8 Makanan dan Minuman Kekinian yang Sedang Hits di Indonesia
Minggu, 12 Agustus 2018
ok nusantara
Bagikan

8 Makanan dan Minuman Kekinian yang Sedang Hits di Indonesia

  • Layaknya fashion dan kecantikan, dunia kuliner juga memiliki tren tersendiri.

Makanan Hits (COV)
Beberapa tahun yang lalu, mie instan pedas Samyang sempat mendominasi dunia kuliner Tanah Air. Ketenarannya disusul dengan maraknya kedai yang menjadikan kue cubit setengah matang sebagai menu primadona.
Makanan tradisional khas Indonesia ini langsung naik kelas jadi camilan seharga puluhan ribu. Kue cubit didandani dengan sederet topping kekinian. Seperti nutella, oreo, fruit loops, hingga ovomaltine.

Setelah itu, muncul martabak kekinian yang tak kalah gaul. Martabak delapan rasa namanya. Aneka warung martabak yang sudah lama berdiri pun tak mau ketinggalan tren dengan ikut menciptakan kreasi ini.

Martabak Gelato Taro dan Oreo

Martabak Gelato Taro dan Oreo (Foto: Instagram/@eatandtreats)
Martabak delapan rasa adalah martabak bundar yang toppingnya terdiri dari delapan slice rasa yang berbeda. Seperti ovomaltine, nutella, Kit Kat, oreo, red velvet, Cha Cha, dan masih banyak lagi. Super nikmat.
Namun perputaran tren makanan kekinian di Tanah Air telah bergeser cukup jauh. Kini, minuman santai seperti kopi dan thai tea justru mendominasi tren kuliner Ibukota.
Makanan dan minuman apa saja sih, yang sedang hits di Jakarta? Ini dia daftarnya!
1. Es Kopi Susu
Kalau minuman yang satu ini, agaknya sudah tak perlu lagi diragukan popularitasnya. Lebih dari puluhan kedai kopi penjual es kopi susu muncul bak jamur di musim hujan.
Mulai dari yang terjangkau seharga belasan ribu hingga yang mahal, semua ada. Sederet kedai es kopi susu yang terkenal adalah Toko Kopi Tuku, Animo, Kopi Itu Kata, Sagaleh, hingga Dua Coffee.
Rasa pahit dan segar segelas es kopi susu sempurna dijadikan sebagai pelepas dahaga di siang hari.
2. Pisang Nugget
Ini dia camilan hits yang sedang membanjiri timeline media sosial kamu!
Sejatinya, pisang nugget merupakan potongan pisang goreng yang kulitnya dibalut dengan tepung roti renyah. Persis layaknya chicken nugget yang sering kamu jumpai.
Biasanya, pisang nugget dijual dengan aneka topping kekinian yang menggiurkan. Seperti lelehan cokelat, parutan keju, lelehan nutella, ovomaltine, greentea, dan masih banyak lagi.
Digigit saat masih panas, kenikmatan pisang nugget yang meleleh di dalam mulut dijamin akan membuat kamu ketagihan! Rata-rata, pisang nugget dijual mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribuan, tergantung topping yang kamu pilih.
3. Salted Egg Chicken

Kalau makanan yang satu ini, sudah bertengger cukup lama di puncak tren kuliner hits Tanah Air. Adalah Salted Egg Chicken atau ayam telur asin.
Menu ini terdiri dari potongan ayam atau chicken fillet empuk yang digoreng tepung. Pada bagian luarnya, salted egg chicken bermandikan saus telur asin yang gurih dan nikmat.
Salted egg chicken biasanya disajikan sepaket dengan nasi putih panas dan telur mata sapi. Dijual dengan porsi yang pas, menu ini sukses menggaet banyak penggemar.
Ada banyak toko online dan offline yang menjual menu ini. Seperti Salt Inc, Eatlah, SEC Bowl, Sunny Fat Day, dan masih banyak lagi.
Rata-rata menu ini dijual seharga Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribuan.
4. Thai Tea
Minuman asal Thailand ini entah bagaimana caranya berhasil menjadi jawara tren minuman Tanah Air. Yang terjangkit virusnya tak hanya Jakarta, namun juga kota-kota besar Indonesia lainnya.
Thai tea sendiri terbuat dari seduhan teh yang dicampur susu ketal manis atau susu evaporasi yang nikmat. Racikan thai tea yang masih hangat kemudian dicampurkan ke dalam segelas es batu segar. Tiada duanya!
Pemain Thai Tea yang sukses menghebohkan tren ini adalah Dum Dum dan Chapayom. Minuman ini dijual sekitar Rp 20 ribuan.
Satu tren thai tea yang mulai mendominasi adalah dua minuman yang disajikan dalam satu gelas yang sama. Pas untuk dinikmati berdua!
5. Egg Cheesetart
Siapa yang tak menyukai keju?
Tingginya minat orang-orang terhadap keju agaknya berperan besar dalam menentukan keberhasilan camilan ini.
Banyak bakery berlomba-lomba meluncurkan menu egg cheesetart masing-masing. Namun yang paling terkenal adalah Paul dan Hokkaido Baby. Selain itu, ada Breadlife, Ezo Cheesecake, dan Maquis.
Cake bertema keju lainnya yang tak kalah populer adalah Uncle Tetsu dan Fuwa Fuwa. Hanya saja, teksturnya berupa pillow cake atau bolu lembut yang lumer di mulut.
Rata-rata egg cheesetart dijual seharga Rp 30 ribuan, sedangkan Uncle Tetsu berada di angka Rp 80 ribuan.
6. Bola Ubi Kopong
Camilan jadul asli Indonesia ini kini menjelma jadi kudapan lucu dan menggemaskan. Semua berkat bentuk lucunya yang bulat sempurna.
Sesuai namanya, bola ubi kopong sama sekali tak memiliki isi, alias kosong. Rasa manis dari kulit renyah dan kenyal jadi daya tarik utama camilan ini.
Biasanya, camilan ini bisa kamu temukan di gerobak atau kedai mobil pinggir jalan. Tak sedikit pula yang dijual di kantin atau pujasera makanan.
Bola ubi kopong yang hits di Jakarta adalah Bollo.id, Bobi.bolaubi, dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat terjangkau, berkisar Rp 500 hingga Rp 2000an. Jika kamu membelinya secara online, untuk 10 bola ubi bisa dihargai Rp 25 ribuan.
7. Jus Mangga Kekinian
Kamu pasti tak asing lagi dengan minuman oranye yang mendadak muncul di mana-mana ini. Adalah jus mangga kekinian yang disajikan lengkap dengan whipped cream dan potongan mangga nan segar dan manis.
Semuanya terbuat dari mangga asli. Super kental dan menyegarkan!
Jus mangga yang paling fenomenal adalah King Mango. Sejak dibuka beberapa bulan lalu, King Mango selalu disebut pembeli setiap saat. Bayangkan saja, antriannya selalu mengular hingga membuat setiap pembeli harus antri hingga dua jam!
Segelas King Mango dibanderol seharga Rp 50 ribu
Saking fenomenalnya, outlet minuman asal Thailand ini membuat industri kuliner Tanah Air jadi latah. Kini, ada sangat banyak outlet minuman serupa yang hadir dengan harga terjangkau. Sudah pernah mencobanya?
8. Sate Taichan
Kuliner yang satu ini terkenal bersarang di kawasan Senayan. Sate Taichan sendiri sudah terkenal kelezatannya sejak dua tahun lalu.
Makanan ini sejatinya terdiri dari potongan daging ayam empuk terbalutkan racikan bumbu gurih khas Taichan yang terbuat dari garam dan jeruk nipis.
Sate ini disajikan polos tanpa bumbu kecap ataupun kacang dan dinimati bersama sambal super pedas dan lontong.
Kedai taichan yang terkenal adalah Sate Taichan Amir dan Sate Taichan 87 Bang Ocit. Keduanya berada di antara puluhan kedai Taichan yang bejejer rapi di pinggiran kawasan Senayan. Satu tusuknya dibanderol Rp 2500.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar