7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis
Selasa, 13 Juni 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis


Karena tanah dan perairan di muka bumi ini dikuasai oleh negara yang berbeda-beda, wajar jika semuanya dipisahkan garis batas wilayah. Beberapa di antaranya ditandai oleh aliran sungai atau jalur pegunungan. Sementara daerah yang tak bisa dibatasi dengan pasti dipisahkan dengan tugu atau batu penanda.
Beberapa daerah perbatasan menampilkan pemandangan paling unik dan tak biasa. Wisatawan dari seluruh dunia berdatangan untuk menikmati keindahannya sekaligus merasakan sensasi menjejakkan dua kaki di dua wilayah sekaligus.
Berikut ini adalah perbatasan-perbatasan dengan pemandangan paling indah di dunia. Tak semuanya termasuk perbatasan negara. Beberapa di antaranya hanya garis batas antara dua perairan yang berbeda, namun tetap menyuguhkan keindahan yang sulit ditemukan di tempat lain.

7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis 20160311123037-1-perbatasan-norwegia-dan

1.
Perbatasan Norwegia dan Swedia
Garis putih sepanjang 1.010 mil yang tampak dalam foto merupakan garis batas antara Norwegia dan Swedia. Dilansir Shawn Voyage, sebagian besar garis perbatasan yang membelah dua negara ini mengikuti jalur drainase Skandinavia yang berakhir di Treriksroset. Perbatasan Norwegia dan Swedia Caters News Agency/Havard Dalgrav foto di atas diabadikan oleh fotografer Havard Dalgrav. Dalgrav memotret momen ketika para pengendara snowmobile berpacu di perbatasan. Di Norwegia (sebelah kanan dalam gambar), mengendarai snowmobile termasuk aktivitas ilegal. Sementara di Swedia (sebelah kiri dalam gambar), kegiatan tersebut tak dianggap melanggar hukum.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

2.
Perbatasan Samudera Atlantik dan Laut Karibia
The Glass Window Bridge adalah satu dari segelintir tempat di muka bumi di mana perbatasan Samudera Atlantik dan Laut Karibia terlihat dengan jelas. Birunya Samudra Atlantik dan Laut Karibia yang berwarna hijau pirus hanya terpisah oleh garis pembatas selebar 30 kaki. Dilansir Amusing Planet, The Glass Window Bridge berdiri di Eleuthera, salah satu bagian dari Kepulauan Bahama. Jembatan batu itu merupakan titik paling ramai dikunjungi wisatawan di Eleuthera. Pasalnya para turis bisa menikmati keindahan dua lautan dengan pemandangan yang berbeda sekaligus. Sekarang di atas jembatan tersebut sudah ditambahkan lapisan beton.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

3.
Air Terjun Ban Gioc-Detian
Air Terjun Ban Gioc-Detian adalah nama air terjun ikonik yang berada di titik perbatasan China dan Vietnam. Warga Vietnam menyebutnya Air Terjun Ban Gioc, sementara di China lebih dikenal dengan nama Detian.
Air terjun yang tersembunyi di antara bukit-bukit karst Daxin (China) dan Distrik Trung Khanh (Vietnam) ini mengalir dari ketinggian 30 meter. Pemandangan alam di sekitar air terjun ini memang menakjubkan. Dari sisi Vietnam terhampar sawah hijau yang permai. Sementara dari sisi China wisatawan bisa menikmati indahnya kebun teh.
Dilansir China Central Television, Ban Gioc-Detian adalah air terjun terbesar keempat yang berlokasi di perbatasan nasional. Sementara air terjun perbatasan terbesar di dunia adalah Air Terjun Iguazu, Air Terjun Victoria, dan Air Terjun Niagara.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

4.
Pertemuan Sungai Ilz, Danube, dan Inn
Tiga sungai bertemu dan menyatu menjadi satu aliran di Passau, Jerman. Ketiga sungai tersebut adalah Ilz, Danube, dan Inn. Uniknya, ketiga sungai itu memiliki air dengan warna yang berbeda, sehingga menampilkan pemandangan unik jika disaksikan dari ketinggian.
Dilansir Earthporm, Sungai Ilz bersumber dari pegunungan dan mengalir melalui hutan Bavaria sebelum bertemu dengan Danube dan Inn. Aliran ketiga sungai ini kemudian menyatu dan melalui tiga negara sekaligus, yaitu Swiss, Austria, dan Jerman.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

5.
Selat Bosporus
Berbicara mengenai perbatasan dengan pemandangan eksotis tentu belum lengkap tanpa menyertakan Selat Bosporus. Selat alami ini menghubungkan Laut Hitam dan Laut Marmara. Bosporus terkenal sebagai batas alam antara benua Asia dan Eropa. Selat ini membagi kota Istanbul sebagai ibukota yang terbelah di dua benua.
Dilansir TourMakerTurkey, mayoritas penduduk Istanbul tinggal di bagian kota yang masuk ke wilayah Asia. Namun mereka menjalankan urusan bisnis dan birokrasi di Istanbul yang memasuki wilayah Eropa. Jadi menyeberangi benua setiap hari merupakan hal yang lumrah bagi warga kota ini.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

6.
Pertemuan Sungai Rhone dan Arve
Dua sungai ini memang bukan pembatas dua wilayah negara atau benua. Namun pertemuan keduanya menampilkan pemandangan tersendiri bagi siapa saja. Lihat saja uniknya ketika air biru Rhone yang jernih bertemu dengan aliran Sungai Arve yang secokelat lumpur.
Dilansir Earthporm, Rhone merupakan salah satu dari tiga sungai besar di Eropa yang mengalir melalui Prancis dan Alpen Swiss. Sungai Arve juga mengalir melalui Prancis dan Swiss, tetapi bersumber dari gletser Lembah Chamoniz. Keduanya bertemu di Jenewa, kota yang menjadi simbol perdamaian di Swiss.
7 Daerah perbatasan yang suguhkan pemandangan paling eksotis

7.
Pegunungan Changbai
Changbai merupakan jalur pegunungan yang menandai perbatasan China dan Korea Utara. Berada di perbatasan, tak heran kalau pegunungan ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Sanggiyan, Jangbaek, atau Ohnan. Area pegunungan ini membentang dari Heilongjiang, Jilin, dan Liaoning hingga ke Ryanggang dan Chagang yang masuk ke daerah kekuasaan Korea.
Pegunungan Changbai memiliki pemandangan yang indah dengan vegetasi yang beragam di setiap ketinggian. Dilansir Travel China Guide, bagian terindah dari pegunungan ini adalah Danau Tianchi atau dikenal juga dengan nama Cheonji (Danau Surga). Danau ini disebut-sebut sebagai rumah dari monster misterius yang disebutkan dalam mitos.
Itulah perbatasan-perbatasan di berbagai belahan dunia yang menyuguhkan pemandangan paling eksotis.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar