Cara Mengatasi Demam Panggung
Rabu, 15 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Cara Mengatasi Demam Panggung

Hal terpenting adalah membangun keyakinan bahwa demam panggung bukanlah sebuah penyakit, melainkan masalah biasa yang juga dirasakan banyak orang ketika harus tampil di depan umum. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Hal ini menandakan kalau kamu adalah manusia seutuhnya.

Kamu tidak boleh langsung menyerah untuk tampil karena mengetahui bahwa dirimu sedang mengalami demam panggung. Semakin kamu takut, maka semakin besar demam panggung yang kamu alami. Cobalah untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bisa melakukannya dengan baik. Oleh karena itu, simak langkah-langkah di bawah ini yang mungkin dapat membantumu untuk mengatasi rasa gugupmu!

1. Tarik nafas dalam-dalam 

cara mengatasi demam panggung

Saat mengalami demam panggung, hal pertama yang biasanya dilakukan orang-orang adalah menarik nafas dalam-dalam. Mungkin sudah banyak orang yang membuktikan kebenaran teori ini. Dengan menarik nafas panjang, berarti kita sedang memasukkan oksigen ke dalam otak. Hal ini akan membantu untuk melancarkan peredaran darah yang akhirnya menimbulkan perasaan lebih rileks serta mengurangi rasa gugup. Saat kamu menyadari bahwa kamu sedang demam panggung, pejamkanlah mata, lalu tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan nafas secara perlahan, lalu tersenyumlah. Metode ini akan membuat menjadi lebih percaya diri.

2. Buka alas kaki 

cara mengatasi demam panggung

Saat kamu merasa gugup, bukalah alas kakimu, lalu berjalan-jalan  perlahan di lantai atau tanah. Hindari gerakan terburu-buru, karena hal itu akan membuatmu semakin gugup. Kamu akan merasakan hawa yang sejuk mengalir dari telapak kakimu. Ini akan membantu fisik dan pikiranmu menjadi lebih rileks. Sembari berjalan-jalan kecil tanpa alas kaki, kamu juga harus mengatur nafas agar rasa gugupmu semakin berkurang.

3. Ngobrol atau menyanyi 

cara mengatasi demam panggung

Demam panggung datang ketika kita terus menerus atau secara tiba-tiba memikirkan penampilan kita di atas panggung. Oleh karena itu, ngobrol tentang berbagai hal dengan orang yang berada di sekitar akan membantu kita untuk melupakan sejenak pikiran tentang bagaimana penampilan kita nantinya. Untuk itu, carilah orang di dekatmu yang bisa kau ajak berbicara tentang apapun. Namun, jika kamu sedang demam panggung dan tidak ada orang yang duduk di dekatmu, bernyanyilah sedikit meskipun dengan volume rendah atau bisa juga menyiasatinya dengan humming. Untuk beberapa orang, cara ini merupakan cara paling tepat untuk mengatasi rasa gugupnya sebelum tampil.

4. Meremas-remas jari 

cara mengatasi demam panggung

Meremas-remas jari sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang mengalami demam panggung. Efektivitas cara ini mungkin telah dibuktikan banyak orang, bahkan mungkin juga oleh orang-orang yang ada di sekitarmu. Belum ditemukan secara jelas mengapa meremas jari dapat mengatasi rasa gugup. Mungkin karena dengan meremas jari, fokus kita menjadi teralih dari pikiran-pikiran negatif mengenai penampilan di atas panggung.

5. Fokus pada pikiran positif 

cara mengatasi demam panggung

Fokus menjadi solusi dari banyak masalah, termasuk sebagai cara mengatasi demam panggung. Fokuskan pikiranmu dengan hal-hal positif mengenai penampilanmu di depan banyak orang. Jangan biarkan otak menuntunmu pada pikiran negatif yang akhirnya membuatmu menjadi semakin gugup. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mempersiapkan penampilanmu terlebih dahulu sebelum berdiri di depan banyak orang. Setelah itu, kamu akan lebih mudah percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu akan memberikan penampilan terbaik yang telah kamu persiapkan sebelumnya

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar