Air Terjun Penglebur Gongso
Sabtu, 25 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

Air Terjun Penglebur Gongso

Air Terjun Curug Panglebur Gongso

img-1487993081.jpg

Air Terjun Curug Panglebur Gongso terletak di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah.

Curug Panglebur Gongso atau serta dinamakan oleh penduduk lebih kurang juga sebagai Curug Gonso, berada di kaki bukit Gunung Ungaran. Curug ini mempunyai ketinggian kurang lebih 7 m saja & di bawahnya terdapat kolam yg sanggup difungsikan buat mandi atau berenang. Tidak jauh dari curug ini terdapat Air Terjun 7 Bidadari berada.

Mitos yg ada menyatakan bahwa air terjun itu dulunya ialah second pertapaan Aditya Kumbokarno, tokoh dalam pewayangan ramayana yg berujud raksasa tetapi berhati ksatria, dalam usahanya melebur dosa yg gugur dalam pertempuran membela negaranya, Alengka. Nama “Panglebur Gongso” sendiri diambil dari ksatrian Kumbokarno berasal. Sebelum bertolak raksasa ini meninggalkan jejak kaki yg hingga waktu ini masihlah nampak dibebatuan atas grojoggan. Tidak Hanya itu terdapat pula suatu goa, yg terletak di kanan bawah curug, yg menurut mitos penduduk setempat tembus hingga kemasjid demak. Goa ini kepada satu buah peluang sempat dieksplorasi oleh sekian banyak mahasiswa yg sampai kedalaman 100 m tetapi masihlah belum terlihat ujungnya.

img-1487993120.jpg

Terletak kira kira 10 kilo meter ke arah utara dari obyek wisata Candi Gedung Songo. Buat menuju tempat curug ini lumayan gampang & akan di diraih dgn kendaraan pribadi atau umum bersama keadaan jalan yg telah beraspal mulus berkelok-kelok. Akses jalan menuju ke curug ini sanggup ditempuh lewat Boja – Limbangan, atau dari arah Sumowono turun menuju Limbangan. Cuma saja benar-benar utk angkutan umum di saerah tersebut agaknya jarang.

Jikalau dari terminal Sumowono naik angkot menuju Limbangan bersama tarif Rupiah 3000 sekali jalan. Turun di desa Gondang. Altrnatif lain mampu menyewa ojek atau menumpang kendaraan bak terbuka yg tidak sedikit mangkal di terminal tersebut.

Seterusnya perjalanan dilanjutkan dgn berjlan kaki dari tempat parkir menuju tempat curug bersama dikala tempuh kira kira 30 menit. Sedia lokasi buat parkir & serta bayak terdapat warung-warung bakul makanan. Karcis masuk Rupiah 3000 per orang.

Tips

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Curug Panglebur Gongso, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Curug Panglebur Gongso sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

 Fasilitas yang ada:

1. Area parkir yang cukup luas dan teduh ( untuk sepeda motor )
2. Wisata pemandangan air terjun
3. Kantin / warung
4. Toilet ada 2 berada dilokasi parkir dan dibawah dekat air terjun.
5. Mushola ( baru dibangun ) jika ingin Sholat ada masjid di perkampungan dekat pintu masuk.



Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar