Alat Pertanian Modern
Jum'at, 07 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Alat Pertanian Modern

10 Alat Pertanian Modern yang Bisa Dijadikan Referensi Oleh Petani Indonesia

1. Rotavator

img-1491532458.jpg

Rovaktor merupakan salah satu alat yang dimanfaatkan untuk pengolahan tanah pertama dan bisa juga pengolah tanah kedua. yang dimaksud pengolah tanah pertama yaitu, saat mulai memotong, mencacah dan juga membolak balik tanah. Sedangkan dikatakan pengolah tanah kedua adalah saat mulai merapikan tanah, menghancurkan tanaman pengganggu serta memperbaiki tata air.

2. Cultivator

img-1491532449.jpg

Cultivaktor yaitu sebuah alat yang digunakan sebagai penyiangan tanaman. Maksud dari penyiangan adalah sebuah pemeliharaan bukan pengolahan.

3. Bajak Singkal Modern

Bajak Singkal Modern

Bajak singkal modern yaitu sebuah alat untuk yang bisa digunakan untuk membolak balikkan tanah. Dalam hal ini, diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu bajak singkal satu arah dan bajak singkal dua arah. Namun, gambar diatas merupakan contoh bajak singkal jenis dua arah.

4. Garu Sisir Modern

Garu Sisir Modern

Garu sisir ini memang biasa di gunakan oleh para petani setelah pengolahan bajak sangkal. Dalam proses ini dilakukan pada sawah ketika dalam kondisi basah supaya nantinya tanah yang bongkah bongkah dapat menjadi gembur.

5. Mesin Penanam Padi Modern (NSPU-68C)

Mesin Penanam Padi Modern (NSPU-68C)

Mesin ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menanam padi dengan sangat mudah. Anda cukup mengoperasikannya seperti halnya menyetir mobil, mesin ini dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik.

6. Mesin Penanam Jagung Modern (BW2BJG-4)

Mesin Penanam Jagung Modern (BW2BJG-4)

Mungkin inilah satu-satunya alat dalam kategori daftar ini yang dimiliki Indonesia. Meski masih jarang orang yang mempunyai alat berukuran mini ini, namun mesin ini dapat menanam jagung dengan sangat cepat.

7. Alat Penyemprot Modern (600-Gallon Sprayers)

Alat Penyemprot Modern (600-Gallon Sprayers)

Kendaraan ini memang memang dapat membantu Anda dalam menyemprot tanaman dengan sangat mudah dan efektif. Akan tetapi, Indonesia sendiri sampai saat ini masih belum memiliki.

8. Mesin Irigasi Modern (Irrigation Machine)

Mesin Irigasi Modern (Irrigation Machine)

Alat ini memang dimiliki oleh beberapa negara maju saja, dan Indonesia sendiri sampai sekarang masih berusaha menciptakan alat super besar ini.

9. Mesin Pemanen Kentang Modern

Mesin Pemanen Kentang Modern

Selanjutnya adalah mesin yang dapat membantu para petani dalam memanen hasil kentangnya. Mungkin dengan adanya ini, para petani akan lebih mudah dalam memanen kentang daripada harus mengambilnya secara manual.

10. Mesin Pemanen Tebu Modern

Mesin Pemanen Tebu Modern

Mesin beroda empat ini memang di desain khusus untuk memanen hasil tebu dengan sangat mudah. Namun sayang, Indonesia juga belum memiliki mesin yang satu ini sehingga para petani masih menggunakan cara manual yaitu dengan menebangnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar