Bisnis Instalasi Komputer
Minggu, 19 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Bisnis Instalasi Komputer

Sekarang ini, siapa yang tidak tahu komputer dan laptop ? bahkan anak kecil pun tahu barang yang satu ini. Komputer dan laptop seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dari fungsi awal sebagai membantu pekerjaan manusia sampai sebagai pelepas lelah dengan mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan lain sebagainya. Tetapi kebanyakan orang cuma tahu pakai tanpa tahu memperbaiki jika rusak, istilahnya rusak beli baru. Oleh karena itu kami MCS membuka jasa servis komputer hanya untuk anda yang mempunyai kerusakan pada komputer. Jika ingin membuka sebuah usaha tentunya juga harus mempunyai dasar tentang usaha itu sendiri dan diperlukan adanya sebuah business plan.Tapi sebelum itu apa sihbusiness planitu ? business plansudah banyakdikemukakanoleh para ahli, tapi disini saya akan meringkas sesuai apa yang sudah saya dapat. Business planmerupakan semua dokumen atau aspek maupun unsur-unsur yang telahdisiapkan pengusaha dalam menjalankan usahanya, isinya menyangkut pemasaran, pemodalan, sumber daya, dll.


Untuk lebih jelasnya berikut contoh business plan sederhana dari usaha servis komputer :


Contoh Business Plan Sederhana Servis Komputer


A.Nama Usaha

Nama usaha yang akan kami dirikan yaituMCS Servis Komputer.


B.Usaha/Jasa Yang Ditawarkan

Usaha ini bergerak di bidang jasa yaitu perbaikan dan penginstallan komputer dan laptop. Konsep bisnis ini melakukan perbaikan kepada komputer dan laptop mulai dari kerusakan ringan (masuk virus, dll) hingga menengah (install ulang, dll).


C.Pangsa Pasar

Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.


D.Lokasi Usaha

Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu :

-Lokasi ini strategis, karena mahasiswa sekarang kebanyakan sudah mempunyai laptop dan sangat membutuhkan latop, selain itu merupakan pusat kegiatan mahasiswa.

-Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dantempat kost para mahasiswa.


E.Cara Perbaikan

- Untuk kerusakan ringan seperti kemasukan virus, kami melakukan perbaikan dengan melakukan scanning virus. Anti-virus yang kami gunakan yaitu : Bitdefender free dan Pandafree Anti-Virus.

- Untuk kerusakan menengah seperti install ulang, operating system yang akan kami gunakan menyesuaikan dari spesifikasi komputer pelanggan maupun kemauan dari pelanggan. Disini kami menyediakan OS : Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 Linux, dll.


F.Strategi Pemasaran

Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :

1. Kebijakan Usaha

Usaha ini bergerak di bidang jasa yaituservice komputer. Bisnis ini menawarkan jasa perbaikan komputer dengan selera yang disesuaikan kemauan dari pelanggan.

2. Kebijakan Harga

Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatanmereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa denganhargamulaiRp10.000- untuk servis ringan dan Rp 50.000 untuk servis menengah. Tetapi harga tersebut dapat berubah mengikuti service yang dibutuhkan oleh pelanggan.

3. Kebijakan Promosi

Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lainmemasarkan produklangsung ke calon pembeli dan melakukan promosi di social media.


G.Biaya

Jenis Biaya

Biaya

Biaya pembuatan Banner

Rp 100.000-

Biaya servis ringan

Rp 10.000-

Biaya servis menengah

Rp 50.000-

Total Biaya

Rp 160.000-


H. Struktur Organisasi

Manajer
Bagian Servis
Bagian Keuangan
Bagian Pemasaran

Nah sekarang sudah tahu kanbusiness planitu apa berserta contohnya (servis komputer) jadi jika inginmembuat usaha, kita sudah mempunyai dasar yaitu apa-apa saja yang dibutuhkan berserta rencananya kedepan, mungkin itu saja ilmu yang dapat saya bagikan kali ini mohon maaf jika ada salah kata sekian dan terima kasih.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar