Akutuq Es Krim Unik Khas Eskimo
Sabtu, 30 Desember 2017
ok nusantara
Bagikan

Akutuq Es Krim Unik Khas Eskimo

Akutuq, es krim unik khas Eskimo yang terbuat dari salju, ikan, dan beri

Pernah mendengar tentang akutuq atau akutaq? Ini adalah es krim khas suku Eskimo. Ada juga yang menyebutnya es krim Indian atau Alaska. Uniknya, jajanan ini dibuat dari campuran berbagai lemak hewan, daging ikan, dan buah beri.

Dilansir Smithsonian Mag, nama akutuq berasal dari Yup'ik bahasa penduduk asli Alaska yang berarti 'mengaduk'. Sesuai namanya, es krim ini memang dibuat dengan mengaduk bahan-bahannya menggunakan tangan.

Akutuq dibuat dari berbagai macam bahan. Setiap keluarga yang tinggal di Alaska memiliki resep warisan yang berbeda. Namun pada dasarnya makanan ini dibuat dari lemak hewan yang diaduk dan didinginkan.

20170909162809-1-akutuq-002-tantri-setyorini.jpg


Dilansir What's Cooking America, akutuq tradisional dibuat dari ikan segar. Ikan segar yang baru dipancing langsung dibersihkan, ditumbuk, dituang ke atas tumpukan salju, kemudian diaduk sampai menjadi es krim. Hidangan ini biasanya disantap bersama keluarga dan tetangga setelah perburuan beruang kutub. Akutuq yang lebih modern biasanya dibuat dari lemak hewan yang sudah dibekukan atau dijadikan minyak, air, daging ikan rebus, gula, dan buah beri segar.

20170909162809-2-akutuq-001-tantri-setyorini.jpg


Lemak hewan yang digunakan biasanya berasal dari minyak anjing laut, rusa, caribou, beruang kutub, atau ikan paus. Penambahan minyak zaitun semakin umum digunakan. Tak jarang darah dan telur ikan juga ditambahkan ke dalam racikan akutuq. Sementara untuk buah yang digunakan, salmonberry dan blueberry liar paling populer.

Saat ini, keluarga-keluarga di Alaska membuat akutuq dalam jumlah besar untuk persediaan jajanan bagi tamu. Meskipun es krim dan ikan terdengar kurang membangkitkan selera, mereka yang sudah pernah mencicipi menyebut makanan ini sangat lezat. Rasanya khas dan meleleh nikmat di dalam mulut. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar