7 Taktik Ampuh Jadi Freelancer Semakmur Full Timer
Selasa, 28 November 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Taktik Ampuh Jadi Freelancer Semakmur Full Timer

Bikin portfolio online

laptop-mobile

Karena kamu bakalan menjadi seorang yang professional di dunia maya, modal utama yang wajib kamu miliki adalah portfolio online. Nggak semua perusahaan memaksamu untuk ikut interview secara tatap muka langsung, beberapa dari mereka cuma butuh portfolio dan mungkin sesekali interview by phone ataupun Skype. Selanjutnya, setelah semuanya udah deal, kamu bakalan langsung dikasih kontrak kerja yang juga dikirim by email.

Jadi, kalau kata para HR “first impression is important“, first impression-mu adalah portfolio online-mu, bukan penampilan secara asli. Makanya, penting banget tuh yang namanya selalu memperbaharui portfolio-mu.

Buat image diri yang baik di sosial media

pexels-photo

Karena sang pencari kerja nggak bisa menilai kamu secara langsung tatap muka, bukan hal yang nggak mungkin mereka bakalan mencoba untuk menjelajahi datamu di internet dan juga sosial media. Pastiin kamu udah membuat image diri yang baik di sosial media. Biar aman, kamu bisa nge-private beberapa akun sosial mediamu dan hindari nge-share berbagai berita ataupun informasi yang menurunkan nilai dirimu.

Tetapkan harga

pexels-photo (1)

Bukan karena kamu adalah seorang freelancer tandanya kamu nggak patut mendapatkan angka yang tinggi. Justru, freelancer bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dibandingkan para pekerja full time, lho! Oleh karena itu, untuk meningkatkan image diri, tetapkan bahwa kamu adalah freelancer yang sudah punya harga dan juga berkualitas. Kalau memang budget sang klien nggak sesuai dengan rate-mu, jangan ragu untuk menolak sambil menjelaskan alasannya.

Ingat, kamu menjadi freelancer bukan karena nggak mendapatkan pekerjaan full time, namun karena kamu memang ingin bekerja secara individual dan terbebas dari ikatan.

Buat jadwal yang rapih

pexels-photo (2)

Freelancer bisa dibilang pekerja serabutan. Kamu bekerja kapanpun dan dimanapun semaumu, terlebih lagi kalau kamu sedang mengerjakan beberapa projek dalam satu waktu. Buatlah jadwal yang rapih biar kamu bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk mengerjakan berbagai projek. Jadwal yang rapihpun akan membuat namamu lebih professional dan juga terlihat menjanjikan.

Buatlah kartu nama

coffee-smartphone-desk-pen

Memang nggak sebuah klien kamu temukan secara online, sih. Bakalan ada suatu saat kamu nggak sengaja ketemu orang yang akhirnya malah bisa menjadi rekan kerja. Meski kamu bekerja sebagai individual, akan lebih baik kalau kamu punya kartu nama yang selalu kamu bawa-bawa kemana-mana. Setiap ketemu orang baru, jangan ragu untuk langsung berikan kartu namamu. Meski individu, tapi kamu terlihat lebih matang dan professional!


Jangan ragu untuk mencoba banyak hal

pexels-photo-48727

Beberapa projek dikontrak dalam waktu yang panjang, namun sebagian lainnya hanya untuk jangka pendek. Untuk hal tersebut, nggak ada salahnya untuk menjadi peluangmu belajar hal baru. Meskipun hal tersebut sangat “baru” untukmu, tapi, menjadi freelancer itu sebenarnya peluang untuk belajar dan mencoba hal baru lho yang mempertemukanmu dengan hal yang benar-benar kamu suka.

Luaskan pergaulan!

pexels-photo-108069

Karena kamu bekerja sebagai individu dan mengandalkan internet serta sosial media aja nggak cukup, akan lebih baik kalau kamu juga tetap memperluas pergaulan. Bukan hanya untuk hiburan semata, tapi juga untuk memperluas jaringan serta membuka peluang untuk mendapatkan klien. Sebagai freelancer, pekerjaan datang dari mana aja, lho! Kalau kamu lagi kerja di coffee shop, jangan ragu untuk berkenalan dan ngajak ngobrol orang sekitarmu.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar