Arsitek Terhebat Sepanjang Masa
Kamis, 25 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Arsitek Terhebat Sepanjang Masa

10 Arsitek Terhebat Sepanjang Masa… Salah Satunya Dari Indonesia

1. Abbot Suger

Abbot Suger

Jika mendengar kata ‘katedral’ mungkin kita akan mengingat dengan gaya arsitektur gotik. Seorang arsitek yang melahirkan gaya arsitektur unik dan juga mengagumkan ini ternyata adalah seorang biarawan bernama Abbot Suger (1081-1151).

Abbot pertama kali membangun gereja gotik, yaitu Katedral St. Denis di Paris, Prancis pada abad ke-12. Gaya gotik yang unik tiada duanya ini kemudian menginspirasi banyak katedral lain sehingga namanya di kenal di sluruh dunia. Kata “gotik” sendiri memiliki arti “barbar” sebab gaya ini benar-benar menyalahi gaya arsitektur Romawi yang juga menjadi identitas dan ciri khas bangsa Eropa.

2. Antoni Gaudi

Antoni Gaudi

Antoni Gaudi (1852 – 1926) merupakan seorang arsitek kenamaan asal Spanyol. Keunikan gaya arsitekturnya yaitu menggabungkan antara gaya modern dengan gaya neo-gotik ala Katolik serta gaya neo-Mudejar ala Islam.

Gaya arsitekturnya sangatlah religius dan juga kreatif serta selalu mengedepankan tema natural. Salah satu teknik andalannya adalah menggunakan mosaik dari pecahan-pecahan keramik yang sudah di daur ulang. Gereja Sagrada Familia adalah bangunan yang pernah ia buat dan kini telah terkenal di dunia.

3. Frank Llyod Wright

Frank Llyod Wright

Frank Llyod Wright (1867-1959) juga disebut-sebut sebagai arsitek Amerika terhebat sepanjang sejarah. Selama hidupnya, ia telah mendesain lebih dari 1.000 bangunan dan menyelesaikannya dalam 532 proyek. Ia mengaku bahwa desain bangunan setidaknya harus menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya serta nilai kemanusiaan harus dimiliki di dalamnya.

Salah satu contoh bangunan yang ia buat dan juga paling terkenal adalah Fallingwater (1935) yang menggabungkan antara rumah dengan air terjun.

4. Frank Gehry

Frank Gehry

Frank Gehry dilahirkan di Toronto, Kanada pada tanggal 28 Februari 1929. Uniknya, Frank muda sempat bekerja sampingan sebagai sopir truk yang digunakan untuk membiayai kuliahnya di Los Angeles, California hingga tercapai gelar arsitek.

Karya-karya Frank sering digolongkan ke dalam aliran Dekonstruktivisme sebab bentuknya yang bisa dibilang hancur-hancuran. Bahkan dua karyanya yang terkena hinggal sekarang, yaitu Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol dan Walt Disney Concert Hall terlihat sebagai kumpulan kaleng rombeng yang sudah penyok. Namun memang disitulah letak keunikan dari Frank ini. Di tahun 1989, Frank pernah mendapatkan penghargaan Pritzker Award dan dianggap sebagai Nobel-nya dunia arsitektur.

5. Daniel Libeskind

Daniel Libeskind

Arsitek keturunan Polandia yang lahir 1946 ini terkenal dengan rancangannya berani dipadu dengan modern. Dua rancangannya yang kini mendunia yaitu Michael Lee-Chin Crystal di Toronto, Kanada dan Frederick C. Hamilton Building karena bentuk sudutnya yang tajam dan eye-catching.

6. Santiago Calatrava

Santiago Calatrava

Lagi-lagi arsitek keturunan Spanyol yang bersinar, Santiago Calatrava terlahir di Valencia, Spanyol pada 1951. Santiago terlihat berbeda dengan arsitek-arsitek lain, ia memiliki gelar pendidikan sebagai insinyur teknik sipil dan awalnya mengabdikan dirinya dalam membangun jembatan dan jalur kereta api.

Karyanya yang paing terkenal adalah Burke Briss Soleil, sebuah bangunan tambahan untuk Milwaukee Art Museum yang dulunya pernah muncul pada film Transformers III. Selain itu, rancangan bangunannya yang bergaya futuristik banyak tersebar di tanah kelahirannya, Valencia. Sebelumnya, ia juga pernah merancang Chicago Spire yang saat ini dibatalkan pembangunannya. Jikalau itu jadi, maka menara tersebut akan akan menjadi bangunan paling tinggi di Amerika.

7. Zaha Hadid

Zaha Hadid

Selain pria, ternyata ada juga arsitek wanita yang pernah meraih penghargaan Pritzker. Ya, wanita asal Baghdad, Irak pada 1950 ini adalah wanita pertama sekaligus Muslimat pertama yang dianggap sebagai arsitek ternama di dunia hingga mampu meraih award. Karyanya yang modernis dicirikan dengan bentuk impresif dan dinamis membuat namanya menjulang tinggi.

8. Eugene Tsui

Eugene Tsui

Di dunia ini, mungkin Eugene Tsui inilah satu-satunya arsitek yang terkenal bukan karena apa yang telah ia bangun, melainkan karena apa yang tidak ia bangun. Ya, arsitek idealis kelahiran California ini terkenal akan rancangannya berupa Menara Ultima tinggi hingga 3 kilometer serta mampu menampung lebih dari 1 juta orang. Tentu saja, bangunan bombastis seperti itu tidak mungkin pernah dibangun dan hingga kini hanya terhenti sebagai konsep di meja gambar saja.

9. Tadao Ando

Tadao Ando

Kisah arsitek kelahiran 1941 asal Jepang ini sangatlah mengagumkan. Awalnya Tadao berprofesi sebagai petinju dan pengemudi truk. Kemudian Tadao muda terinspirasi untuk menjadi arsitek dikemudian hari setelah melihat bangunan Imperial Hotel karya Frank Llyod Wright di Tokyo, Jepang. Hanya berbekal kursus menggambar tanpa mengenyam kuliah, akhirnya Tadao membuahkan hasil yang mengagumkan.

Kini karya Tadao yang paling terkenal adalah Church of Light dan Church of Water yang meniru konsep gaya minimalis ala Zen. Pada tahun 1995, Tadao ini meraih penghargaan setara nobel bagi arsitek, yaitu Pritzker Award.

10. Frederich Silaban

Frederich Silaban

Frederich Silaban dilahirkan di Bonandolok, Sumatra Utara (1912-1984) yang merupakan seorang arsitek tanpa guru dengan pendidikan tak lebih dari STM. Namun ketekunannya di dunia arsitek membawakan hasil dalam sayembara arsitektur sehingga Frederich menjadi salah seorang arsitek kebanggan Indonesia.

Monas, Gelora Bung karno dan Monumen Pembebasan Irian Barat adalah karyanya yang hingga kini terkenal. Akan tetapi, karyanya yang mendunia adalah Masjid Istiqlal yang juga merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara pada masanya, padahal Frederich ini seorang beragama Kristen.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar