Aplikasi Smartphone Paling Berpengaruh
Rabu, 03 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Aplikasi Smartphone Paling Berpengaruh

10 Aplikasi Smartphone Paling Berpengaruh

1. Maps, 2007

img-1493797156.jpg

Dulu, belum ada “Google Maps” atau “Apple Maps”, apalagi “Waze”. Aplikasi peta di gawai semula hanyalah Maps, sebuah aplikasi peta yang disematkan di iPhone. Memang banyak sekali aplikasi yang dikembangkan di awal kehadiran Apple yang memiliki pengaruh cukup lama, salah satunya Maps. Pengalaman orang menggunakan Maps, tetap menjadi standar bagi aplikasi peta hingga saat ini. Mulai dari tanda titik biru untuk menandai lokasi kita, kompas yang dapat memandu ke mana anda berjalan. Aplikasi peta pun terus berkembang, mulai dari yang menggunakan satelit, hingga 3D.

2. Tweetie, 2008

img-1493797174.jpg

Hanya tiga kata: 'Tekan untuk memperbaharui'. Tidak banyak aplikasi yang dikembangkan hanya oleh satu orang, tetapi berhasil diadopsi oleh banyak pengembang aplikasi di seluruh dunia. Namun, Loren Brichter mematahkan itu. Tweetie 2.0 dirilis pada September 2009, dan pada 2012 digunakan dalam apliaksi interaksi di iOs. Menurut Apple, inovasi Brichter tersebut cukup menyelesaikan masalah. Lalu, bagaimana nasib tweetie sekarang? Sejak 2010, Twitter membelinya dan menjadi aplikasi media sosial paling penting sejak tiga tahun kelahirannya tersebut.

3. Uber, 2009

img-1493797258.jpg

Di Indonesia, saat ini sedang terjadi kisruh antara angkutan konvensional dan angkutan online. Tahukah Anda, aplikasi pertama dari transportasi online seperti yang sering kita gunakan saat ini adalah Uber. Uber diluncurkan pada tahun 2009. Sejak awal kehadirannya, aplikasi ini menjadi seksi di mata investor. Alasannya, apliaksi ini belum memiliki regulasi yang ketat, sehingga dapat lebih menguntungkan secara ekonomi. Lemahnya regulasi terhadap aplikasi ini pun hingga saat ini masih menjadi perdebatan di negara kita. Bagi masyarakat saat ini, sulit membayangkan bagaimana jika kehidupan tanpa aplikasi semacam Uber. Kunci Uber adalah menghubungkan secara langung dan cepat antara calon penumpang dan sopir. Anda hanya butuh telepon dan mobil untuk meraup banyak uang.  

4. Instagram, 2010

img-1493797279.jpg

Tentu, saat ini Instagram telah diakuisisi oleh Facebook dan aplikasi ini terus berkembang. Di Instagram kita bisa mengambil foto sekaligus mengeditnya menjadi lebih ciamik, kita dapat merekam video, kita dapat siaran langsung, sekaligus terus menambah jerjaring pertemanan dan bisnis kita. Namun, dulu instgaram hanyalah aplikasi masa depan, semacam aplikasi impian. Sebelum berkembang, Instagram mendapat banyak tantangan, mulai dari hanya dapat digunakan di Android, tidak mampu diakses di web, dan masalah lainnya.

5. Snapchat, 2012

img-1493797294.jpg

Snapchat berpengaruh berkali-kali lipat terhadap aplikasi lain. Snapchat telah menjadi aplikasi yang memiliki reputasi tinggi. Hal yang penting dari aplikasi ini adalah ditemukannya fakta bahwa orang-orang lebih senang merekam dan membagikan kegiatan mereka secara audio-visual, sekaligus dapat melihat apa yang telah dilakukanya di akunnya namun tidak disimpan secara permanen sehingga menghemat memori penyimpanan. Pengaruh paling spesifik dan besar dari Snapchat adalah ditiru oleh banyak aplikasi lain. Kini, fitur Snapchat Stories turut dihadirkan dalam Messengger, Facebook, Instagran, dan WhatsApp.

6. Clash of Clans, 2012

img-1493797311.png

Aplikasi permainan perang yang seru ini tidak sekadar permainan, Clash of Clans (COC) adalah sebuah aplikasi mesin uang bagi pengembang Supercell asal Finlandia dan menjadikan perusahaan itu sebagai puncak dalam persaingan aplikasi di pasar Eropa pada waktu itu. Pemain COC akan tertekan pada sebuah titik frustasi dan akan berminat untuk membeli berbagai macam senjata atau fitur yang menunjang kemenangan dalam permainan tersebut. Memang tidak harus melulu melalui uang, klan dapat berpengaruh terhadap kesuksesan permainan, tetapi cara “membeli” tetap menjadi praktis dan menggiurkan. Sebelumnya, Farmville memang lebih dulu berinovasi, namun hanya COC yang pertama kali dapat menunjukkan bahwa aplikasi permainan yang gratis pun dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang banyak.

7.  Dark Sky, 2012

img-1493797336.jpg

Dark Sky saat ini dipercaya sebagai aplikasi peramal cuaca paling akurat. Namun, tahukah Anda, saat pertam akali diluncurkan aplikasi ini menawarkan manfaat sederhana bagi penggunanya. Dia akan memprediksi apakah akan turun hujan dari langit, dan apakah kita perlu menggunakan payung ke luar? Aplikasi ini lebih kepada pemberian rujukan secara personal apa yang mesti dilakukan dan disiapkan untuk berbagai cuaca, khususnya musim hujan. Sebelum aplikasi ini, telah banyak berkembang aplikasi cuaca namun semuanya terlihat tuidak manfaat. Aplikasi yang menunjukkan “apakah hujan saat ini” lebih diminati. Seperti pionir aplikasi lainnya, aplikasi Dark Sky awal dikembangkan di iPhone. Sejak Maret tahun lalu, Dark Sky sudah tersedia dengan sempurna di Android.

8. Foursquare, 2013

img-1493797352.jpg

Saat ini Foursquare telah memiliki banyak perkembangan, mulai dari aplikasi pencarian teman jika secara kebetulah bertemu di sebuah tempat, aplikasi panduan keliling kota di seluruh dunia, hingga ulasan-ulasan kota. Namun, yang paling berpengaruh dari foursquare adalah aplikasi penandaan lokasi. Ketika di Instagram Anda merujuk sebuah tempat di foto, atau menandai lokasi Anda di iMessage, itu semua diawali oleh Foursquare. Layanan ini dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Crowley sebelumnya telah mendirikan proyek sejenis bernama Dodgeball sebagai proyek tesis kelulusannya pada jurusan Interactive  Telecommunications Program (ITP) di New York University.

9. Mailbox, 2013

img-1493797367.jpg

Meski diprediksi akan mati, banyak orang yang masih merindukan keberadaan Mailbox. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama dalam hal pengarsipan surat elektronik secara sempurna. Aplikasi di iPhone ini akan membantu Anda mengelola sulat elektronik yang masuk. Anda dapat menyapu ke kiri untuk menampilkan berbagai jadwal pengingat jika Anda enggan untuk membuka surat elektronik pada saat itu. Anda pun dapat menyusun surat elektronik yang berupa tawaran ke dalam “list” atau “to buy”. Aplikasi antarmuka pun tidak mengecewakan. Rapinya manajemen surat elektronik ini memberikan inspirasi pada pengembang surat elektronik, terutama google mail.

10. Hearthstone, 2014

img-1493797388.png

Permainan ini dikeluarkan oleh Blizzard, pengembang game yang banyak diminati. Hearthstone merupakan sebuah collectible card game yang mengambil setting di dunia Warcraft. Game online ini dimainkan multiplayer di mana dua orang pemain saling berhadapan satu sama lain dan akan secara bergiliran memainkan kartu dari deck masing-masing untuk mengalahkan lawannya. Namun yang paling penting, game ini pun telah membuat penggemarnya kecanduan untuk terus membeli kartu virtual demi memenangkan pertarungan dengan lawannya. Hal inilah yang memberikan keuntungan secara ekonomis pada pengembang game, dan menjadi inspirasi bagi pengembang lainnya. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar