7 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Pulau Penang
Jum'at, 01 September 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Pulau Penang

Penang Hill

wisata Penang

Penang Hill atau Bukit Bendera, merupakan atraksi utama di Penang. Untuk menuju stasiun Bukit Bendera, bisa menggunakan Uber/Grab ataupun dengan bis Rapid Penang. Tiket masuk ke Penang Hill adalah RM 30 atau berkisar Rp 100.000/orang. Setelah membeli tiket kamu akan diajak naik kereta untuk menuju puncak tertinggi di Penang. Jangan kaget kalau ketika track kereta menuju puncak adalah sangat curam. Sesampainya di puncak, pengunjung akan disuguhi pemandangan seluruh kota Penang dari puncak tertinggi.

Komtar

Komtar atau kepanjangan dari Kompleks Tun Abdul Razak, adalah merupakan kompleks gedung perkantoran yang diberi nama dari mantan Perdana Mentere Malaysia, Tun Abdul Razak. Bisa dibilang Komtar merupakan pusat dari Pulau Penang dengan pusat perkotaannya yaitu di Georgetown. Di selain gedung perkantoran, di Komtar ini juga terdapat terminal bus dan pusat perbelanjaan.


Yang paling menarik dari Komtar ini adalah adanyaobservatory deckyang baru saja dibuka tahun 2016 lalu. The TOP@Komtar, merupakangedung tertinggi di Georgetown denhan ketinggian sampai 68 lantai. Dari lantai teratas gedung ini, selain dimanjakan oleh pemandangan kota Georgetown dari atas gedung, pengunjung juga bisa berfoto diatas lantai kacaRainbow Skywalk. Untuk bisa menikmati seluruh atraksi di The TOP@Komtar, biayanya RM 118 atau sekitar Rp 380.000.

Heritage Site

wisata Penang

Georgetown sebagai pusat kota Penang tentunya menjadi kota tujuan turis ketika berkunjung di Penang.Heritage Sitealias situs-situs warisan budaya di Penang berlokasi tidak jauh dari Komtar.Heritage siteini kurang lebih seperti Kota Tua yang kita miliki di Jakarta. Isinya merupakan bangunan-bangunan lama yang kini digunakan sebagai hotel, cafe, ataupun ruko-ruko. Namun justru karena keasliannya, lorong-lorong jalan dengan hiasan bangunan-bangunan kuno yang tertara apik inilah yang menjadi daya tarik utama dari kota Georgetown. Saking lawasnya kota ini, Georgetown bahkan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site.Pusat situs-situs lawas dari kota Georgetown ini bisa ditemukan di Lebuh Campbell, Lebuh Chulia, Armenian Street, Jalan Kapitan Keling, dan sekitarnya.

Street Art

wisata Penang

Keunikan lain dari Penang yang jarang ditemukan di kota-kota lain adalah adanyastreet artataumuralsebagai atraksi dari kota ini.Street artbisa ditemukan di banyak tempat di Georgetown salah satunya di Armenian Street dan Lebuh Pantai. Gambarstreet artberikut ini adalah yang paling dicari dan menjadi spot foto paling ramai di Georgetown.

Hawker Food Center

wisata Penang

Selain situs-situs kuno, Penang juga terkenal dengan makanan tradisionalnya. Makanan khas yang terkenal di Penang adalahChar Kway Teow alias Kwetiau, Theochew Chendul alias Es Cendol, dan Nasi Kandar alias nasi rames khas India. Pada malam hari banyak sekali pusat makanan tradisional yang menjajakan makanan-makanan tersebut. Beberapa pusat jajanan tradisional alias Hawker Food Center yang terkenal misalnya yang berada di Lebuh Kimberley, Gurney Drive, Lebuh Chulia, dan Pulau Tikus.

Chew Jetty

wisata Penang

Pulau Penang merupakan pulau tersendiri yang terpisah dari dataran benua Asia. Sehingga selain dikelilingi oleh pesisir pantai, tentunya Penang memiliki pelabuhan ferry yang sangat sibuk. Tidak jauh dari pelabuhan ferry, terdapat desa terapung yang kini menjadi resto dan market terapung Chew Jetty. Memasuki sepanjang lorong terapung di Chew Jetty, kanan dan kirinya menjajakan souvenir khas Penang ataupun jajanan. Diujung lorong akan berpapasan langsung dengan laut, dimana wisatawan bisa berfoto-foto.

Batu Feringghi

wisata Penang

Tempat terakhir ini merupakan bonus kalau kamu sudah bosan dengan penampakan kota tua dan gedung-gedung lawas. Melipir sedikit dari Georgetown, ke arah Batu Ferringhi kamu akan menemukan pemandangan yang tak kalah indah dari Senggigi, Lombok. Untuk bisa sampai ke Batu Ferringhi perlu melewati jalanan yang rindang dan berliku, persis seperti ketika melewati sepanjang jalan Senggigi. Namun jangan berharap banyak, pantai di Batu Ferringhi tidak menawarkan bar-bar atau lounge pinggir pantai. Yang bisa dilakukan selain melihat sunset di pantai Batu Ferringhi adalah bermain water sports

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar