika memang memungkinkan, usahakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, terutama kebutuhan dapur di pasar. Selain lebih murah, belanja di pasar juga bisa menekan pengeluaran keuangan rumah tangga. Alasan lainnya adalah karena kita bisa menggunakan jurus tawar menawar saat berbelanja di pasar, apalagi jika membeli kebutuhan rumah tangga dalam jumlah besar. Ada keuntungan lain yang belum diketahui publik, bahwa seringkali penjual dipasar memberikan bonus barang kepada para langganannya. Jadi, ketika kamu belanja di pasar, kemungkinan kamu untuk menabung akan lebih besar dengan memanfaatkan sisa uang belanja yang ada.

Jangan anggap remeh uang koin

tips hemat untuk ibu rumah tangga

Seringkali kita menganggap remeh uang koin yang didapatkan sebagai uang kembalian. Nah, jangan anggap remeh uang koin ini, ya! Walaupun nilainya tidak besar, kita tetap bisa mengumpulkannya dalam sebuah wadah dan suatu saat bisa ditukarkan dan ditabung, deh!

Manfaatkan barang bekas

tips hemat untuk ibu rumah tangga

Cara menabung ibu rumah tangga yang paling sering dilakukan yaitu dengan memanfaatkan barang bekas. Namun, terkadang ibu rumah tangga kurang kreatif, karena hanya menjual barang bekas kemudian uangnya ditabung. Cobalah untuk melakukan hal yang lebih produktif, misalnya dengan membuat keset dari baju yang sudah tidak terpakai. Bisa juga mengumpulkan botol bekas untuk dijadikan hiasan rumah. Dengan pemanfaatan barang bekas ke hal yang terlebih produktif ini tentunya akan menghemat pengeluaran, sehingga uang yang tadinya ditujukan untuk membeli keset atau hiasan rumah bisa ditabung.

Menanam sayuran di halaman rumah

tips hemat untuk ibu rumah tangga

Jika kebetulan di rumah ada halaman kosong, manfaatkanlah untuk bercocok tanam. Kita bisa menanam berbagai sayuran di lahan tersebut dengan membeli biji tanaman atau memanfaatkan sisa sayuran dan biji-bijian yang sudah tidak terpakai. Jika musim panen telah tiba, hal ini akan menghemat pengeluaran untuk membeli sayur di pasar atau supermarket. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, ada kesenangan tersendiri yang akan dirasakan saat memanen hasil tanaman di rumah. Apalagi jika harga sayuran sedang melonjak. Wah, senangnya berlipat, kan?

Berburu diskon

tips hidup hemat

Namanya juga ibu rumah tangga sekaligus menteri keuangan keluarga, maka kita harus pintar dalam menggunakan uang. Di zaman globalisasi seperti saat ini banyak perusahaan yang menawarkan diskon untuk menarik pembeli, salah satunya minimarket. Banyak produk kebutuhan rumah tangga yang dijual di minimarket dengan potongan harga yang cukup besar. Manfaatkan promo buy 1 get 1 atau promo menarik lainnya yang sering mereka tawarkan, ya! Tapi, ingatlah selalu untuk tetap berbelanja sesuai kebutuhan saja.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar