Aneka Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian
Senin, 24 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Aneka Makanan Tradisional Yang Dibuat Dari Buah Durian

Hasil gambar untuk aneka makanan terbuat dari buah durian

Kamu Pecinta Durian? Ini Dia 10 Makanan Olahan dari Durian yang Wajib Dicoba

Pastinya Toppers kenal dengan buah berkulit duri tapi dagingnya lembut dan creamy ini? Yup, ialah durian. Buah yang dijuluki sebagai “King of Fruits” ini memang banyak digemari oleh orang Indonesia. Wajar aja yah Toppers, karena selain enak dan legit, buah yang satu ini juga mengeluarkan aroma unik yang tidak dimiliki oleh buah lain.

Toppers salah satu orang yang cinta mati sama durian? Waahh kalau lagi musim durian, pasti surga banget tuh. Selain nikmat dinikmati secara langsung, kamu juga bisa menikmati durian dengan cara lain yaitu dengan mencoba makanan yang terbuat dari olahan durian. Apa saja yah? Nih Toped punya rekomendasi 10 makanan olahan dari durian yang wajib kamu coba.

1. Sambal durian

Sambal kok terbuat dari durian? Bagi Toppers yang belum pernah mencobanya, pasti menganggap sambal durian ini rasanya aneh. Tapi ternyata sambal yang terbuat dari durian yang sudah difermantasikan ini sangat terkenal di Sumatera, khususnya Palembang dan Lampung. Bahkan sambal durian yang biasa disebut dengan Tempoyak ini sudah menjadi salah satu makanan khas yang terkenal di Sumatera.

Tempoyak biasanya dicampur dengan sambal terasi dan paling nikmat disantap dengan nasi panas dan ikan. Toppers tidak perlu takut mulut kamu bau durian setelah menyantap sambal durian ini, karena setelah difermentasi, aroma durian yang menyengat tidak akan tercium sama sekali.

makanan olahan dari durian - tempoyak sambal durian

2. Lempok durian

Lempok durian memang sudah menjadi salah satu makanan khas di beberapa daerah di Indonesia seperti Bengkulu, Palembang dan Pontianak. Banyak orang menganggap lempok durian ini sama dengan dodol durian, tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas antar keduanya. Komposisi dodol durian lebih didominasi oleh tepung besar dan durian hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa. Sementara komposisi lempok durian didominasi oleh daging durian asli yang hanya dicampurkan dengan gula dan sedikit garam untuk memberi sensasi gurih.

lempok durian

3. Surabi durian

Surabi merupakan salah satu kue tradisional asal kota Solo yang terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan, yang disantap bersama kuah dengan berbagai pilihan rasa, salah satunya durian. Walaupun tradisional, tapi surabi durian masih cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat loh, mungkin Toppers salah satunya. Kue surabi yang lembut dipadu dengan saus durian yang terbuat dari daging durian dicampur dengan santan, gula merah dan daun pandan, pasti membuat kamu ingin langsung menyantapnya.

makanan olahan dari durian - surabi durian

4. Ketan durian

Sama halnya dengan surabi durian, ketan durian ini juga menggunakan saus durian yang terbuat dari daging durian asli, gula merah, santan dan daun pandan. Makanan dari olahan durian yang satu ini akan jauh lebih nikmat jika disantap dalam keadaan yang masih panas. Duh lagi ujan-ujan enak kali yah icip ketan durian :D

makanan olahan dari durian - ketan durian

5. Kopi durian

Bosan dengan rasa kopi yang gitu-gitu aja? Toppers wajib mencoba sensasi baru menyeruput kopi dengan mencoba kopi durian. Yup Toppers nggak salah baca kok, “kopi durian” ini benar-benar ada loh dan sangat terkenal di daerah Sumatera Utara. Bagi Toppers yang cinta banget sama durian, pastinya nggak akan nyesel nyobain kopi dengan rasa yang unik ini karena rasa dan aroma duriannya akan benar-benar terasa. Sulit untuk membayangkan kombinasi antara rasa kopi dengan durian? Jangan dibayangkan Toppers, mending kamu langsung icip gimana rasanya kopi durian ini :D

makanan olahan dari durian - kopi durian

6. Pancake durian

Pancake durian menjadi salah satu makanan dari olahan durian yang paling terkenal. Daging durian yang creamy dipadukan dengan adonan tepung yang agak kenyal, membuat makanan yang satu ini selalu menjadi incaran para pelancong saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan durennya, Medan. Pasti Toppers juga nggak pernah ketinggalan membawa pancake durian saat pulang dari Medan kan? :D

makanan olahan dari durian - pancake durian

7. Sop durian

Jangan salah Toppers, sop yang satu ini tidak dimasak seperti kebanyakan sup yah. Sup durian ini justru disantap dalam keadaan dingin dicampur dengan es serut, kacang merah, alpukat dan susu. Soal rasa udah pasti nggak diragukan. Kebayang kan  gimana rasanya menyantap sop durian kalau lagi kepanasan. Maknyoosss seger-seger gimana gitu :D

makanan olahan dari durian - sop durian

8. Coklat durian

Menyantacoklat durian merupakan salah satu cara modern untuk menikmati durian. Paduan antara rasa coklat yang manis dan durian yang legit pastinya akan memberikan sensasi berbeda saat lumer di mulut kamu. Kalau Toppers seorang pecinta coklat dan durian sejati, dijamin nggak bakalan nyesel deh nyoba cemilan manis yang satu ini.

jual coklat durian

9. Es krim goreng durian

Sudah pernah mencoba roti goreng berisikan es krim durian di dalamnya? Kalau belum, Toppers wajib merasakan sensasi renyah pada bagian luar roti serta sensasi empuk dan dingin pada bagian dalam yang berpadu dengan rasa duren yang creamy. Jangan pernah coba-coba kalau kamu takut ketagihan yah, Toppers hihihi :p

makanan olahan dari durian - es krim goreng durian

10. Durian bakar

Ubi bakar udah biasa, jagung bakar juga udah biasa. Tapi gimana kalau duren dibakar? Aneh memang, tapi durian bakar ini benar-benar ada dan menjadi salah satu makanan khas suku dayak di Kalimantan loh. Kalau Toppers penasaran seperti apa rasanya, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke kalimantan. Kamu juga bisa membakarnya sendiri karena proses pembakarannya pun terhitung sangat mudah. Buah durian yang masih lengkap dengan kulit dan durinya diikat di atas tungku api dan dibakar selama kurang lebih 5 menit. Tapi setelah diangkat dari tungku, jangan buru-buru untuk menyantapnya yah, Toppers. Tunggu lah hingga kulitnya agak dingin.

Nah bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan aroma durian yang menyengat, durian bakar ini bisa jadi alternatif lain untuk menikmati durian. Karena setelah dibakar, aroma durian tidak akan terasa terlalu menyengat lagi. Yang tertinggal hanyalah rasa durian bakar yang legit. Duhh jadi pengen coba :D

makanan olahan dari durian - durian bakar

Itulah 10 makanan olahan dari durian yang harus kamu coba. Atau justru Toppers sudah mencoba semuanya? Mana yang paling jadi favorit kamu nih Toppers? Nah bagi kamu yang lagi pengen banget nyoba cemilan berbahan durian seperti lempok durian, pancake durian, coklat durian hingga durian beku, kamu bisa membelinya di Tokopedia. Rasakan sensasi legitnya durian dalam bentuk yang berbeda :D

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar