Batu Angus di Pulau Ternate
Selasa, 04 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Batu Angus di Pulau Ternate

Batu Angus, Wisata Unik di Pulau Ternate yang Tengah Ngehits

Jika berwisata ke pantai, danau, gunung, sepertinya sudah biasa, maka Ternate menawarkan wisata yang tidak biasa. Di Ternate kamu bisa berwisata di tempat berkumpulnya batu-batu berwarna hitam. Tempat tersebut, oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama Batu Angus.

Kamu yang ingin liburan yang non mainstream, ya, disinilah tempatnya. Karena tempat seperti ini belum tentu kamu jumpai di mana saja. Hanyalah Ternate saja yang menawarkan wisata yang berisi batu-batu hitam yang menarik mata.

img-1491281335.jpg

Batu Angus inilah adalah ‘oleh-oleh’ dari letusan dahsyat Gunung Gamalama kala itu. Banyak wisatawan khususnya mancanegara berburu wisata di Ternate dan tempat inilah yang tak lupa dikunjunginya. Ketika baru memasuki wilayah Batu Angus ini, kamu akan merasa tercengang dan kagum akan hamparan batu bekas muntahan erupsi Gunung Gamalama pada tahun 1673 Masehi.

Semua batu di sini adalah hasil mutahan dari Gunung Gamalama yang mengering dan mengeras. Dinamakan Batu Arang mungkin karena warnanya hitam pekat. Di sana terdapat tulisan “Welcome to Batu Angus Kulaba Ternate”.

img-1491281361.jpg

Lokasi wisata yang merupakan hamparan lava kering dengan luas sekitar 10 hektar sangatlah menarik. Bagi wisatawan yang doyan ber-travelling dan suka berkemah, hamparan luas lava kering ini cocok dimanfaatkan untuk berkemah. Atau jika kamu hanya ingin berkunjung saja di Batu Arang ini, waktu terbaik ketika berkunjung ke tempat ini adalah pada senja hari. Karena pada waktu itu, cuaca tidak panas.

Di sini juga terdapat tempat bersejarah jatuhnya tentara Jepang yang gagal membuka parasutnya ketika turun dari pesawat. Kamu juga akan takjub dengan keindahan Gunung Gamalama, Pulau Halmahera, bentangan laut yang bisa dilihat dari ketinggian Batu Angus. Wow, sangat indah, hampir semua keindahan yang ada dui Ternate bisa dilihat di sini.

img-1491281382.jpg

Tak lupa juga hamparan pasir dan juga ombak yang bergulung-gulung di bibir pantai juga menjadi daya tarik utama ketika berlibur di sini. Lokasinya yang indah menjadikan tempat ini sebagai spot terbaik dalam melakukan foto. Apalagi berfoto di atas ketinggian Batu Angus yang sangat eksotis.

Lokasi tempat wisata itu pun mudah diakses karena berada persisi di ujung kota. Jalan raya di kawasan tersebut sudah ditata sebegitu rupa sehingga dapat membelah menjadi dua bagian. Di jalan ini kamu dapat melihat Batu Arang di sisi kanan dan kiri dengan panorama Gunung Gamalama di sebelah arah barat dan timur untuk panorama lautnya.

img-1491281403.jpg

Lokasi Batu Angus Ternate

Tempat wisata alam yang unik ini masuk dalam wilayah Kelurahan Kulaba di Kecamatan Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara. 

Tiket Masuk Tempat Wisata Batu Angus Ternate

Harga tiket masuknyanpun murah sekitar Rp. 20000 per enam orang dengan memakai mobil. Itu pun belum harga besaran yang pasti. Sayangnya tidak ada warung di sekitar tempat wisata ini, sehingga kamu harus membawa bekal dari rumah supaya tidak merasa kelaparan dan kehausan saat menikmati keindahan alam sekitarnya. Waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan alam di sini adalah saat sore hari, terutama saat menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sini. Bakal keren deh!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar