aneka wajik dan dodol
Kamis, 11 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

aneka wajik dan dodol

"Wajik, dodol, dan jenang adalah beberapa jenis penganan Tradisional klasik di Indonesia yang terbuat dari beras, ketan, santan, gula, dengan warna dan aroma alami. Jenis penganan ini sering menjadi sajian pada setiap acara kenduri, pesta, dan hari besar di kalangan masyarakat kita, bahkan saat ini penganan tersebut sudah menjadi produk untuk buah tangan maupun bingkisan.

Rasa manis yang mendominasi penganan ini menjadi pengawet alami sehingga tanpa menggunakan bahan pengawet/kimia dan lemari pendingin, wajik, dodol, dan jenang apabila diolah dan dikemas secara baik dan higienis dapat mempunyai daya tahan ± 2 minggu.

Buku ini menampilkan aneka wajik, jenang, dan dodol yang diolah lebih inovatif sehingga memiliki daya jual lebih baik dan bermanfaat sebagai peluang bisnis makananTradisional klasik Indonesia."


Dibuat sedemikian rupa dengan mencampurkan sejumlah bahan dasar hingga membentuk tekstur adonan wajik yang mirip dengan dodol. Jika dahulu pembuatan wajik identik dengan gula merah dan beras ketan, namun saat ini banyak wajik yang dibuat dengan gula putih dan mencampurkan sejumlah bahan lain sebagai penambah citarasa.

Wajik Durian

Wajik Durian Legit

Wajik durian adalah kuliner kreasi yang mencampurkan daging buah durian yang telah matang dengan beberapa bahan dasar wajik. Karena rasa dan aroma buah durian yang khas, membuat wajik durian semakin banyak dinikmati. Nah, jika anda ingin mencoba membuat wajik durian sendiri dirumah tidak terlalu sulit ko. Anda hanya butuh menyiapkan daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya, gula pasir dan parutan kelapa. kemudian cara membuatnya, campurkan semua bahan hingga rata.

Kemudian siapakan panci dan masak wajik durian, dilakukan dengan mengaduk-aduk hingga kental. Suhu api harus diperhatikan agar wajik tidak cepat hangus. Jika tekstur wajik sudah kental dan sedikit lengket, berarti wajik durian siap untuk di angkat. Terakhir bungkus wajik durian dengan kertas minyak. Wajik durian memiliki citarasa yang khas bagi para pecinta buah durian dan tentu saja ini menjadi makanan wajib. Saat ingin merasakan sensasi buah durian kapan saja.

Wajik Salak

Tidak hanya buah durian, ternyata buah salak juga bisa dibuat wajik loh. Untuk membuat wajik salak sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan proses pembuatan wajik-wajik lainnya. Hanya saja membutuhkan beberapa bahan dan tahap yang sedikit berbeda. Untuk wajik salak sendiri proses dimulai dengan memisahkan salak dengan bijinya. Nah, tips bagi anda yang ingin membuat wajik salak ada baiknya salak yang digunakan yaitu jenis salak pondoh. Hal ini dikarenakan rasa salak pondoh lebih manis dibandingkan jenis salak lainnya. Setelah buah salak siap, proses dilanjutkan dengan merebus buah salak.

Wajik Salak Manis

Proses perebusan ini dilakukan kurang lebih satu jam, hingga tekstur daging buah salak menjadi lebih lembut. Masukan rebusan salak kedalam blender dan haluskan. Setelah halus tuangkan adonan salak kedalam wadah. Siapkan tungku dan panaskan panci serta masukan adonan salak. Campur parutan kelapa, gula dan sedikit garam. aduk adonan wajik hingga kental dan setelah warna wajik berubah menjadi coklat tua lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya masuk ke tahap pembungkusan. Ambil satu sendok wajik salak dan kemudian bungkus menggunakan kertas minyak. Kemas wajik kedalam keranjang kecil dan wajik salak pun siap anda nikmati. Hmmm, cukup mudah kan pembuatannya.

Gambar terkait

Wajik Nanas

Berikutnya olahan wajik yang terbuat dari buah nanas. Nah, buah nanas juga tergolong memiliki rasa campuran asam manis dan sangat menyegarkan. Namun, dengan kreasi tinggi nanas disulap menjadi panganan yang manis dan menggugah selera. wajik nanas sama halnya dengan salak. Anda hanya butuh menyiapkan beberapa buah nanas. Tahap pembuatan dimulai dengan membersihkan buah nanas dari kulitnya. Setelah bersih larut buah nanas hingga halus dan masukan kedalam panci, serta tambahkan gula pasir, parutan kelapa dan masak wajik hingga matang. untuk proses masak wajik tangan sendiri membutuhkan waktu cukup lama.

Hal ini karena kandungan air pada buah nanas sangat tinggi. Setelah wajik nanas matang, kemudian bungkus wajik nanas dan kemas. Rasa wajik nanas cukup unik, sensasi bulir-bulir kelapa, manisnya gula dan buah nanas yang sdikit asam dijamin mampu menggoyang lidah anda. nah, selain itu kandungan buah nanas bermanfaat antioksidan yang mengandung kalsium, fosfor, magnesium dan senyawa lainnya yang sangat baik bagi tubuh kita.

Wajik Nanas Legit

Wajik Tomat

Jika Biasanya tomat dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat sambal, nah di pulau Jawa tomat bisa diolah sebagai bahan dasar dalam membuat wajik. Tomat mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Seperti antioksidan, energi, karbohidrat dan bahkan serat yang baik untuk pencernaan anda. Anda penasaran bagaimana cara membuat wajik tomat? Kita simak berikut ini.

Wajik Tomat

Wajik tomat adalah olahan kreasi yang mengubah citarasa tomat bercampur satu dengan manisnya gula. Untuk membuat wajik tomat, jenis tomat yang digunakan adalah tomat granola yang telah berwarna merah. Tomat jenis ini memiliki bentuk bulat dan pangkal buah mendatar. Tomat granola sering di golongkan sebagai tomat buah, karena buahnya bisa di konsumsi secara langsung.

Proses pembuatannya cukup mudah. Potong sejumlah tomat, tambahkan parutan kelapa dan gula merah. Masak diatas api sedang dan aduk hingga kental. Setelah wajik tomat matang, angkat dan tunangkan kedalam nampan. Diamkan beberapa saat hingga wajik dingin dan sedikit mengeras. Selanjutnya wajik tomat siap dipotong dan di kemas.

Gambar terkait

Wajik Kletik

Lain lagi dengan yang satu ini. Masyarat Blitar Jawa Timur memiliki wajik yang berbeda, yaitu wajik kletik. Wajik kletik sangat terkenal di daerah Blitar. Pada saat dikunyah menjadi alasan wajik ini bernama wajik kletik. Cara pembuatan wajik kletik tidak berbeda dengan cara pembuatan wajik di daerah lainnya. Bahan dasarnya adalah beras ketan, gula jawa dan parutan kelapa. semua bahan wajik dicampur dan direbus serta diaduk hingga matang. adonan wajik yang telah matang di dinginkan lalu dipotong dan dibungkus.

Wajik kletik menjadi cemilan yang khas, karena dibalut dengan khasnya bungkus yang menggunakan klopot jagung. Klopot adalah pelepah bonggol jagung yang telah dibersihkan dan ditata serta dirapihkan sedemikian rupa. Tiap wajik dibungkus dengan ukuran yang cukup besar. Setelah dibungkus wajik dijait dan direnteng dengan bungkusan lainnya. Anda penasaran dengan rasa wajik kletik khas Blitar Jawa Timur ini.

Wajik Kletik Khas Blitas

Wajik Kenari

Olahan wajik terakhir yaitu wajik kenari. Kacang kenari merupakan kacang konsumsi yang banyak digunakan sebagai penghias kue. Selain karena rasanya yang gurih, kacang kenari juga memiliki banyak manfaat. Kandungan senyawa kacang kenari bisa melindungi tubuh dari penyakit larah. Selain itu, kacang kenari juga mengandung omega3 dan alpalinolikesit yang sangat berfungsi dalam meningkatkan fungsi dan kinerja arteri yakni pembuluh darah ke jantung. Untuk membuat wajik kenari sipakan santan, kacang kenari, gula merah cair, parutan kelapa dan tentu saja daun kelapa. kita masuk ketahap pertama.

Wajik Kenari

Bersihkan kacang kenari kulit dari kulitnya, kemudian rebus air gula dan masukan kacang kenari. Campurkan semua bahan dan aduk adonan hingga kental. Setelah kental angkat wajik dan siapkan daun kelapa. bungus wajik dengan mengikat kedua sisi bagian ujung daun kelapa dan biarkan hingga wajik dingin dan mengeras. Wajik kenari memiliki citarasa yang unik. Manisnya gula dipadu dengan kacang kenari yang gurih serta menjadikan olahan yang satu ini cocok sekali bagi anda sebagai kudapan saat beraktivitas.

Macam Macam Dodol Cerminan Kekayaan Kuliner Nusantara

Macam macam dodol dapat anda temukan di negeri kita yang indah ini. Anda pasti tidak asing lagi dengan makanan yang manis, kenyal, dan lengket yang disebut dodol.

Dodol merupakan salah satu makanan tradisional yang mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Dodol memiliki rasa manis gurih, berwarna cokelat, tekstur lunak, digolongkan sebagai makanan semi basah. Produk olahan dodol digemari oleh masyarakat, karena memiliki variasi rasa dan harga terjangkau.

Macam Macam Dodol dengan Ciri Khasnya

Pada awalnya, dodol yang termasuk sebagai bahan olahan pertanian kebanyakan menggunakan buah-buahan sebagai bahan dasarnya. Muncul begitu banyak macam macam dodol buah seperti dodol nangka, dodol salak, dodol mangga, dodol nangka, hingga dodol durian, dan masih banyak lagi.

Pengolahan dodol buah terbilang cukup mudah, meskipun cara pengolahannya berbeda-beda karena harus disesuaikan dengan jenis buah yang digunakan.

Kendati demikian, antusiasme masyarakat dalam mengonsumsi dodol kian menurun, sehingga para produsen harus memutar otak untuk menciptakan macam macam dodol dengan bahan dan alternatif rasa yang mengikuti perkembangan jaman.

Untuk beberapa contoh resep dan cara membuat dodol dapat anda baca di tautan barusan.

Macam Macam Dodol di Indonesia

Indonesia dikenal dengan negara dengan suku, bahasa daerah, serta budaya yang tak terhitung banyaknya. Keberagaman merupakan sebuah keunggulan dari tanah air kita ini. Sejalan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, macam macam dodol pun bisa anda temukan di nyaris setiap sudut di negeri ini.

Tentunya dengan ke khas an masing-masing yang membuat produksi dodol sendiri menjadi ‘seni’, yang menghasilkan karya yang sangat beragam.

Masing-masing daerah memiliki nama khas, dodol garut berasal dari garut dan dodol kudus berasal dari kudus, dengan bahan dasar tepung ketan. Disamping itu dodol juga dibuat dari buah dan sayur, seperti dodol apel, dodol sirsak, dodol wortel dan sebagainya, sehingga dodol termasuk sebagai salah satu produk olahan hasil pertanian.

Dodol yang berasal dari berbagai macam daerah di indonesia terus berkembang hingga memiliki ke-khas-an dan citarasa masing-masing. Cara pembuatannya pun terkadang sangat variatif. Meskipun kebanyakan dodol dapat anda olah menggunakan mesin pengaduk dodol untuk usaha.

Berikut ini adalah sedikit uraian mengenai 15 macam macam dodol yang dapat anda jumpai di Indonesia. Silahkan disimak!


1. Dodol Garut

macam macam dodol

Dodol Garut merupakan makanan khas Sunda dari kota Garut provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), dodol picnic yang merupakan dodol yang paling populer dan menjadi salah satu ikon kota Garut serta masih banyak jenis dodol lainnya.

Dodol ini termasuk makanan camilan yang rasanya manis dan lezat.Terdapat banyak sekali toko-toko atau warung-warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya. Di sepanjang jalan kota Garut banyak penjual yang menjajakan dodol Garut, terutama di jalan-jalan yang dijadikan sebagai pintu gerbang menuju ke daerah lain di sekitar kota Garut.

Banyak orang yang menyukai dodol Garut ini karena rasanya yang khas yang membedakannya dengan dodol-dodol sejenis dari daerah lainnya di Indonesia.


2. Dodol Betawi

macam macam dodol

Bagaimana dengan dodol Betawi? Dodol yang legit ini sebenarnya tidak kalah pamornya dengan dodol Garut.  Sayangnya tidak mudah menjumpai dodol Betawi di ibukota. Masyarakat Betawi sangat antusias dalam menanggapi persoalan makanan manis ini. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat dodol terdiri dari santan kelapa, garam, gula pasir, tepung beras dan gula merah.

Dodol ini dapat Anda jumpai di kampung Dodol yang terletak bilangan kalibata. Makanan ini ada dikampung itu karena wilayah tersebut merupakan sentra produksi dan penjualan dodol Betawi. Selain itu, dodol betawi merupakan salah satu makanan khas yang dimiliki masyarakat Betawi yang banyak diminati orang sejak zaman dulu sampai sekarang.

Bagi masyarakat Betawi Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha identik dengan dodol. Selain karena sudah menjadi tradisi, biasanya dodol tersebut juga dikirim kepada sanak famili. Tidak hanya itu, dodol Betawi juga biasa dijadikan hantaran wajib bagi pengantin Betawi.


3. Dodol Durian/Lempok

macam macam dodol

Lempok adalah dodol dengan bahan utama dari buah durian yang merupakan makanan olahan tradisional andalan masyarakat Sumatera Selatan dan sekitarnya. Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana.


4. Dodol Bali

macam macam dodol

Dodol tradisional yang satu ini memang bukan dodol biasa. Bentuknya  memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya. Tidak hanya laris-manis sebagai sajian upacara keagamaan tetapi juga banyak diborong sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya Betawi dan Garut yang punya dodol. Bali pun memiliki ikon dodol Buleleng yang cukup kondang bahkan di kalangan para pelancong. Dodol Buleleng memiliki ciri khas tersediri selain pada bungkusnya juga terletak pada bahan baku pembuatannya.

Dodol Bali atau yang juga dikenal dengan dodol Buleleng memiliki cita rasa yang khas yaitu manis legit dan wangi. Bahan bakunya adalah ketan hitam, santan, dan gula merah. Proses pembuatan dodol ini masih tergolong tradisional karena dikerjakan pada industri-industri rumahan di daerah Buleleng, Bali Utara yang merupakan kota asal pembuatannya.

Tak heran kalau kemasannya pun sangat tradisional dan unik. Tiap dodol dibungkus dengan ‘klobot’ atau  daun jagung kering. Bentuknya dibuat sedikit memanjang dengan kedua sisi diikat menggunakan tali rafia. Aroma daun jagung kering sebagai pembungkusnya yang wangi memberi sensasi tersendiri saat menikmati dodol yang berwarna hitam pekat ini.

Keunikan lainnya, dodol Buleleng tidak dikemas dalam kotak-kotak atau plastik. Dodol ini  direnceng jadi satu memanjang tiap 10 buah dan digantung dengan tali rafia. Tiap renceng dijual dengan harga Rp 10.000,00. Di Bali, dodol Buleleng sering digunakan sebagai pelengkap sesajian upacara keagamaan. Seiring waktu dodol ini banyak dibawa oleh para pelancong yang datang sebagai oleh-oleh khas Bali.

Dodol ini tahan disimpan hingga 3 minggu lamanya. Nah, kalau jalan-jalan ke pulau Dewata pastikan Anda membeli dodol khas Bali ini. Selain cocok sebagai oleh-oleh karena rasanya yang khas dan enak, hitung-hitung Anda pun sudah ikut melestarikan kuliner tradisional.


5. Dodol Labu Kuning

macam macam dodol

Salah satu jenis dodol yang terkenal adalah dodol labu kuning khas Pontianak. Dodol tersebut selain enak juga mudah untuk dibuat. Labu kuning atau waluh merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antiokisidan sebagai penangkal berbagai jenis kanker.


6. Dodol Kandangan

macam macam dodol

Dodol Kandangan merupakan salah satu dari begitu banyaknya kekayaan kuliner yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol Kandangan dirasa lebih legit dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Dodol Kandangan juga banyak dijual di pusat-pusat oleh-oleh di Kota Banjarmsin. Jadi anda tidak akan menemui kesulitan untuk menemukanya. Ada banyak kios pusat oleh-oleh tersebar di berbagai penjuru Kota Banjarmasin. Apalagi di sekitar jalan-jalan protokol Kota Banjarmasin. Anda hanya tinggal pilih kios  atau toko  oleh-oleh mana yang akan anda kunjungi. Harga per kemasannya juga cukup terjangkau.


7. Dodol Rumput Laut

macam macam dodol

Dodol rumput laut merupakan makanan tradisional yang menggunakan rumpu laut sebagai bahan utamanya. Selain itu, Dodol rumput laut memiliki rasa yang unik dan dipercaya dapat menyehatkan tubuh karena menganduk serat-serat yang sangat baik untuk pencernaan. Rumput laut memiliki nutrisi diantaranya adalah : vitamin K, kalsium, zat besi, serat alami, asam lemak omega 3, yodium.


8. Dodol Salak

macam macam dodol

Dodol salak adalah penganan kreasi baru dari para petani salak di Sleman. Makanan ini dibuat ketika stok salak melimpah saat panen raya hingga harga salak anjlok. Membuat dodol salak juga tidak terlalu rumit. Daging buah salak yang telah diiris tipis direbus dengan gula jawa, gula pasir, dan santan selama sepuluh jam.

Kemudian adonan digiling untuk menghaluskan daging salak. Setelah dingin adonan ini ditaburi wijen untuk menambah cita rasa dan dibungkus dengan daun lontar. Kini, dodol salak sudah diproduksi secara luas di Sleman.


9. Dodol Susu

macam macam dodol

Adapun dodol susu, ia terbuat daripada dodol pada umumnya, tetapi ditambah susu cair untuk menambah rasa. Hal ini digunakan untuk memanfaatkan kelebihan produksi susu. Dodol susu adalah pangan khas dari Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Di Bandung, diketahui dodol susu sudah dibuat sejak tahun 70-an. Di sana, gula ditambah dengan jumlah yang cukup banyak untuk mengawetkan dodol susu ini.

Sedangkan, di Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, produksi dodol susu di desa ini sudah dimulai semenjak 2010, pasca erupsi Gunung Merapi yang sempat juga menghancurkan perekonomian masyarakat di kawasan itu. susu sengaja dipilih orang kampung sebagai bahan utama karena selain mudah diperoleh, serta berharap dodol susu bisa menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Boyolali karena kabupaten itu memang telah dikenal dengan sebutan Kota Susu.


10. Dodol Jahe

macam macam dodol

Selain Garut, ternyata Kota Cimahi juga memiliki makanan dodol dengan citra rasa yang khas, yaitu dodol jahe yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dodol jahe ini dulunya merupakan makanan khas kaum bangsawan, sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja.

Lambat laun makanan ini mulai menyebar ditengah masyarakat, namun masih diproduksi pada acara tertentu saja dan tidak dijual dipasaran. Biasanaya makanan ini hanya diproduksi pada saat menjelang Hari Raya idul Fitri, acara pernikahan, khitanan atau acara-acara khusus lainnya.


11. Dodol Sirsak

macam macam dodol

Olahan buah Sirsak satu ini diolah dari sirsak pilihan dengan kualitas terbaik, diproses secara modern dan higienis. Dodol Sirsak memiliki kandungan dan nilai gizi tinggi, berserat tinggi, dan mengandung vitamin C. Selain rasanya enak dan segar juga merupakan makanan yang sangat baik bagi tubuh serta dapat dijadikan oleh-oleh ataupun bingkisan.


12. Dodol Apel Malang

macam macam dodol

Malang dikenal dengan wisata alamnya yang indah dan asri. Kota berhawa sejuk ini juga terkenal dengan hasil alamnya, salah satu yang paling dikenal adalah apel malang. Apel malang begitu terkenal karena kandungan vitaminnya yang tinggi dan rasanya juga khas.

Apel yang masih menjadi icon kota Malang ini kemudian mulai diolah menjadi beberapa produk pangan untuk meningkatkan nilai jual apel Malang, diantaranya adalah dodol apel. Dodol yang merupakan olahan apel malang ini mampu meningkatkan nilai jual apel malang sekaligus memperpanjang masa simpannya.

Dodol apel malang memiliki citarasa yang khas, manis dan agak masam. Teksturnya lembut dan lebih liat dibandingkan dodol pada umumnya. Aromanya manis dan gurih karena ada campuran santan dalam adonan dodol. Dodol apel Malang ini cocok dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke kota malang atau wisata kuliner.


13. Dodol Nangka

macam macam dodol

Sesuai dengan namanya, dodol nangka terbuat dari bahan dasar nangka yang sudah matang kemudian diolah dengan berbagai macam bahan tambahan lainnya misalnya seperti gula pasir atau gula batu sehingga membuat dodol nangka ini memiliki rasa yang enak, kenyal dan lembut. Dodol nangka dapat dijadikan sebagai cemilan yang biasa disajikan ketika sedang santai nonton tv atau berkumpul bersama keluarga.


14. Dodol Kentang

macam macam dodol

Jambi tidak hanya menyediakan pemandangan alam serta pegunungan yang indah tetapi juga sebagai tempat berbagai macam tanaman pertanian yang tumbuh subur di daerah ini. Salah satunya adalah tanaman kentang. Oleh masyarakat sekitar buah kentang ini dapat diolah menjadi makanan ringan yang disebut dodol kentang.

Rasa dodol yang terbuat dari kentang ini berasa lembut, manis tetapi tidak terlalu kenyal karena terbuat dari kentang  pilihan dari varietas granola yang mempunyai tekstur lembut. Dodol kentang ini sebenarnya bukan makanan khas Kerinci. Namun, berkat campur tangan Pemerintah setempat melalui dinas perindustrian pada akhir 1990-an dodol kentang ini menjadi primadona makanan ringan yang dijadikan makanan khas Kabupaten Kerinci.


15. Dodol Cina

macam macam dodol

Kue keranjang memiliki nama asli Nian Gao atau Ni-Kwe yang disebut juga kue tahunan karena hanya dibuat setahun sekali pada masa menjelang tahun baru Imlek. Di Jawa Timur disebut sebagai kue keranjang sebab dicetak dalam sebuah “keranjang” bolong kecil.

Sedangkan di beberapa daerah di Jawa Barat ada yang menyebutnya Dodol Cina untuk menunjukkan asal kue tersebut yaitu Cina, walaupun ada beberapa kalangan yang merujuk pada suku pembuatnya, yaitu orang-orang Tionghoa. Sedangkan dalam dialek Hokkian, ti kwe berarti kue manis, yang menyebabkan orang-orang tidak sulit menebak kalau kue ini rasanya manis.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Nam elit agna,endrerit sit amet, tincidunt ac, viverra sed, nulla. Donec porta diam eu massa. Quisqu... selengkapnya

Lirein

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ... selengkapnya

Steven

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ... selengkapnya

Zaskia Gothic

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ... selengkapnya

Nisa Rahmawati

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ... selengkapnya

Beyonce

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the ... selengkapnya

Roberto Rober
Tambah

Facebook

Twitter