7 Tips Meraih Kebahagiaan Dalam Hidup
Sabtu, 30 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

7 Tips Meraih Kebahagiaan Dalam Hidup

Semua orang pasti ingin memiliki perasaan bahagia di dalam hidupnya. Karena hidup ini terlalu singkat untuk bersedih. Tapi tahukah bahwa sering kali pikiran kita yang membuat diri sendiri menjadi tidak bahagia, misal “ahh saya baru bahagia jika saya sudah punya pasangan, saya pasti bahagia jika gaji saya besar, saya akan bahagia jika sudah memiliki anak, rumah dan mobil, saya baru bahagia jika saya bisa keliling dunia, dan seterusnya.”

Pemikiran yang salah dan keliru membuat sebagian dari kita mendefinisikan arti kata “bahagia” sebagai suatu keadaan di mana semuanya terkendali dengan baik. Padahal tidak demikian. Siapa yang dapat menjamin kebahagiaan akan selalu ada dalam hidup? Pastinya tidak ada. Tuhan pun tak pernah berjanji langit selalu biru, tetapi Dia berjanji akan menepati firman-Nya. Lantas apa saja sih cara agar hidup ini menjadi bahagia? Berikut tipsnya.

Kendalikan pikiranmu

                                        tips meraih kebahagiaan

Percayalah bahwa pemikiran negatif akan membuatmu lebih susah mengendalikan kebahagiaan yang seharusnya kamu rasakan. Misal, ketika kamu datang ke acara pernikahan, tiba-tiba ada sekelompok orang berbisik-bisik di dekatmu. Lalu kamu langsung mengira bahwa mereka sedang membicarakan dan menjelek-jelekkan kamu, padahal belum tentu juga bisa juga mereka sedang membicarakan hal lain. Namun karena pikiran yang negatif maka suasana pesta jadi tidak menarik lagi. Seharusnya bisa bahagia karena datang bersama pasangan dan bertemu dengan teman-teman lama tetapi terhapus oleh pikiran negatif.

Senantiasa bersyukur

                                     tips meraih kebahagiaan

Apapun yang terjadi kita harus tetap bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan. Ingatlah, tak semua orang seberuntung kita. Uang tak pernah menjamin sebuah kebahagiaan. Ada beberapa orang memiliki banyak kekayaan namun khawatir akan hidupnya, karena semua teman-temannya hanya mendekat saat dia punya uang. Punya teman di saat kamu susah adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

Menikmati semua dengan sukacita

                                     tips meraih kebahagiaan

Pernahkah kita mendengar kisah sepasang suami istri yang tetap berbahagia walau dalam keadaan susah dan tidak punya uang? Ya, karena mereka tidak menganggap uang sebagai sumber kebahagiaan, meskipun hanya bisa menikmati secangkir teh bersama pisang goreng pun bisa membuat mereka bahagia.

Kendalikan tutur kata negatif

                                 tips meraih kebahagiaan  

Lebih baik mana mengucapkan “Oh, langit begitu mendung pasti akan turun hujan, aku benci saat hari hujan jadi tidak bisa ke mana-mana atau langit mendung berarti akan ada hujan berkat untuk bumi, biar tanaman menjadi segar sehingga bisa bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Berhenti untuk membanding-bandingkan dengan orang lain

                              tips meraih kebahagiaan

Di atas langit selalu ada langit, membanding-bandingkan dengan orang lain tak pernah membuat hidupmu menjadi puas akibatnya kita tidak merasa bahagia. Berhenti merasa iri dengan apa yang telah dicapai oleh orang lain. Sebaliknya berusahalah sebaik-baiknya agar apa yang kita cita-citakan bisa tercapai. Mengucap syukur selalu atas apa yang telah kita miliki.

Berhenti mencari permusuhan

                                  tips meraih kebahagiaan

Tidak ada damai bagi orang yang mendengki. Memang tak semua orang bisa menyukai kita, tapi alangkah baiknya jika kita membalas kejahatan dengan kebaikan. Lebih baik bersahabat daripada menciptakan permusuhan. Jika ada teman kita yang berusaha memancing untuk bermusuhan segera upayakan untuk mengadakan perdamaian dengannya.

Tersenyumlah

                                tips meraih kebahagiaan

Tidak ada cara ampuh untuk mendatangkan kebahagiaan selain dengan tersenyum. Senyum yang tulus dapat mencairkan suasana yang kaku. Tak ada senyum setulus senyuman bayi yang membuat dua orang yang tadinya tak saling kenal di dalam sebuah perjalanan kereta yang membosankan menjadi mengobrol dan menjadi akrab.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar