7 Cara Bermain Saham untuk Pemula
Jum'at, 24 November 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Cara Bermain Saham untuk Pemula

1. Pertama, pilihlah satu atau dua perusahaan publik yang akan kamu investasikan

cara bermain saham untuk pemula

Bukalah website BEI (bursa efek Indonesia) terlebih dahulu dan lihat daftar perusahaan yang telah terdaftar. Kemudian, seleksilah perusahaan mana yang kinerjanya bagus dan cocok dengan budget yang kamu punya. Ingat, sebagai pemula, awali dulu dengan membeli saham dari satu atau paling banyak dua perusahaan saja. Nanti setelah kamu sudah cukup berpengalaman, silahkan kelola saham dari banyak perusahaan.

2. Pilih saham yang sudah terbukti

cara bermain saham untuk pemula

Kamu yang masih pemula jangan berani bermain saham pada perusahaan dengan nilai kapitalisasi yang kecil. Atau perusahaan yang harga sahamnya sangat berfluktuatif.

Sebab jenis saham yang seperti ini sangat mudah dimanipulasi oleh investor dengan modal yang besar. Oleh karena itu, belilah saham perusahaan yang sudah terbukti. Yang kinerja keuangannya bagus dan menurutmu mempunyai prospek bagus kedepannya.

3. Pantau pergerakan ekonomi dunia dan dalam negeri

cara bermain saham untuk pemula

Lihat bagaimana trend ekonomi yang terjadi saat ini dan prediksikan bagaimana arah pergerakannya kedepan. Apakah berada dalam kondisi yang normal, boom, atau sedang depresi. Sebab situasi pasar saham akan selalu mengikuti kondisi perekonomian.

Nah, jika kondisinya sedang normal atau booming, maka itu merupakan pertanda yang bagus untuk berinvestasi. Sebaliknya, bila market tengah mengalami depresi, hindari membeli saham baru serta jual semua saham yang kamu miliki sebelumnya.


4. Selanjutnya, salah satu cara bermain saham untuk pemula adalah dengan melihat sentimen pasar

cara bermain saham untuk pemula

Sentimen pasar merupakan satu faktor yang sering menyebabkan turun naiknya harga saham. Sentimen ini sendiri muncul dari pengaruh berbagai macam trend dan kebijakan. Baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Faktor dalam negeri, biasanya dipengaruhi oleh kebijakan suka bunga acuan, inflasi,  kebijakan pemerintah, hingga kabar burung tentang perusahaan atau industri tertentu.

Sementara untuk faktor luar negeri biasanya dipengaruhi oleh kurs Rupiah terhadap mata uang lain, indeks harga saham regional yang dalam hal ini adalah wilayah Asia, dan juga pengaruh kebijakan dari bank sentral Amerika Serikat.

5. Baca sebanyak mungkin buku yang membahas tentang saham

cara bermain saham untuk pemula

Di beberapa toko buku, kamu bisa menemukan sejumlah buku yang membahas tentang topik bermain saham. Baik yang merupakan karangan lokal maupun luar negeri. Buku-buku tersebut merupakan hasil karya  mereka yang sudah berpengalaman di dunia investasi saham.

Mungkin tiap buku akan sedikit berbeda penjelasannya, sesuai dengan pengalaman dari masing-masing pengarang. Akan tetapi, itu justru sangat baik karena memberikan kamu banyak referensi yang bisa kamu gunakan saat mulai berinvestasi saham di dunia nyata.

6. Mulailah dengan dana yang tidak terlalu besar

cara bermain saham untuk pemula

Salah satu cara bermain saham untuk pemula yang harus kamu ikuti adalah mulai berinvestasi dengan modal yang kecil. Meskipun kamu mempunyai uang yang cukup banyak, jangan sekali-kali mencoba langsung mengelontorkan dana yang besar untuk berinvestasi saham.

Pasalnya, kamu masih pemula dan butuh lebih banyak waktu untuk belajar. Sehingga, akan jauh lebih baik kalau kamu mulai dengan modal dana yang minim. Silahkan mulai bermain saham dengan modal Rp. 100 ribu hingga Rp. 1 juta terlebih dahulu.

7. Terakhir adalah kontrol emosi kamu

cara bermain saham untuk pemula

Sebab bermain saham sebenarnya adalah bermain emosi. Sehingga kamu yang mudah dipengaruhi oleh emosi akan sangat sangat buruk dalam permainan saham. Banyak lho kasus dimana trader mengalami kerugian yang begitu besar akibat dikendalikan oleh emosi mereka.

Oleh sebab itu, selalu kontrol emosi kamu disaat kamu tengah bermain saham. Teruslah berpikir jernih baik di saat kamu untung maupun rugi. Jangan biarkan keadaan senang dan sedih kamu yang membuat keputusan untuk membeli atau menjual saham.

Bermain saham memang tergolong sebagai salah satu cara menghasilkan uang dengan cepat. Namun ingatlah bahwa hal tersebut berlaku kalau kamu sudah punya pengetahuan tentang investasi saham yang mumpuni.

Oleh karena itu, bagi kamu yang masih tergolong anak baru, praktikkanlah dulu 7 cara bermain saham untuk pemula seperti yang telah disebut diatas. Praktikkan ketujuh hal tersebut dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Niscaya kamu akan naik dari level pemula menjadi level professional, bahkan ahli.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar