Cara Menggunakan Pemanggang Roti
Rabu, 24 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Menggunakan Pemanggang Roti

Cara Menggunakan Pemanggang Roti (Toaster)

1. Pasang Kabel

Pasang Kabel 


Pertama-tama sebelum Anda memanggang roti tentunya pastikan sumber daya listrik telah terhubung. Soalnya rata-rata toaster menggunakan tenaga listrik, jadi pastikan kabelnya terpasang dengan baik pada stop kontak.

2. Masukkan Roti

Masukkan Roti


Langkah ke-2 dalam cara menggunakan pemanggang roti adalah dengan memasukkan roti. Jumlahnya terserah Anda, yang jelas setiap slot cuma boleh diisi satu lembar roti. Jangan memaksakan menyelipkan dua lembar roti dalam satu slot, ya. Selain roti, sebenarnya Anda bisa memanggang makanan lainnya juga, seperti sosis dan bagel misalnya. Tapi, tentu saja yang paling umum dipanggang di toaster adalah roti lembaran.

3. Atur Tingkat Panggangan

Turunkan Tuas cara menggunakan pemanggang roti


Langkah yang ketiga adalah menyesuaikan tingkat suhu panggangan. Alat toaster tradisional biasanya memiliki pengatur suhu berbentuk bundar yang bisa diputar. Toaster yang lebih kekinian ada yang sudah berbentuk digital untuk pengaturan suhunya.

4. Pilih Tingkat Rendah

Atur Tingkat Panggangan

Rata-rata, alat pemanggang roti memiliki tingkat suhu 1–5. Berarti, 1 adalah suhu terendah dan 5 adalah yang tertinggi. Untuk percobaan, atur suhu di tingkat 2 atau 3. Semakin rendah suhu maka semakin empuk roti (tidak krispi). Setelah mengetahui tekstur roti pada setiap level di toaster Anda, pangganglah roti sesuai dengan selera Anda.

5. Turunkan Tuas

Turunkan Tuas

Rata-rata alat pemanggang roti masih menggunakan sistem tuas untuk memulai proses pemanggangan. Jadi, jika semua sudah siap, turunkan tuas supaya roti Anda bisa mulai dipanggang. Satu kali pemanggangan biasanya memakan waktu 1–2 menit, tergantung pada alat yang Anda gunakan dan tingkat kematangan (suhu) yang Anda pilih.

Tapi, kalau bisa tetap pasang mata dan hidung Anda baik-baik selama proses pemanggangan. Soalnya siapa tahu terjadi kesalahan pada alat Anda, atau mungkin saja roti Anda gosong.

6. Keluarkan Roti

Keluarkan Roti


Langkah terakhir adalah mengeluarkan roti dari toaster. Biasanya, ketika roti telah selesai dipanggang, akan ada bunyi “ting” dan roti akan melonjak kembali ke atas. Roti dapat Anda ambil dengan jari atau pun penjepit makanan.

Roti bisa terasa sangat panas di tangan Anda, sehingga pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu seperti serbet atau penjepit untuk mengambil roti. Jika menggunakan alat penjepit, pakailah yang dibuat dari kayu agar tidak menghantarkan panas.

7. Perhatian!

cara menggunakan pemanggang roti


Mungkin pernah terbesit di benak Anda untuk mengambil roti atau membersihkan bagian dalam toaster dengan benda berbahan logam seperti pisau. Karena, bentuk pisau yang pipih dan ujung yang tajam, sehingga rasanya cocok saja untuk dipakai. Tapi, dalam situasi apapun, jangan pernah Anda memasukkan benda logam ke dalam alat pemanggang yang masih terhubung ke listrik.

Toaster bekerja dengan membakar filamen logam melalui panas tinggi dari arus listrik. Sangat berbahaya jadinya jika Anda memasukkan benda berbahan dasar logam ke dalam toaster yang menyala.

Begitu pula dengan jari tangan Anda. Karena bagian dalam toaster sangat panas, tangan Anda dapat terluka. Belum lagi kalau Ada mau memasukkan benda logam ke dalam toaster dan Anda memegang benda logam itu dengan tangan telanjang, Anda bisa tersetrum nantinya.

8. Melepaskan Roti yang Tersangkut

Jika Roti Tersangkut..


Jadi, kalau roti Anda tersangkut di slot pemanggang, cara melepaskannya adalah dengan menekan tuas kembali ke bawah. Jangan dilepas, diamkan selama beberapa detik, baru Anda lepaskan. Nanti tuasnya akan melonjak kembali ke atas (mode normal). Dan, roti pun akan ikut melonjak ke atas.

Jika roti masih tersangkut, cabut kabel dari stop kontak supaya tidak ada aliran listrik lagi. Setelah itu, gunakan penjepit berbahan dasar kayu atau bahan lainnya yang tidak menghantarkan panas dan listrik untuk mengambil roti.

9. Bersihkan Toaster

Bersihkan Toaster


Semua alat pasti akan ada waktu pembersihannya, begitu pula dengan toaster. Anda mungkin tidak sadar, tapi roti yang dipanggang akan menciptakan banyak sekali remah. Belum lagi bagian roti yang gosong yang terkelupas. Makanya, Anda harus rajin membersihkan toaster, terutama kalau Anda menggunakannya hampir setiap hari.

Untuk membersihkan toaster, pastikan alat tidak terhubung pada listrik. Balik alat untuk mengeluarkan remah roti. Lalu, cek bagian bawah alat, biasanya setiap toaster punya penampungan remah berbentuk nampan yang bisa ditarik lepas. Keluarkan isinya dan bersihkan nampannya sebelum Anda pasang lagi.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar