7 Makanan
Jum'at, 09 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

7 Makanan "Aneh" Orang British Ini Bakal Bikin Kamu Melongo. Tertarik Buat Coba?

Sudah menjadi nalar manusia untuk bertahan hidup, salah satunya dengan makan. Ke mana pun kamu pergi, cepat atau lambat, ujung-ujungnya pasti kamu butuh makan. Keberagaman manusia di dunia dan kreativitas nenek moyang kita dalam mengolah bahan makanan membuat ada banyak sekali pilihan jenis makanan di dunia.

Beda lidah, beda selera. Setiap negara pastinya punya makanan yang dianggap aneh bagi pendatang luar. Misalnya saja, Surströmming. Kudapan ikan asal Swedia ini dikenal dengan baunya yang super busuk, mampu membuat orang muntah. Ada juga gurita hidup di Korea dan serangga goreng di Thailand yang dianggap jijik banyak orang, tetapi umum dinikmati warga negaranya.

Akan tetapi, don’t judge a book by it’s cover. Terkadang keanehan ini hanya sebatas nama saja. Seperti orang Indonesia yang menikmati nasi kentut, sate kere, dan kuku macan, British people (sebutan untuk penduduk Britania) juga punya makanan "aneh" yang mungkin bikin kamu melongo saat pertama kali mendengarnya. Hmm.. Apa saja ya?

1. Spotted Dick

Spotted Dick

Spotted Dick via https://www.rte.ie

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah mendengarnya. Spotted Dick merupakan salah satu makanan UK yang paling populer karena sering menjadi sumber lawakan. Buat kamu yang belum ngeh juga, secara harfiah Spotted Dick berarti organ reproduksi pria. Dan organ reproduksi dengan bintik-bintik tentu bukan ide yang bagus.

Beberapa tempat di UK mencoba memperhalus dengan mengganti nama makanan ini menjadi “Spotted Richard”. Berbahan dasar lemak dan campuran buah-buahan kering, makanan yang sesungguhnya adalah puding ini biasa disajikan dengan saus custard kental yang manis. Kata “spotted” berasal dari kismis yang membuat puding bundar ini terlihat bertutul. Sementara “dick”, kemungkinan berasal dari kata Jerman “dicht” (tebal) atau “dough” (adonan).

2. Stargazy Pie

The Cornish Delicacy, Stargazy Pie

The Cornish Delicacy, Stargazy Pie via http://www.britain-magazine.com

Berbeda dengan pai yang biasanya kita kenal berisi buah dan ornamen manis lainnya,Stargazy Pie terbuat dari telur, kentang, adonan pai, dan potongan kepala ikan yang menghadap ke atas, seperti sedang memandangi bintang-bintang.



Hidangan ini biasa disajikan saat festival Tom Bawcock, seorang nelayan setempat yang hidup pada abad 16. Ia dikenal karena keberaniannya. Saat perahu tidak bisa berlabuh akibat musim dingin, penduduk desa yang bergantung pada ikan sebagai makanan pokok mereka mulai kelaparan.

Bawcock memberanikan diri untuk menangkap ikan bagi penduduk desa, sendirian. Sampai hari ini, kisah heroik Bawcock masih terus dirayakan dan Stargazy Pie masih populer di kalangan penduduk Cornwall.

3. Toad in a Hole

Quick Toad in a Hole

Quick Toad in a Hole via http://www.taste.com.au

Tidak, tidak. Tidak ada reptil yang digunakan untuk membuat makanan ini. Toad in a Holeatau secara literal, katak di dalam lubang sesungguhnya merupakan sosis yang dicampur dengan adonan puding, disajikan dengan saus bawang dan sayur-sayuran lainnya.

Asal namanya masih menjadi misteri. Ada yang beranggapan bahwa sosis yang terjebak dalam adonan puding terlihat seperti katak yang terendam dalam lumpur. Bagaimana menurut kamu, penampilannya menggoda bukan? Apalagi kalau disajikan dengan saus bawang yang banyak. Sayangnya, saat ini semakin sedikit orang yang mau mencobanya.

4. Black Pudding

For Pork Lovers

For Pork Lovers via https://www.tailfordmeats.co.uk

Entah enak atau eneg bagimu, tapi Black Pudding merupakan makanan rendah karbo, sumber protein dan zat besi yang tinggi. Terbuat dari darah dan lemak babi, sosis ini juga dicampur dengan banyak sekali sereal dan gandum dan bumbu seperti garam, bawang, lada, dan cengkeh.

Black pudding umum dijadikan salah satu lauk sarapan orang British, terkadang digoreng dan dipotong kecil-kecil.Walau terlihat berminyak, tetapi teksturnya kering di mulut dan rasanya sangat kuat. Kalau kamu tertarik mencobanya, jangan banyak-banyak ya karena makanan ini tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

5. Jam Roly Poly

Jam Roly-Poly

Jam Roly-Poly via http://www.goodtoknow.co.uk

Sesuai dengan namanya yang terdengar manis, Jam Roly-Poly merupakan kudapan lezat bagi kamu pecinta manis. Mirip seperti Swiss Roll, pudding berlemak ini dilapisi selai lalu kemudian digulung. Dipercaya sebagai puding pertama British yang muncul pada awal abad ke-19, Jam Roly-Poly biasa disantap sebagai makanan penutup.

Namun, jangan heran kalau nama lain dari pudding ini mengerikan. Jam Roly-Poly disebut juga Dead Man’s Arm/ Dead Man’s Leg karena biasanya disajikan di atas kain setelah dikukus, menyerupai gulungan lengan atau kaki yang berdarah.

6. Faggots

Classic British Faggots

Classic British Faggots via https://www.thespruce.com

Huss.. Ini bukan umpatan ya. Makanan ini benar-benar nyata dan berasal dari UK. Faggot terbuat dari campuran hati, jantung, dan lemak babi yang dibungkus lagi dengan daging babi, potongan bawang dan remahan roti. Makanan yang menjadi populer sejak perang dunia kedua ini cocok dimakan bersama kacang polong dan mashed potatoes.

Sayangnya, penggunaan kata “faggot” menimbulkan kontroversi karena memiliki dua makna. Istilah “faggot” bermakna pria homoseksual dalam bahasa Inggris yang umum digunakan orang Amerika. Sempat terjadi pemblokiran akun media sosial banyak orang Inggris yang menggunakan istilah faggot karena dianggap menyerang, padahal sesungguhnya mereka hanya mengekspresikan pendapat terhadap kuliner yang satu ini. Terlepas dari semua perdebatan yang timbul, diperkirakan puluhan juta faggots dikonsumsi setiap tahunnya.

7. Welsh Rabbit

Welsh Rabbit

Welsh Rabbit via https://www.seriouseats.com

Mirip seperti nasi kucing yang sama sekali tidak menyajikan daging kucing di dalamnya, jangan harap menemukan daging kelinci lucu saat membelah Welsh Rabbit. Sering juga disebut Welsh Rarebit, hidangan ini terbuat dari keju cheddar parut sebagai bahan dasarnya.

Setelah diparut, keju akan dicampur dengan bahan lainnya seperti krim, lada, garam, saus mustard, paprika, tepung terigu, dan sedikit bir. Setelah halus, campuran ini akan dioleskan di atas roti dan dipanggang hingga berwarna coklat keemasan. Rasanya? Tentu saja gurih. Apalagi jika disajikan bersama telur goreng dan daging asap. Yummy!

Jadi, sekarang sudah tahu kan wujud asli dari makanan-makanan aneh tersebut. Jangan sampai kamu melongo atau malah berpikiran ngeres ketika mendengar orang British makan Spotted Dick, ya. Dari semua makanan tadi, mana yang ingin segera kamu coba sobat 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar