Benteng Tolukko
Kamis, 13 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Benteng Tolukko

Benteng Tolukko, Wisata Sejarah Keren di Ternate

Ada banyak benteng yang tersebar di Ternate yang merupakan sisa-sisa peninggalan bangsa Portugis atau Belanda. Salah satu benteng yang menarik untuk disinggahi adalah Benteng Tolukko.  Benteng ini adalah salah satu benteng peninggalan bangsa Portugis.

Dinamakan Tolukko karena letaknya berada di daerah Tolukko, Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Di bangun tahun 1540 oleh panglima Portugis bernama Fransisco Serao ini terlihat kokoh. Oleh bangsa Portugis, benteng ini dibangun sebagai sarana pertahanan. Terutama karena mereka ingin mempertahankan dominasinya di tanah Ternate dari serangan negara Eropa lain.

img-1492079515.jpg


Benteng yang terdiri dari tiga bastion ini berdiri tegak menjulang dengan gagahnya, sebagai tempat yang cocok untuk pengintaian dan pengawasan. Benteng yang berhadapan langsung dengan Pulau Halmahera ini menjadi daya pikat tersendiri jika berada di sini. Kamu juga dapat menjumpai pelabuhan yang bernama Pulau Dufa-dufa di sebelah utara Benteng Tolukko ini. Pelabuhan ini menghubungkan Ternate dan Jailolo.

img-1492079532.jpg

Ada pula ruang bawah tanah, halaman dalam, lorong dan banguna berbentuk persegi panjang. Dulunya, benteng ini memiliki terowongan yang menghubungkan ke pantai atau laut, tetapi kini terowongannya telah ditutup dengan alasan keamanan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan travellers.

Banyaknya ruangan yang mirip labirin itulah yang menjadikan para traveller tertarik mengunjungi benteng. Ketika baru memasuki benteng pun kamu akan menjumpai lorong-lorong panjang. Ada lagi sebuah tangga yang tidak begitu curam tetapi tidak mempunyai pegangan sehingga harus berhati-hati jika menaikinya.

img-1492079547.jpg

Fyi, sebelum Maluku Utara berdiri sendiri menjadi provinsi, Benteng Tolukko ini tidak terawat. Baru sekitar 1996 sampai 1997, benteng ini baru dilakukan pemugaran. Alhasil keaslian benteng ini sedikit berkurang. Namun, apa pun itu benteng ini tempat yang indah dengan dibumbui sejarah masa lalu yang kental.

Jika kamu berkesempatan untuk menaiki Benteng Tolukko, berarti kamu adalah orang yang beruntung. Kondisi geogarafis Ternate yang indah dan unik dapat menyejukkan mata. Kamu dapat melihat semua keindahan itu ketika menaiki benteng ini. Di atas ini juga kamu bisa melihat taman bunga yang berwarna-warni, tepatnya terletak di halaman depan benteng.

img-1492079568.jpg

Sejarah Benteng Tolukko Ternate

Pada tahun 1610, benteng ini diambil alih oleh Belanda dan direnovasi oleh bangsa Belanda yang bernama Pieter Both. Lalu benteng ini ditinggalkan dan dibiarkan kosong oleh residen P. Van der Crab pada tahun 1864. Alasannya kala itu adalah karena Benteng Toloko dianggap telah rusak dan tidak layak sebagai tempat pertahanan.

Benteng yang dulunya bernama Benteng Hollandia ini adalah benteng yang dibangun atas fondasi batuan beku. Banyak orang yang tertegun jika melihat benteng ini, pasalnya kamu akan merasa aneh jika melihat bentuk bangunan ini. Bentuknya yang aneh ini menjadi ciri khas dari Benteng Toloko sendiri.

Lokasi Benteng Tolukko Ternate

Bagi yang ingin berkunjung ke Benteng Tolukko ini terletak di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Cara Menuju ke Benteng Tolukko

Untuk menuju ke tempat ini, wisatawan juga tidak terlalu kerepotan dalam menemukan transportasi. Terutama karena lokasi benteng ini berjarak sangat dekat dengan pusat Kota Ternate, hanya berjarak 3 kilometer. Bisa menuju ke lokasi ini dari Terminal Kota Ternate dengan menggunakan kendaraan umum. Atau bisa pula memanfaatkan sarana penyewaan kendaraan yang ada di sana.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar