7 Produk Baru yang Diumumkan Apple dalam Konferensi Tahunan WWDC 2017
Jum'at, 22 September 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Produk Baru yang Diumumkan Apple dalam Konferensi Tahunan WWDC 2017

Pada Juni 2017 ini, perusahaan teknologi Apple kembali menyelenggarakan konferensi tahunan mereka yang bertajuk Worldwide Developer Conference (WWDC). Dalam acara tersebut, mereka pun mengundang ribuan developer dari puluhan negara untuk berkumpul dan melihat produk serta software baru yang mereka hadirkan.

Berikut adalah hal-hal menarik yang diumumkan Apple dalam WWDC 2017.


HomePod

HomePod

Seperti ingin menyaingi Amazon Echo dan Google Home , Apple pun turut meluncurkan pengeras suara pintar bernama Homepod . Serupa dengan dua perangkat lain yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan Alexa dan Google Assistant, HomePod pun akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan terkenal milik Apple, yaitu Siri .

Perangkat ini mempunyai tinggi sekitar 18 cm, dan akan mulai dijual dengan harga US$349 (sekitar Rp4,6 juta) pada bulan Desember 2017.


iOS 11

iOS 11

Apple kembali meluncurkan sistem operasi terbaru mereka untuk perangkat mobile, yaitu iOS 11. Selain mengubah tampilan App Store, Apple pun menambahkan fitur “tidak bisa diganggu” dalam Maps yang akan aktif secara otomatis ketika kamu tengah mengemudi.

Dalam iOS 11, Apple pun mengintegrasikan aplikasi Messages dengan lebih banyak aplikasi lain, termasuk layanan pembayaran mereka yang bernama Apple Pay. Dengan begitu, nantinya kamu akan bisa mengirimkan uang kepada pengguna Apple Pay lain hanya dengan menulis pesan, seperti fitur yang dihadirkan aplikasi chatting Wechat  di Cina.


macOS High Sierra

macos High Sierra

Pada tahun 2016 lalu, Apple mengganti sistem operasi untuk perangkat desktop mereka dari OS X menjadi macOS Sierra. Tahun ini, mereka kembali meluncurkan sistem operasi desktop terbaru dengan nama yang tidak jauh berbeda, yaitu macOS High Sierra.

Dalam sistem operasi ini, Apple mengklaim kalau browser Safari mereka bisa berjalan delapan puluh persen lebih cepat. Aplikasi Mail nantinya akan bisa menunjukkan email yang lebih penting, sedangkan aplikasi Photo bisa memanfaatkan machine learning untuk mengelompokkan foto-foto kamu berdasarkan acara di mana foto tersebut diambil dan orang-orang di dalamnya.


watchOS 4

watchos 4

Seperti tidak mau ketinggalan dengan sistem operasi untuk mobile dan desktop, sistem operasi khusus smartwatch milik Apple pun turut mendapat pembaruan. Dalam sistem operasi bernama watchOS 4 ini, Siri bisa menampilkan informasi kemacetan dan agenda harian langsung di perangkat Apple Watch kamu.


MacBook dan iMac dengan prosesor baru

Macbook 2017

Apple kembali meluncurkan versi baru dari perangkat MacBook dan iMac yang dilengkapi dengan prosesor anyar dari Intel, yaitu Kaby Lake. Untuk MacBook terbaru, kamu beli membelinya dengan harga mulai dari US$1.299 (sekitar Rp17,3 juta).

Selain itu, Apple pun meluncurkan iMac Pro terbaru yang mempunyai prosesor berkekuatan 22 teraflop, memori sebesar 128 GB, dan ruang penyimpanan data sebesar 4 TB. Perangkat ini mereka jual dengan harga US$5.000 (sekitar Rp66,6 juta).


iPad yang lebih besar

iPad 2017

Setelah sebelumnya menghadirkan iPad dengan lebar layar 9,7 inci, kini Apple kembali menghadirkan iPad dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 10,5 inci dan 12,9 inci. Untuk iPad terbaru ini, Apple mengurangi lapisan tambahan (bezel) yang ada di pinggir layar sehingga bisa memuat layar yang lebih lebar.

iPad baru ini dilengkapi dengan prosesor A10X Fusion, memori mulai dari 64 GB, serta dukungan terhadap jaringan LTE. Perangkat tersebut akan dijual dengan harga mulai dari US$649 (sekitar Rp8,6 juta).


Augmented Reality Kit

ARKit

Facebook dan Google telah lebih dulu berinvestasi dan membuat produk di bidang augmented reality (AR), dan tampaknya Apple juga tidak mau ketinggalan. Dalam WWDC kali ini mereka pun menambahkan kemampuan untuk menampilkan AR dalam iPhone dan iPad, yang menjadikan mereka sebagai platform AR terbesar di dunia.

Apple merilis ARKit yang diharapkan bisa membantu para developer untuk mengembangkan teknologi AR di dalam iPhone dan iPad, baik dalam bentuk game, aplikasi edukasi, atau aplikasi lainnya.


Saat ini, berbagai hal yang diumumkan oleh Apple di WWDC 2017 baru akan tersedia untuk para developer. Pengguna umum baru bisa menikmatinya sekitar bulan Oktober 2017 nanti.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar