7 Mainan Sederhana Pengganti Gadget Anak Yang Tidak Kalah Seru
Minggu, 03 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Mainan Sederhana Pengganti Gadget Anak Yang Tidak Kalah Seru

Hobi bermain gadget secara berlebihan akan menimbulkan kerugian, selain menjadi susah bergaul di dunia nyata, hal tersebut juga berdampak pada kesehatan mata dan yang lainnya.

Nah, untuk mengatasinya, tak perlu harus mengambil paksa gadget tersebut, kamu bisa memberikan mainan pengganti untuk menemaninya beraktivitas. Yuk simak mainan pengganti untuk sang buah hati.

Kelereng

                            sun-glass-game-colors-e1501745857905.jpg


Kelereng ini adalah salah satu mainan tradisional yang mudah didapat dan mudah dimainkan, bisa dimainkan di dalam rumah, di halaman rumah atau main di lapangan. Bermain kelereng bisa melatih konsentrasi saat membidik dan bisa membuka jendela pergaulan untuk anak-anak dengan teman-temannya. Namun, saat memberikan kelereng sebagai permainan, ada baiknya juga untuk memperhatikan usia sang buah hati. Kalau anak yang masih terlalu kecil diberikan mainan kelereng, bisa-bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan, seperti tertelan karena rasa ingin tahunya.

Karambol


Karambol bisa dimainkan di teras dengan pemain bisa lebih dari 2 orang. Permainan ini bisa membuat pikiran jadi lebih rileks dan santai. Karambol ini biasanya dimainkan oleh orang dewasa, namun untuk mengalihkan perhatian sang anak, kamu bisa mengajarkannya sejak kecil untuk sekedar ikut-ikutan.

Yoyo


Permainan yang sudah ada sejak Dinasti Ming ini memang selalu jadi permainan favorit sampai sekarang. Bukan hanya di kalangan anak-anak, orang dewasa pun juga banyak yang mendalami permainan yang satu ini. Yoyo biasanya terbuat dari kayu, plastik dan metal. Ada yoyo yang paling sederhana sampai yang dibuat untuk yang sudah profesional dengan material yang bagus. Untuk anak-anak, yoyo bisa jadi permainan seru yang menyibukkan mereka.

Kendama


Kendana adalah sebuah permainan dengan bola berlubang (tama) dan diikat dengan seutas tali ke sebuah palang (ken) yang bentuknya mirip sebuah palu. Permainan ini berasal dari Jepang dan bisa dibilang tingkat kesulitannya cukup tinggi dan menantang. Bahkan, sudah ada permainannya sampai tingkat nasional lho! Buat anak-anak, pasti permainan ini bisa membuat mereka penasaran dan asyik sendiri.

Fidget Spinner


Permainan yang satu ini memang masih menjadi trend sampai sekarang. Ada berbagai bentuk, motif dan material yang digunakan. Permainan ini dapat meningkatkan daya konsentrasi dan juga biasanya digunakan untuk mengisi waktu luang atau bahkan lagi berkonsentrasi sekalipun. Sekarang, fidget spinner ada yang berwarna-warni dengan lampu menyala yang lebih menarik lagi untuk anak-anak.

Diecast


Ada banyak merk mobil-mobilan yang ada di pasaran, dari harga yang murah sampai yang mahal sekalipun. Berbagai macam mobil-mobilan ini dapat disesuaikan dengan budget-mu. Untuk memilih Diecast sebaiknya disesuaikan dengan umur anak-anak dan menyesuaikan dengan proses pertumbuhan giginya. Bagian kecil dari mobil-mobilan tersebut pastinya kan berbahaya untuk anak kecil dengan rasa penasaran yang tinggi, terlebih lagi saat giginya baru saja tumbuh.

Diecast sendiri juga mudah dimainkan, bisa di lantai atau di track yang sudah disiapkan. Di pusat perbelanjaan juga biasanya sudah disediakan track untuk bermain dan berlomba.

Sepeda


Bersepeda juga bisa meningkatkan tingkat sosialisme yang tinggi dengan teman-teman sebaya. Sepeda juga bisa dimainkan sejak anak masih berumur 3 tahun. Selain untuk bermain, sepeda juga bisa bermanfaat saat lagi jalan-jalan agar sang anak tak perlu jalan kaki dan kelelahan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar