Cara Mengenali Tanda Penipuan Perusahaan Fiktif
Kamis, 15 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Mengenali Tanda Penipuan Perusahaan Fiktif

Waspadai Penipuan Perusahaan Fiktif Kenali 6 Tanda Penting Ini

1. Perekrut berbayar

Perusahaan FiktifImage : Jobstreet.com

Tanda pertama kamu masuk dalam jebakan penipuan perusahaan bodong adalah adanya keharusan membayar biaya untuk alasan apapun selama proses recruitmen. Misal, kamu harus membayar sejumlah biaya untuk membeli formulir pendaftaran. Padahal umumnya proses recruitmen yang benar adalah nggak ada sedikitpun biaya recruitmen yang di bebankan oleh perusahaan terhadap calon pencari kerja.

2. Meminta data pribadi tanpa undangan wawancara

Perusahaan FiktifImage : Jobs.db

Tanda kedua adalah oknum perusahaan bodong meminta data pribadi kamu tanpa melalui undangan wawancara. Biasanya oknum perusahaan fiktif akan mengirimkan SMS ke calon pencari kerja mengenai beberapa informasi penting yang harus dipenuhi. Misal, melalui SMS meminta beberapa informasi personal calon pencari kerja seperti akun bank, nomer KTP, dan alamat rumah.

Padahal umumnya proses recruitmen yang benar adalah melalui undangan wawancara yang dikirimkan perusahaan melalui email resmi dan telepon. Adapun alasan mengapa perusahaan bodong memiliki nomor kontak pribadi seperti nomer handphone padahal kamu merasa nggak pernah melamar di perusahaan tersebut, hal tersebut dikarenakan adanya oknum yang memperjual belikan kontak person ke penadah.

3. Diterima tanpa wawancara

Perusahaan FiktifImage : Instagram

Umumnya langkah awal kamu diterima di sebuah perusahaan adalah melalui beberapa proses, salah satunya adalah wawancara atau interview. Penawaran kerja tanpa adanya lamaran kerja dari kamu adalah hal yang biasa terjadi dalam recruitment modus penipuan perusahaan bodong. Misal, oknum perusahaan akan beralasan mendapatkan cv kamu dari portal recruitment pencarian kerja semacam JobStreet, Jobs.db dan lainnya.

4. Deskripsi pekerjaan nggak jelas

Perusahaan FiktifImage : Instagram

Umumnya saat kamu melamar sebuah pekerjaan, uraian mengenai tugas dan tanggung jawabnya dijelaskan secara detail. Berbeda halnya dengan perusahaan fiktif. Undangan wawancara nggak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran posisi tersebut nggak sesuai diskripsi yang ditawarkan. Selain itu, penawaran kerja nggak berhubungan dengan keahlian sehingga hal tersebut patut kamu curigai.

5. Gaji terlalu tinggi dan nggak wajar

Perusahaan FiktifImage : Twitter

Tanda kelima adalah perusahaan fiktif menawarkan gaji selangit tanpa pengalaman sebelumnya, tanpa keahlian dan tanpa wawancara. Karena perusahaan yang benar akan memberikan gaji sesuai standar perusahaan dan standar calon pencari kerja baik yang berpengalaman atau lulusan baru dalam batas standar. Umumnya perusahaan fiktif memberikan penawaran gaji yang terlalu tinggi kepada calon pekerja sebagai bentuk imingiming semata, hal tersebut menjadi salah satu bentuk menarik perhatian calon korban.

6. Alamat email dan website mencurigakan

Perusahaan fiktifImage : Instagram

Umumnya sebuah perusahaan yang memiliki kredibilitas pasti mencantumkan kontak perusahaan seperti alamat kantor, nomor telepon, alamat email, dan website perusahaan tersebut. Berbeda dengan perusahaan fiktif. Perusahaan fiktif nggak mencantumkan situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profile dan kegiatan perusahaan.

Alamat email perusahaan gratis nggak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut. Misal, pt.gilangabadi@yahoo.com atau pt.gilangabadi@yahoo.co.id. perusahaan valid akan menyertakan domain perusahaan, contoh humaspt@gilangabadi.com. selain itu juga korespondensi email tidak profesional dan nggakmencantumkan detail kontak perusahaan seperti nomor kantor dan alamat kantor. Sehingga hal tersebut patut untuk dicurigai.

Banyaknya korban berjatuhan akibat penipuan perusahaan fiktif karena banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda di atas. Hal demikian terjadi karena minimnya pengetahuan dan wawasan mengenai standar dan prosedur recruitmenyang sesuai aturan. Peluang penipuan perusahaan fiktif dapat dihindari dengan adanya peningkatan pemahaman mengenai aturan proses recruitment yang sesuai standar dan prosedur.

Sehingga jika wawasan dan pengetahuan akan hal tersebut sudah diketahui maka sangat kecil kemungkinan masuk dalam jebakan penipuan perusahaan fiktif. Jadi, bagi kamu ShopBacker khususnya lulusan baru berhati-hati saat akan mengikuti recruitment kerja. Pastikan tanda-tanda di atas supaya nggak menjadi korban modus penipuan perusahaan fiktif.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar