Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula
Rabu, 22 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula

Sehingga, bagi kamu yang masih pemula sebaiknya dari sekarang mulailah berinvestasi di reksadana. Nah, sebelum kamu langsung berinvestasi, alangkah baiknya kalau kamu pelajari dulu 5 cara investasi reksadana untuk pemulaberikut ini.

1. Pertama dan yang paling penting adalah menentukan tujuan keuangan kamu berinvestasi di reksadana

cara investasi reksadana untuk pemula

Sama seperti hal lainnya dalam hidup, berinvestasi di reksadana pun membutuhkan tujuan. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan kamu berinvestasi. Tujuannya bisa seperti untuk tabungan pendidikan anak, pensiun, hingga tabungan untuk keperluan membeli rumah atau properti suatu saat nanti.

Apapun itu, dalam berinvestasi, haruslah kamu selalu memulainya dengan tujuan supaya kamu tahu berapa lama nantinya kamu akan berinvestasi dan jenis investasi seperti apa yang sesuai dan bisa mewujudkan tujuanmu di masa depan.

2. Setelah itu, pilihlah reksadana jenis apa yang akan kamu beli

cara investasi reksadana untuk pemula

Ada 4 macam jenis reksadana saat ini yakni reksadana saham, pendapatan tetap, campuran, dan pasar uang. Reksadana saham berarti sebagian besar dana investasi kamu akan dipakai  manajer investasi (MI) untuk membeli instrumen saham di pasar modal. Sementara untuk reksadana campuran, dana investasi kamu akan dipakai untuk membeli berbagai jenis instrumen investasi seperti obligasi, saham, deposito, dan sebagainya.

Kalau pendapatan tetap dan pasar uang, itu biasanya sebagian besar uang kamu akan dipakai MI membeli obligasi untuk reksadana jenis pendapatan tetap dan deposito untuk kategori reksadana pasar uang. Nah, kalau kamu sudah tahu sebelumnya apa tujuan kamu berinvestasi reksadana, maka proses ini seharusnya mudah untuk kamu lalui.


3. Berikutnya dalam cara investasi reksadana untuk pemula adalah dengan mempelajari serta memilih reksadana yang sesuai untuk kamu beli

cara investasi reksadana untuk pemula

Terdapat ratusan produk reksadana yang bisa kamu beli di Indonesia. Dan kamu sekarang bisa mencari info tentang produk dan track record-nya melalui internet. Hal ini penting untuk kamu lakukan agar kamu tahu persis tentang kinerja dari berbagai macam manajer investasi sebelum kamu mempercayakan sejumlah dana untuk dikelola.

Bila semuanya sudah kamu pelajari, seperti laporan keuangan, portofolio, hingga dana minimal yang kamu butuhkan untuk berinvestasi, maka selanjutnya kamu tinggal memilih mana produk reksadana yang terlihat menjanjikan dan sesuai dengan budget yang kamu punya.

4. Membeli reksadana

cara investasi reksadana untuk pemula

Ada banyak pilihan tempat untuk membeli reksadana. Yang paling umum adalah membeli reksadana melalui sejumlah institusi seperti bank yang sudah bekerjasama dengan manajer investasi tertentu. Atau kamu juga bisa membelinya secara langsung tetapi hanya pada beberapa manajer investasi tertentu seperti Trimegah.

Jika memutuskan untuk membeli secara langsung, maka kamu akan diminta oleh MI untuk mentransfer sejumlah dana ke rekening mereka. Sementara kalau melalui agen seperti bank, kamu akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu dan terkait dana pembelian reksadana akan dipotong langsung dari tabungan kamu. Kalau kamu gak pingin ribet, mending kamu daftar aja lewat ipotfund secara online. Nantinya, disitu kamu akan dibuatkan rekening penempatan dana khusus investasi atau rekening dana investor (RDI).

5. Hindari jual beli reksadana dan berinvestasilah secara konsisten

cara investasi reksadana untuk pemula

Kamu yang masih pemula sebaiknya hindari dulu kegiatan transaksi jual – beli reksadana. Pasalnya kegiatan tersebut hanya akan membuang waktu dan uang kamu jika dilakukan dengan pengetahuan yang minim. Itulah sebabnya cara investasi reksadana untuk pemula lebih menitikberatkan pada kegiatan berinvestasi secara konsisten.

Kalau kamu terus konsisten berinvestasi, kamu akan mendapatkan keuntungan dari compound effect. Atau istilah sederhananya adalah bunga berbunga. Artinya imbal  hasil yang nantinya kamu terima akan menjadi sangat besar dan jauh berbeda dari total dana keseluruhan yang kamu investasikan, apabila kamu tetap konsisten berinvestasi.

Secara umum seperti itulah cara investasi reksadana untuk pemula. Dari kelima tahap yang dijelaskan tadi nampaknya tak ada yang kelihatan sulit, bukan? Oleh karena itu, seharusnya kamu tidak perlu lagi pikir panjang ini itu dalam berinvestasi. Hentikan keraguanmu dan mulailah berinvestasi sekarang juga.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar