Berhemat Dengan Menerapkan 7 Cara Hidup Sederhana
Minggu, 26 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Berhemat Dengan Menerapkan 7 Cara Hidup Sederhana

1. Pertama, biasakan hanya membeli sesuatu yang kamu butuhkan

cara hidup sederhana

Yup, benar sekali. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi percaya atau tidak kamu pasti sering membeli sesuatu yang sejatinya tidak kamu butuhkan. Biasanya karena perasaan gengsi atau sekedar pingin up to date, kamu mengorbankan uang yang kamu dapatkan dengan susah payah hanya untuk membeli barang yang tidak perlu.

Untuk menghindari hal ini, mulailah bersikap bijak saat berbelanja. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan kamu. Lalu biasakanlah untuk berbelanja barang yang kamu perlu saja. Boleh kok sekali sekali membeli sesuatu yang kamu inginkan. Hanya saja pastikan itu tidak mengorbankan uang untuk keperluan membeli barang yang kamu butuhkan.

2. Batasi kegiatan berlibur

cara hidup sederhana

Berlibur memang merupakan kegiatan yang bermanfaat dan mengasyikkan untuk kamu lakukan. Namun, usahakan jangan terlalu sering juga sehingga menyebabkan pengeluaran kamu semakin besar. Daripada uangmu dihabiskan untuk berlibur, jauh lebih baik kalau kamu gunakan untuk menabung atau berinvestasi. Tidaklah mengapa pergi berlibur, asalkan kamu batasi. Sebaiknya jadwalkan 1 atau 2 kali berlibur saja dalam satu bulan.

3. Biasakan membawa bekal

cara hidup sederhana

Daripada kamu membeli makanan di restoran, akan jauh lebih hemat kalau kamu membawa bekal saja. Sebelum kamu ke kantor, siapkanlah terlebih dahulu makanan untuk bekal nanti makan siang. Sehingga nanti saat kamu lapar, kamu tidak perlu ikut dengan temanmu yang menghabiskan uang hanya untuk makan.

Selain itu, dengan membawa bekal kamu juga akan lebih menghemat waktu dan pikiran lho. Pasalnya kamu tidak lagi harus berjalan perg ke restoran dan memilih ragam menu pilihan yang acapkali membuat bingung.

4. Hemat menggunakan energi

cara hidup sederhana

Gunakanlah listrik dan air secukupnya. Matikanlah lampu bila kamu tidak membutuhkan penerangan sama sekali. Batasi penggunaan air conditioner dan tutup pintu kamar kalau kamu tengah menggunakan penyejuk ruangan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mandi menggunakan air secukupnya. Hindari bermain air meskipun terlihat cukup mengasyikkan, kecuali kalau kamu sedang berada di wisata pemandian. Cara hidup sederhana memang dimulai dari hal-hal kecil seperti itu.

5. Belilah kebutuhan lauk paukmu di pasar tradisional

cara hidup sederhana

Tidak perlu pergi ke supermarket untuk membeli keperluan bahan-bahan di dapur. Sebaliknya, pergilah ke pasar tradisional. Karena selain harganya yang lebih murah, di pasar tradisional juga menjual berbagai macam bahan makanan yang lebih segar. Segar alami lho bukan karena segar akibat efek alat pendingin.

6. Nah, setelah itu, biasakanlah memasak makanan sendiri di rumah. Ini termasuk salah satu cara hidup sederhana yang mudah dilakukan

cara hidup sederhana

Hindarilah mengunjungi rumah makan hanya untuk keperluan isi perutmu. Pasalnya, di rumah makan kamu diharuskan untuk membayar lebih dari makanannya. Mulai dari bayar jasa pelayan, koki, hingga pajak.

Sementara kalau kamu makan di rumah, kamu bakal mendapatkan dua keuntungan, yaitu bisa belajar dan berkreasi memasak sendiri dan yang paling penting hemat kantong.

7. Terakhir, gunakanlah transportasi umum

cara hidup sederhana

Tidak usah dulu muluk-muluk membeli kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, apalagi kalau kamu kredit. Lebih baik gunakan dulu transportasi umum untuk kemana-mana. Lagipula sekarang kan sudah ada jasa transportasi online seperti Gojek, Grab, Uber, dan lain-lain. Dengan memakai transportasi umum, kamu akan lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya bensin, perawatan, dan cicilan kalau kamu kredit.

Setiap kebiasaan baik disebabkan oleh perilaku yang berbeda-beda. Kalau kamu ingin membiasakan berhemat, maka kamu bisa memulainya dengan menerapkan cara hidup sederhana. Kalau kamu ingin kaya, kamu harus terus bekerja keras, mendirikan bisnis, dan banyak berinvestasi.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar