Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terkoneksi WiFi
Sabtu, 08 September 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terkoneksi WiFi

5 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terkoneksi WiFi

1. Aktifkan Adapter WiFi di Laptop

Cara yang pertama untuk mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi WiFi adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi di laptop Kamu. Biasanya hal berikut ini disebabkan oleh kebiasaan pengguna yang lupa untuk menghidupkan kembali pengaturan WiFi di laptopnya.

Cara mudahnya adalah dengan menekan tombol kombinasi Fn+F3. Kalau cara tersebut tidak bisa, maka Kamu bisa mencoba cara seperti berikut ini:

  • Pergi ke control panel, lalu pilih "Network and Internet".
3.1


  • Selanjutnya pilih "Network and Sharing Center".
3.2


  • Lalu klik "Change Adapter Settings".
3.3


  • Jika sudah, klik kanan pada pilihan WiFi lalu klik "Enable".
1


2. Instal Ulang Driver WiFi Laptop

2


Driver adalah sebuah aplikasi yang sangat penting di laptop atau komputer yang berfungsi untuk mengendalikan komponen yang terhubung dengan laptop atau komputer. Jika driver tersebut tidak terinstal, maka komponen yang ada di laptop atau komputer kamu tidak bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, jika WiFi yang ada di laptopmu mati, kemungkinan Driver dari WiFi kamu ada masalah.

Oleh sebab itu, sebaiknya instal ulang saja driver tersebut. Caranya dengan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Lalu klik "Device Manager". Setelah itu, kamu cari saja driver dari WiFi laptopmu tersebut, contohnya seperti gambar yang ada di atas.

3. Setting Ulang IP Address

3.10


Cara selanjunya adalah dengan setting ulang IP address di laptop kamu. Caranya hampir sama dengan langkah yang nomor 1. Namun, saat ini kamu klik kanan pada pengaturan WiFi > lalu pilih "properties" > jika sudah pilih "Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4)" > setelah itu pilih "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain an DNS server address automatically".

4. Restart Laptop Kamu

4


Jika semua cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, maka cara yang selanjutnya adalah dengan mencoba restart laptop. Diharapkan dengan melakukan restart tersebut, semua sistem akan berjalan secara normal kembali.

5. Restart Router

5


Cara berikut ini boleh kamu lakukan ketika semua cara yang ada di atas tetap saja gagal, yaitu dengan restart router penyedia WiFi yang jamu gunakan. Bisa jadi permasalahan tersebut berada di router yang menyebabkan laptop kamu tidak terdeteksi di router tersebut.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar