Cara Mengendalikan Diri Untuk Kamu Yang Emosian
Jum'at, 13 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Cara Mengendalikan Diri Untuk Kamu Yang Emosian

Atur irama pernapasan

cara mengendalikan diri

Berdasarkan penelitian hanya 90 detik saja untuk neurikimia memutar kembali posisi kimia ke otak normal. Mengatur irama pernapasan adalah cara mengendalikan emosi yang bisa kamu lakukan segera. Kamu bisa memberikan jeda kepada pikaranmu yang sulit terkendali.

Cukup sederhana kamu hanya perlu menarik napas secara mendalam dan perlahan, rasakan kenikmatan setiap hembusannya sebelum melanjutkan aktivitas. Hal ini bisa menjernikan pikiranmu dalam waktu singkat. Pengaturan irama pernapasan merupakan langkah awal dari cara mengendalikan diri yang bisa kamu praktikan.

 

Tahan amarah dan kendalikan dirimu

cara mengendalikan diri

Memang saat sedang emosi kamu pasti tidak bisa mengontrol amarah. Tapi tetap cobalah untuk menahan amarahmu saat sedang emosi. Siklus agresi adalah siklus kemarahan yang terbentuk oleh eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Sehingga saat kamu marah dibutuhkan pengendalian diri agar aggression cycle tidak teratur. Jika mampu kendalikan diri lebih tenang kamu bisa mengendalikan beban pikiran secara logis.

Kontrol tingkat kesadaran diri

cara mengendalikan diri

Kesadaran diri dalam mengontrol emosi sangat penting, agar kamu tidak kehilangan kontrol terhadap tindakanmu. Jadi, bagaimana kamu akan mengendalikan diri, jika kamu saja tidak sadar apa yang telah kamu perbuat.

Lakukan aktivitas yang kamu sukai untuk mengalihkan pikiran

cara mengendalikan diri

Lakukanlah aktivitas yang kamu sukai, misalnya berolahraga, menonton film, dan berkaraoke. Jika memang kamu membutuhkan waktu untuk berlihur, aturlah waktu yang tepat agar tidak berbenturan dengan kegiatan yang lain. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ini hanya berlaku melupakan sejenak kamu harus kembali untuk menyelesaikan masalah itu.

Ubah sudut pandang

cara mengendalikan diri

Jika kamu melakukan sesuatu pasti ada hikmahnya, entah itu baik atau buruk. Selalu ambil pelajaran dari setiap peristiwa yang kamu alami. Mungkin mulanya kamu belum memahami, tapi cepat maupun lambat kamu akan mengerti hikmah di balik itu semua.

Bayangkan jika itu hari terakhirmu di dunia

cara mengendalikan diri

Seandainya emosimu sulit dikontrol, bayangkanlah bahwa hari itu terakhir kamu di dunia. Setiap orang pasti ingin meninggalkan dunia ini dengan kebaikan, sama seperti kamu bukan? Dengan membayangkan seperti itu akan meredakan emosi dengan perlahan, karena kamu ingin mati dalam keadaan baik.

Lebih bijak dalam bertindak

cara mengendalikan diri

Pengambilan tindakan tidak dilakukan tergesa-gesa dengan alasan cepat menyelasikan masalah, karena tindakan yang terkesan cepat bisa menyebabkan kesalahan fatal. Yang dibutuhkan untuk menyelesikan masalahmu bukanlah cepat atau tidak, melainkan ketepatan dan kebijaksaan bertindak.

Saling memaafkan

cara mengendalikan diri

Belajar untuk saling memaafkan, walaupun terkadang kamu sulit melakukannya dengan alasan bahwa kamu sudah tersakiti, dibohongi, direndahkan atau di fitnah. Cara mengendalikan diri dengan memberi maaf sangat penting, karena kehidupanmu akan berfokus ke hal yang lebih positif.

Jangan terlalu membesarkan masalah

cara mengendalikan diri

Jangan terlalu membesarkan masalah, bila kamu ingin terhindar dari tekanan. Terkadang masalah yang sedang kamu hadapi belum tentu sebesar apa yang kamu bayangkan, bisa jadi hanya masalah sepele. Yakinilah bahwa banyak masalah yang lebih besar yang di hadapi seseorang, dan kamu harus tetap bersyukur dengan kondisi saat ini.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar