Bukit Siguntang Palembang
Jum'at, 17 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang Palembang, Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Mengunjungi tempat yang dikenal akan sejarah dan misterinya membuat nama Bukit Siguntang Palembang yang sangat terkenal. Bukit ini juga disebut bukit kecil karena tingginya hanya mencapai 29-30 meter. Apalagi Siguntang merupakan bukit yang dikeramatkan bagi warga setempat.

Bahkan, bukit ini pun sudah dikeramatkan sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Asal usul sebutan keramat yang disematkan di Bukit Siguntang adalah adanya tujuh makam leluhur warga Palembang. Yang mana tempat ini sering dikunjungi untuk berziarah di makam leluhur. Ada pula temuan purbakala peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang berjaya pada abad ke 6 dan 13 Masehi.

img-1489747908.jpg

Sejarah Bukit Siguntang Palembang

Saat zaman Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang Palembang adalah bukit yang dijadikan tempat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Buktinya adalah adanya patung Budha yang terdapat di bukit ini yang sekarang telah dipindahkan di Museum Sultan Badrudin II.

img-1489747943.jpg

Lalu setelah rutuhnya Sriwijaya pada abad ke 13 dan beralih menjadi kekuasaan Kerajaan Palembang Darussalam tempat ini tetap dikeramatkan sampai sekarang.

Bukit Siguntang di Palembang Terkenal Angker

Tempat yang sakral ini diyakini merupakan tempat bertapanya para raja-raja. Bahkan sebuah mitos yang percayai warga Palembang mengatakan bahwa jika ada banjir bandang melanda, Bukit Siguntang Palembang ini tidak akan tenggelam.

img-1489747983.jpg

Ada pula yang menyebutkan bahwa di bukit ini terdapat harta Kerajaan Sriwijaya yang tak ternilai harganya. Meskipun begitu, ini madih diperlukan bukti, apakah mitos-mitos tersebut benar atau tidak. Para traveler yang berkunjung ke tempat ini diharapkan untuk selalu menjaga sikap.

Mulai dari niatan awal berkunjung, hingga aktivitas selama berada di dalam area Bukit Siguntang. Para pengunjung diharapkan untuk tidak mengeluarkan kata-kata kotor ataupun meludah sembarangan selama di tempat ini. Kalau hal ini dilanggar, bisa-bisa terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa kepada para pengunjung.

img-1489748026.jpg

Wisata Bersejarah di Palembang

Terlepas dari itu semua, Bukit Siguntang Palembang tetap menjadi pilihan untuk bertamasya di tempat yang kaya akan sejarah. Banyak pengunjung yang dapat memetik ilmu, mendalami sejarah Indonesia di tempat bersejarah ini.

Tetapi, bukit ini belum cukup terawat, seolah-olah bukit ini bukan seperti tempat wisata yang sebenarnya. Ada banyak rumput liar yang panjang. Kedepannya, diharapkan menjadi semakin baik, agar Bukit Siguntang terlihat bersih dan tertata. Terlepas dari kekurangannya itu, bukit ini masih layak untuk dikunjungi.

Tips berkunjung ke Bukit Siguntang Palembang

  1. Bawalah bekal dari rumah. Meskipun di sini banyak penjaja makanan, akan lebih hemat lagi jika membawa bekal.
  2. Jika kamu dari Palembang, karena jaraknya hanya sekitar 4 kilometer, naiklah angkot, bus kota, atau transmusi. Carilah jurusan Bukit Besar, lalu turun diBundaran Taman Simpang SMA 10 kemudia berjalan kurang lebih 100 meter menuju Bukit Siguntang. Untuk rincian biayanya adalah:
    • Bus kota di Palembang sekitar Rp. 2500,00
    • Angkutan Kota di Palembang sekitar Rp. 2500,00
    • Transmusi sekitar Rp. 3000,00
  3. Harga karcis untuk masuk ke Bukit Siguntang Palembang cukup murah, hanya dengan dua ribu, kamu bisa leluasa melihat bukit ini.
  4. Nah, supaya tetap terawat, jagalah kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar