Bisnis Aksesoris Mobil
Rabu, 29 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Bisnis Aksesoris Mobil

Meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia membuat kepemilikan kendaraan beroda empat meningkat. Oleh sebab itu juga, banyak orang yang bersedia membayar kocek yang mahal untuk melakukan variasi pada mobilnya, terutama para anak muda. Banyak anak muda yang merasa bangga jika mobil miliknya terlihat unik, keren, dan berbeda dari mobil lainnya. Atas dasar itulah, peluang usaha variasi mobil ini masih terbilang cukup besar.

1. Lokasi

Untuk jenis usaha variasi mobil, mungkin sedikit berbeda dari kebanyakan usaha lainnya. Kesuksesan sebuah usaha biasanya ditentukan oleh lokasi, akan tetapi untuk jenis usaha ini, Anda tidak memerlukan lokasi khusus. Biasanya para peminat atau komunitas pencinta modifikasi mobil pasti akan saling memberi tahu. Untuk pengenalan, Anda bisa masuk ke forum pencinta otomotif dan melakukan pendekatan di forum tersebut agar nama bengkel variasi mobil Anda dikenal.

2. Perlengkapan

Jumah perlengkapan yang perlu Anda sediakan tergantung dari jumlah pegawai yang Anda miliki dan kapasitas orderan yang dapat Anda tampung. Terapkanlah budaya 5R (rapi, resik, rajin, rawat, ringkas) agar peralatan Anda lebih terawat, tertata, dan juga awet. Jangan sampai pegawai Anda kesulitan dan bingung pada saat mencari peralatan yang dibutuhkannya.

3. Spare part

Sediakanlah spare part yang biasa dicari oleh orang, seperti kaca film, audio, lampu, TV, jok mobil, velf, spion, karpet dasar, bumper, plat nomor kendaraan, ring reflektor, pemasangan GPS. Anda juga bisa menyediakan spare part dengan 2 jenis kualitas, sehingga bagi konsumen yang memiliki budget pas-pasan juga bisa menggunakan jasa Anda. Atau Anda juga bisa memposisikan bengkel variasi mobil Anda dengan bengkel premium. Semua tergantung dengan positioning bisnis Anda. Sebisa mungkin carilah distributor yang menerapkan sistem pembayaran yang panjang atau sistem konsinyasi, sehingga jika ada spare part yang kurang laku, bisa Anda tukar dengan yang sering laku.

4. Tenaga kerja

Tenaga kerja sangatlah vital di industri ini. Untuk itu, carilah dan seleksi tenaga kerja Anda sebaik-baiknya. Anda bisa mencari tenaga kerja lulusan SMK jurusan otomotif ataupun mereka-mereka yang belum lulus namun ingin magang. Anda juga bisa mencari di tempat kursus mekanik atau bisa juga menawarkan beasiswa untuk menyekolahkan mereka bagi mereka yang memiliki potensi tinggi memajukan bengkel Anda. Berikanlah bonus untuk teknisi Anda dan sering-sering ikutkan mereka ke pelatihan-pelatihan teknis modifikasi yang baru atau pelatihan untuk jenis mobil baru. Di industri jasa, sangatlah penting untuk membuat tenaga kerja Anda merasa dihargai dan diakomodasi.

5. Layanan tambahan

Layanan tambahan bisa dijadikan strategi jitu untuk menarik pelanggan. Misalnya dengan memberikan ruang tunggu yang nyaman, cafe, televisi, koran, makanan dan minuman.

6. Selalu update

Trend di variasi mobil sangat cepat berubah. Maka dari itu, jangan sampai Anda tertinggal di bengkel lain dan tidak mengetahui tren masa kini. Bacalah majalah otomotif dan ikutlah workshop-workshop seputar modifikasi mobil.

7. Kontrol

Anda harus melakukan pengontrolan terhadap stock spare part Anda secara berkala. Tentu Anda tidak ingin usaha Anda gulung tikar karena ada tenaga kerja yang tidak bertanggung jawab bukan? Anda bisa meletakkan kamera CCTV di gudang tempat Anda menyimpan spare part.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar