Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Minggu, 29 Juli 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Efektif dan Alami

1. Memperbanyak konsumsi makanan tertentu

cara mengatasi rambut rontok

Nampaknya, istilah ‘kita adalah apa yang kita makan’ cukuplah relevan dalam kasus ini. Artinya ada sejumlah makanan tertentu yang ternyata memiliki kandungan yang dapat mengatasi rambut rontok. Contohnya seperti makanan kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Menurut sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi zat tersebut secara rutin selama 6 bulan terbukti mengalami penurunan angka kerontokan rambut.

Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan ikan salmon juga sebaiknya lebih sering kamu konsumsi. Pasalnya, protein sejatinya merupakan zat yang menyusun rambut kamu sehingga bila asupan protein kamu cukup, tentu struktur rambut kamu akan semakin kokoh dan tidak mudah rontok. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran juga termasuk salah satu cara mengatasi rambut rontok yang cukup efektif bila dilakukan.

2. Minyak zaitun

cara mengatasi rambut rontok

Selain sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan, minyak zaitun juga nyatanya bermanfaat dalam hal mengatasi rambut rontok. Sebab minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh yang dapat memperkuat struktur dan memicu pertumbuhan rambut baru bila kamu oleskan di kulit kepala.

Caranya sederhana, kamu cukup menaruh beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan kamu lalu gosok secara merata. Kemudian, secara perlahan, pijat kulit kepala kamu menggunakan kedua telapak tanganmu yang sudah terolesi dengan minyak zaitun. Setelah itu, diamkan selama 30 – 45 menit lalu cuci rambutmu menggunakan shampoo.

3. Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga termasuk salah satu cara mengatasi rambut rontok yang cukup efektif lho

cara mengatasi rambut rontok

Minyak kelapa memiliki kandungan zat asam lauric yang mampu membasmi mikroorganisme seperti bakteri dan kuman yang terdapat di sel folikel rambutmu. Sehingga bila kamu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut, maka sel folikel rambutmu akan jauh dari serangan infeksi. Selain itu, minyak kelapa juga berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut yang mana dalam hal ini berperan dalam pencegahan rambut rontok. Terkait langkah-langkah cara pemakaiannya kurang lebih sama dengan pada minyak zaitun tadi.

4. Mengoles lidah buaya

cara mengatasi rambut rontok

Tanaman lidah buaya memang merupakan tanaman yang umum digunakan pada produk perawatan rambut. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena kandungan senyawa yang dimilikinya. Dilansir dari situs ohgitu.id, gel lidah buaya memiliki senyawa-senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

Selain itu, lidah buaya juga mempunyai sifat eksfoliate yang akan mencegah penyumbatan kulit kepala oleh sel-sel kulit mati. Sehingga proses penyerapan nutrisi pada kulit kepala nantinya menjadi lebih maksimal. Untuk pemakaiannya, kamu cukup mengoles gel yang telah kamu ambil pada lidah buaya ke permukaan kulit kepalamu. Supaya mendapatkan hasil maksimal, oleskanlah gel tersebut pada malam hari dan bilas keesokan harinya.

5. Bawang merah

cara mengatasi sakit gigi tanpa obat

Kandungan sulfur yang ada pada bawang merah terbukti mampu mencegah kerontokan dengan cara memperkuat folikel rambut. Selain itu, serupa dengan minyak kelapa bawang merah memiliki senyawa anti bakteri yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada pada kulit kepala.

Cara pengaplikasian-nya pun terbilang sederhana yakni kamu cukup mengambil beberapa siung bawang merah untuk kemudian dijadikan jus. Setelah itu, oleskan jus bawang merah tadi pada rambutmu lalu tunggu selama beberapa menit. Terakhir, bersihkan rambutmu menggunakan air dan shampoo.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar