Bangunan Bersejarah yang Kini Hanya Tinggal Fotonya Saja
Rabu, 29 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Bangunan Bersejarah yang Kini Hanya Tinggal Fotonya Saja

10 Bangunan Bersejarah yang Kini Hanya Tinggal Fotonya Saja

1. Gedung Societeit Harmonie

Gedung Societeit Harmonie

Lokasi ini bisa disebut Harmoni karena memang di sana pernah berdiri gedung Societeit Harmonie. Bangunan ini dulunya berada di ujung jalan Majapahit dan Veteran yang dikerjakan sejak tahun 1776 oleh Gubernur Jenderal Reineir de Klerk setelah dirampungkan oleh Daendels dan Raffles sampai telah diresmikan pada tahun 1868.

Namun sayang, gedung bernilai seni tinggi ini dirobohkan pada 1985. Alasan dirobohkannya bukan untuk pembangunan tempat beribadah, panti asuhan atau yang lainnya, akan tetapi untuk membangun lapangan parkir Sekretariat Negara.

2. Benteng Frederik Hendrik

img-1490787899.jpg

Benteng ini mulai dirintis pada tahun 1834 oleh Gubernur Jenderal van den Bosch yang dikenal akan sifarnya yang kejam. Benteng ini berlokasi di kompleks Taman Wilhemina hingga akhirnya dirobohkan untuk pembangunan Masjid Istiqlal.

3. Taman Wilhelmina

Taman Wilhelmina

Taman ini sering dijuluki sebagai taman paling “menakjubkan” pada zamannya. Disaat pembangunannya pada abad ke-19, Taman Wilhelmina ini menjadi satu-satunya taman paling luas sekaligus paling indah di Asia.

Taman yang dibangun oleh Daendels ini uniknya berada di dekat Kali Ciliwung sehingga membuat taman ini tampak lebih indah dengan gemericiknya air pada saat itu. Namun sejak awal kemerdekaan, taman ini menjadi tidak terurus hingga diputuskan untuk membangun Masjid Istiqlal di tempat taman ini berdiri.

4. Gerbang Amsterdam

img-1490787883.jpg

Gerbang yang memiliki gaya barok ini dibangun pada pertengahan abad ke-19 di masa pemerintahan J.P. Coen yang terkenal kejam. Gerbang ini adalah sisa benteng yang telah ditinggalkan dan sempat diperbaikai oleh Gubernur Jenderal van Imhoff. Tapi sayang, gerbang Amsterdam ini terpaksa dirobohkan di tahun 1869 sebab dibukanya jalur trem yang melewati kawasan tersebut.

5. Hotel des Indes

img-1490787872.jpg

Hotel des Indes mulai dibangun sejak tahun 1856 dan menjadi saksi bersejarah, sebab di hotel inilah pada tanggal 7 Mei 1949 perjanjian Roem-Royen ditandatangani. Hotel ini juga cukup populer karena kemewahan yang ada didalamnya, bahkan Alfred Russel Wallace dulunya pernah bermalam di hotel ini. Sayangnya, di tahun 1971, hotel bersejarah ini akhirnya dirobohkan untuk dibangun kawasan Pertokoan Duta Merlin.

6. Katedral Jakarta

Katedral Jakarta

Sebelumnya, Katedral Jakarta yang bersejarah ini hanya merupakan bangunan gereja biasa. Namun setelah dirobohkan dan direnovasi, wajah bangunan ini tampak lebih indah dan megah jauh di era sebelumnya.

7. Gereja Kubah

img-1490787848.jpg

Di tahun 1736, Kota Tua Batavia dulunya terdapat sebuah gereja berbentuk unik. Gereja Kubah atau dalam bahasa Belanda disebut Nieuwe Hollandsche Kerk ini mulai dibangun oleh Christoffer Moll. Namun keberadaan gereja ini tak berkunjung lama. 3 tahun kemudian setelah pembangunannya selesai, gereja ini terkena gempa hingga mengalami kerusakan yang amat parah.

8. Gedung Kerapatan Deli

img-1490787837.jpg

Gedung bersejarah ini memang memiliki kemegahan yang tiada tara hingga akhirnua sengaja dirubuhkan oleh pemerintah Medan.

9. Gereja Katolik St. Ignatius Magelang

img-1490787826.jpg

Gereja ini mulai dibangun pada tahun 1899 dengan gaya khas Belanda. Namun di tahun 1962, gereja ini dirombak habis-habisan. Akhirnya, gereja bersejarah ini direnovasi ulang dan menjadi sebuah gereja yang menakjubkan.

10. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Benteng ini memiliki kisah yang miris yaitu penelantaran serta penghancuran sedikit demi sedikit. Benteng Vastenburg mulai dibangun tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Imhoff. Namun sayang, benteng ini kemudian dijual oleh Walikota di era zaman Suharto ke pihak swasta.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar