ANEKA JAJANAN DARI KETAN
Sabtu, 29 April 2017
ok nusantara
Bagikan

ANEKA JAJANAN DARI KETAN

Ingat nggak apa jajanan masa kecilmu yang nggak bisa kamu lupakan sampai hari ini? Bicara soal jajanan masa kecil, nggak bisa dipungkiri bahwa saat ini keberadaan jajanan tradisional mulai berkurang dan sulit untuk ditemukan lagi. Padahal jajanan tradisional enak-enak dan bergizi lho.
Sadar atau nggak ternyata jajanan tradisional dalam negeri itu hampir sebagian besar terbuat dari ketan. Sebagaimana dihimpunbrilio.netdari berbagai sumber, Jumat (27/5), berikut 10 jajanan dari ketan yang akan membuatmu kangen masa kecil.

1. Kue tepung beras isi gula.

Tepung ketan putih dan gula merah menjadi bahan utama pembuatan kue ini. Sangat pas buat sarapan.

2. Kue getas ketan.

Jauh sebelum sarapan dengan roti atau sereal populer di Indonesia, masyarakat kita punya sarapan tradisional yang nggak kalah enak dan bergizinya yaitu kue getas ketan.

3. Lupis.

Yummy banget kan. Lupis ini terbuat dari beras ketan, kelapa parut dan gula aren. Pasti waktu kecil jajanan manis ini sangat akrab bagimu.

4. Bolu kukus ketan.

Ketan pun bisa dibikin bolu kukus kayak gini lho.

5. Kue Mochi.

Tepung ketan, tepung berasm tepung maizena, gula pasir, tepung tapioka, air dan garam adalah bahan-bahan penyusun mochi. Hayo ngaku dulu nenek kamu sering ngasih oleh-oleh mochi nggak?

6. Onde-onde.

Makanan dari tepung ketan yang masih eksis dan mudah ditemui saat ini adalah onde-onde. Camilan ala supermarket tidak bisa menggeser keberadaan onde-onde deh. Kapan terakhir kali kamu makan onde-onde?

7. Gemblong.

Pecinta makanan manis pasti pernah mencicipi gemblong deh. Jangan ngaku pecinta kuliner kalau nggak tau jajanan ketan satu ini.

8. Kue tepung beras ketan tabur abon.

Ternyata olahan jajanan ketan itu nggak selalu untuk makanan manis lho. Dikombinasikan dengan abon juga bisa kayak kue tepung beras ketan tabur abon.

9. Awug-awug tepung ketan.

Ini menu sarapan dari ketan yang paling hits nih, awug-awug tepung ketan. Kamu pernah pasaran pakai jajanan ini?

10. Klepon tepung ketan.

Klepon pastinya udah pada tahu dong ya? Makanan manis satu ini hampir terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar