7 Kolam Natural Paling Indah Di Dunia
Minggu, 12 November 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Kolam Natural Paling Indah Di Dunia

1. Terme di Saturnia - Italia

Terme di Saturnia disebut-sebut sebagai salah satu sumber air panas alam terindah di dunia. Kolam air panas ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Tuscany, Italia. Letaknya di kota Manciano, tak jauh dari desa Saturnia.

Terme di Saturnia terdiri dari kolam-kolam terasering yang cantik. Masing-masing berisi air hangat kebiruan yang dikenal berkhasiat. Pemandangan pedesaan di sekitarnya pun tampak indah.

Kolam-kolam air panas di Terme di Saturnia bersumber dari mata air di Gunung Amiata yang mengalir hingga ke Maremma. Konon sumber air panas ini terbentuk berkat lemparan petir dari tangan dewa Saturnus. Petir dahsyat itu jatuh ke kawah gunung berapi yang lantas meluap dan menyatu dengan air sungai.

terme-di-saturnia-italia.jpg

2. Queen's Bath - Hawaii

 Keunikan Queen's Bath yang ada di pulau Kaua'i, Hawaii memang begitu kentara. Berupa kolam renang yang terbentuk dari lubang runtuhan di tepi laut lepas. Dikelilingi batuan lava beku layaknya spa tradisional mewah. Sumber airnya berasal dari ombak pasang yang terjebak di kolam. Dilansir Hawaiian Style Organization, di kolam itu pula terbentuk ekosistem kecil berisi aneka jenis binatang laut, mulai dari ikan hias, bulu babi, dan sejenis angelfish yang disebut ikan hantu oleh warga setempat.

Sebenarnya kolam pertama yang disebut Queen's Bath terletak di Kalapana. Begitu tempat tersebut hancur karena erupsi gunung berapi, lubang runtuhan di Kaua'i ini disebut Queen's Bath. Tetapi kolam ini memang dulunya biasa digunakan oleh para bangsawan untuk berendam dan melepas stres. Sekarang tak hanya kaum bangsawan, siapa pun bisa liburan romantis di sini.

queens-bath-hawaii.jpg

3. Kaminoko Ike - Jepang

 Kaminoko Ike atau kolam anak dewa adalah sebuah danau mungil yang menjadi salah satu objek wisata andalan Hokkaido. Tempat indah ini berada di kawasan Kiyosato-cho, dekat Ura Mashu (Danau Mashu).

Luas danau ini hanya 220 meter, sementara kedalamannya tak lebih dari 5 meter. Namun airnya sangat jernih, sehingga batang pohon yang sudah mati di dasarnya bisa terlihat jelas. Uniknya, suhu air Kaminoko Ike yang konstan sepanjang tahun, yaitu 8 derajat Celsius menjadikan batang pohon yang jatuh ke dasar tidak membusuk.

kaminoko-ike-jepang.jpg

4. Bimmah - Oman

Bimmah sebenarnya adalah lubang runtuhan di tengah tanah Muscat yang gersang. Namun tak sedikit pula yang menyebutnya sebagai sumur dan kolam natural terindah d i dunia. Merupakan bagian dari The Hawiyat Najm Park.

Kolam selebar 40 meter dengan kedalaman 20 meter ini dikenal karena keindahan airnya yang berwarna biru kehijauan. Di sana juga hidup sekumpulan ikan kecil yang gemar berkumpul di sekitar kaki pengunjung.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, Bimmah terbentuk karena meteorit yang jatuh berabad-abad lalu. Tetapi belum bisa dipastikan apakah mitos tersebut benar adanya.

Bimmah merupakan tujuan wisata yang cukup populer bagi warga Muscat. Kebanyakan datang ke sana untuk menikmati keunikan formasi alam tersebut.

bimmah-oman.jpg

5. Hamilton's Pool - Amerika Serikat

 Tentu bukan tanpa alasan jika Hamilton's Pool dijuluki kolam surga.Kolam renang alam ini memiliki segala keindahan, mulai dari air hijau permai, stalaktit yang menggantung indah di langit-langit gua, hingga air terjun setinggi 5 meter yang senantiasa mengucur deras.

Kolam yang terbentuk ribuan tahun lalu itu dikelilingi bebatuan kapur yang membentuk sebuah kolam setengah tertutup. Beberapa spesies burung juga hidup di sana. Tak ketinggalan sejumlah flora langka seperti canyon mock-orange, red bay dan chatter box orchid.

Hamilton's Pool terletak sekitar 37 km di barat Austin, Texas. Tempat ini sudah menjadi objek wisata favorit bagi warga setempat maupun wisatawan asing sejak tahun 1960-an.

hamiltons-pool-amerika-serikat.jpg

6. Cenote Ik Kil - Meksiko

 Cenote Ik Kil disebut-sebut sebagai salah satu lubang runtuhan terindah di muka bumi sekaligus pintu masuk menuju dunia lain. Kolam cantik dengan air berwarna biru gelap ini merupakan salah satu kolam sakral bagi bangsa Maya di masa lalu. Letaknya memang tak jauh dari reruntuhan pusat peradaban Maya, Chichen Itza.

Masyarakat sekitar menamakannya 'Cenote biru yang sakral'. Sebab sejak zaman peradaban Maya tempat ini digunakan sebagai penanda waktu dan diyakini sebagai pintu masuk ke alam roh. Namun para wisatawan tak ragu untuk menikmati keindahan Cenote Ik Kil dengan berenang atau sekadar duduk-duduk di tepiannya.

cenote-ik-kil-meksiko.jpg

7. Angel's Billabong - Indonesia

 Kalau Meksiko punya cenote dengan pemandangan magis, negara kita punya kolam alam yang disebut sebagai billabong milik para bidadari karena saking indahnya. Inilah Angel's Billabong, sebuah objek wisata tersembunyi di Nusa Penida, Bali.

Angel's Billabong adalah sebuah sungai bermuara buntu yang berada di tepi laut. Salah satu sungai yang mengalir di daratan Nusa Penida terjebak di ceruk-ceruk kecil, membentuk kolam temporer yang jernih.

Memandang Angel's Billabong dari atas batu karang saja kita sudah disuguhi pemandangan yang luar biasa. Air yang memenuhi ceruk billabong tampak berwarna biru kehijauan. Jika air laut sedang surut, wisatawan bahkan diperbolehkan mandi dikolam buatan alam tersebut. Rasanya seperti berendam di dalam infinity pool terbaik. Menyejukkan diri sembari memandang laut lepas yang terbentang di hadapan. Tak heran kalau tempat ini menjadi salah satu spot wisata yang paling dicari oleh wisatawan.

angels-billabong-indonesia.jpg

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar